Tekno & Sains
·
6 Juli 2021 9:37
·
waktu baca 2 menit

Miliarder Ini Bakal Salip Jeff Bezos Wisata ke Luar Angkasa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Miliarder Ini Bakal Salip Jeff Bezos Wisata ke Luar Angkasa (65092)
searchPerbesar
Richard Branson, pendiri Virgin Group di atas kapal pesiar barunya, Scarlet Lady di Dover Port, Inggris. Foto: REUTERS / Simon Dawson
Perusahaan wisata luar angkasa Virgin Galactic berencana menerbangkan pendirinya, yakni Richard Branson, ke luar angkasa. Penerbangan itu dijadwalkan pada 11 Juli 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
Mengutip The Verge, penerbangan perdana yang akan dilakukan Richard Branson ini adalah dalam rangka ikut serta, menguji kemampuan astronaut Virgin Galactic. Tentu jadwal penerbangan ini akan dilakukan lebih dulu dari miliarder Jeff Bezos yang akan berangkat pada 20 Juli mendatang.
Branson akan berangkat bersama 4 kru UNITY22 yang lain. Rencana ini sempat ia unggah di akun twitternya @richardbranson.
Misi ini akan menandai uji penerbangan dengan awak yang keempat Virgin Galactic dan VSS Unity. Beda dengan Jeff Bezos yang menggunakan sistem roket, pesawat luar angkasa Virgin Galactic akan diterbangkan lebih dulu dengan pesawat pengangkut di udara.
VSS Unity akkan dibawa dan kemudian dilepaskan ke angkasa menuju ruang nol gravitasi. Sejauh ini, penerbangan Richard Branson jadi penerbangan yang pertama yang membawa awak penuh termasuk dua pilot, Branson, dan tiga kru spesialis dalam kabin.
ADVERTISEMENT
VSS unity Richard Branson dirancang untuk membawa hingga enam penumpang dan dua pilot, serta telah diuji sebanyak 22 kali. Perusahaan ini mencatatkan ada 600 pemesan kursi pesawat dengan harga satu tiket pelesirnya yang sebesar 250 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3,6 miliar.
Miliarder Ini Bakal Salip Jeff Bezos Wisata ke Luar Angkasa (65093)
searchPerbesar
Interior SpaceshipTwo Cabin milik Virgin Galactic. Foto: Virgin Galactic via AP Photo
Sebelum Richard Branson, ada Jeff Bezos yang akan mengudara dalam program penerbangan dengan awak luar angkasa lewat perusahaannya Blue Origin. Dia akan terbang bersama saudaranya yang bernama Mark dan sudah memastikan akan berangkat 20 Juli.
"Sejak usia 5 tahun, saya selalu bermimpi untuk bepergian ke luar angkasa. Pada 20 Juli mendatang, saya akan berangkat bersama saudara laki-laki saya," kata Bezos, mengutip Reuters, Senin (7/6).
Pengumuman ini disampaikannya jelang pengunduran dirinya dari kursi CEO Amazon pada 5 Juli mendatang.
ADVERTISEMENT
Pesawat milik Blue Origin yang akan membawa Bezos dan saudaranya ini, telah menjalani 15 kali uji penerbangan sebelum terbang nanti. Roket yang akan membawa Jeff Bezos bernama New Shepard.
Miliarder Ini Bakal Salip Jeff Bezos Wisata ke Luar Angkasa (65094)
searchPerbesar
Pendiri Blue Origin, Jeff Bezos memeriksa booster di landasan pendaratan setelah penerbangan dan pendaratan NS-15 yang sukses. Foto: Blue Origin
New Shepard merupakan jenis roket kombo yang terdiri dari kapsul dan roket pendorong. Ia dirancang untuk menerbangkan enam penumpang ke jarak di atas 100 kilometer dari permukaan Bumi.
Kapsul ini akan membawa Bezos ke ruang sub-orbital Bumi. Wilayah ini cukup tinggi sampai bisa merasakan sejenak sensasi nol gravitasi. Wisatawan dalam kapsul ini juga bisa menyaksikan indahnya pemandangan Bumi yang berbentuk bulat dari atas sana.