Tekno & Sains
·
4 Agustus 2021 14:08
·
waktu baca 1 menit

Mengenal Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi Baru Buatan Oppo

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi Baru Buatan Oppo (33265)
searchPerbesar
Teknologi kamera bawah layar yang dikembangkan Oppo. Foto: Oppo
Oppo akhirnya memamerkan generasi terbaru dari teknologi kamera bawah layar atau Under-Screen Camera (USC). Kini, konsep kamera bawah layar di smartphone Oppo jauh lebih sempurna dari generasi sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Dalam keterangan resminya, Oppo menjelaskan sistem terbaru dari kamera bawah layar yang dikembangkannya. Mereka menggantikan sistem pada kamera selfie bawah layar tradisional dengan generasi baru, sehingga memberikan tampilan layar yang luas, warna yang konsisten, dan pengalaman imersif seperti pada saat melihat konten multimedia atau membaca buku digital.
Dari sisi layar terlihat lebih rapi, namun modul kamera yang disematkan tetap menawarkan kinerja terbaik yang dapat menghasilkan foto selfie sempurna. Oppo juga menggabungkan keunggulan perangkat keras dengan algoritma artificial intelligence (AI) yang dikembangkan sendiri.
"Para developer Oppo nyatanya berhasil mengeksplorasi dan menghasilkan keseimbangan desain yang dapat menghasilkan perangkat tipis dengan layar penuh, di mana solusi kamera depan berevolusi mulai dari layar tetesan air, struktur pivot camera, hingga teknologi USC," tulis Oppo dalam pernyataan resmi, Rabu (4/8).
Mengenal Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi Baru Buatan Oppo (33266)
searchPerbesar
Teknologi kamera bawah layar buat layar smartphone Oppo jadi penuh. Foto: Oppo

Inovasi kamera bawah layar Oppo

Ada beberapa inovasi yang diterapkan Oppo untuk teknologi kamera bawah layar terbarunya. Mulai menghadirkan solusi baru untuk mengecilkan ukuran setiap pixel, tanpa mengurangi jumlah, dan memastikan tampilan kualitas tinggi pada kepadatan 400-PPI, bahkan di sekitar area kamera.
ADVERTISEMENT
Selain itu, teknisi Oppo berhasil memasang kabel transparan untuk mengganti kabel layar tradisional. Kabel yang baru ini dibuat melalui proses manufaktur presisi tinggi, lebar kabel dapat dikurangi hingga 50 persen, menghasilkan kualitas tampilan yang jauh lebih halus.
Mengenal Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi Baru Buatan Oppo (33267)
searchPerbesar
Teknologi kamera bawah layar buat layar smartphone Oppo tetap optimal. Foto: Oppo
Peningkatan akurasi layar, warna, dan kecerahan juga dirasa pada teknologi kamera bawah layar ini. Oppo memperkenalkan fitur baru dengan menggunakan teknologi layar eksklusif, di mana pada setiap rangkaian pixels hanya menggerakkan 1 pixels (“1-ke-1”).
Teknologi layar ini akan membuat penggunaan smartphone untuk membaca buku digital atau melihat peta navigasi jadi lebih nyaman. Selain itu, memungkinkan tampilan huruf dalam ukuran kecil lebih akurat dan detail tekstur warna yang lebih baik.
Mengenal Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi Baru Buatan Oppo (33268)
searchPerbesar
Teknologi kamera bawah layar buat layar smartphone Oppo jadi penuh mengisi bodi depan perangkat. Foto: Oppo
Berkaitan dengan kamera, para developer Oppo dari U.S. Research Institutes, telah mengembangkan serangkaian algoritma AI, termasuk pengurangan difraksi, HDR, dan Auto White Balance untuk mengurangi beberapa efek yang biasa ditemukan pada kamera di bawah layar, terutama pada hasil gambar buram dan berpendar.
ADVERTISEMENT
Oppo sendiri telah merilis tiga generasi kamera bawah layar hingga saat ini, sejak memulai pengembangan pada tahun 2018 dan mengajukan lebih dari 200 paten terkait dengan teknologi ini. Oppo terus berkomitmen akan melanjutkan penelitian dan pengembangan teknologi kamera bawah layar agar lebih optimal bagi pengguna Oppo di seluruh dunia.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020