kumparan
7 Agu 2018 15:43 WIB

Momo Challenge yang Viral dan Ancaman untuk Sakiti Diri Sendiri

Momo Challenge (Foto: Instagram)
Tren tantangan di media sosial kembali hadir yang baru dan menjadi viral. Setelah netizen dibuat cukup heboh oleh 'Kiki Challenge', kini hadirlah 'Momo Challenge', sebuah tantangan yang disebut-sebut mengancam keselamatan nyawa si pemain.
ADVERTISEMENT
Tantangan ini awalnya bermula dari Facebook. Sejumlah pengguna dan anggota grup Facebook berkomunikasi dengan kontak tidak dikenal bernama 'Momo'. Kemudian, Momo akan mengirim gambar dan permainan kekerasan dengan nada mengancam jika mereka menolak melakukan instruksi tersebut.
Dalam interaksinya, Momo akan mendorong pemainnya untuk menambahkan kontak WhatsApp yang diketahui adalah milik Momo. Kemudian Momo akan mendesak para pemain untuk menyelesaikan rangkaian tantangan.
Yang menjadi tak lazim adalah langkah berikutnya ketika Momo mengirimkan gambar pada pemainnya, menghipnotis mereka dengan rasa takut bahwa Momo mengetahui segala gerak-gerik pemain.
Setelahnya, ia akan mengancam segala hal termasuk untuk melakukan tantangan berbau kekerasan disertai kewajiban bagi pemain untuk melakukan hal tersebut. Jika menolak, pemain akan diancam oleh Momo hingga ketakutan.
ADVERTISEMENT
Tak sedikit dari mereka yang akan menerima panggilan video atau pesan suara dari Momo yang berisi ancaman, jika tidak Momo akan melakukan hal seperti membocorkan rahasia terbesar si pemain atau hal lain yang dapat menghancurkan hidup mereka.
Video
Tantangan dari Momo akan berlangsung selama 50 hari. Di akhir tantangan, Momo akan meminta pemainnya untuk membunuh diri mereka sendiri sebagai tanda kemenangan telah menyelesaikan rangkaian permainan tersebut.
Tak main-main, Momo Challenge ternyata telah merenggut nyawa seorang remaja 12 tahun asal Argentina bernama Ingeniero Maschwit. Menurut Kepolisian Argentina, Maschwit tewas setelah mengikuti rangkaian tantangan dari WhatsApp Momo.
Saat ini, kepolisian Argentina sedang menyelidiki kematian gadis tersebut.
Sosok Momo adalah Karya Seniman Jepang
ADVERTISEMENT
Momo sendiri merupakan hasil karya seniman Jepang bernama Midori Hayashi. Tidak dipungkiri jika gambar Momo yang digunakan dalam kontak WhatsApp tak dikenal itu tampak menyeramkan. Tapi bisa dipastikan jika Momo Challenge, Midori Hayashi, dan karyanya adalah tiga hal yang tidak saling berkaitan.
Loading Instagram...
Nomor telepon yang digunakan Momo di WhatsApp diketahui nomor yang berasal dari tiga negara, yakni Jepang, Kolombia, dan Meksiko.
Sebenarnya permainan seperti Momo Challenge bukanlah permainan pertama yang membuat pemain merasa terancam hingga menyakiti dirinya sendiri. Sebelumnya, ada juga tantangan bernama 'Blue Whale Challenge' yang menyebabkan korban meninggal hingga 130 orang.
WhatsApp Tak Lepas Tangan
Sebagai platform yang digunakan oknum Momo Challenge, WhatsApp mengaku bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam terkait fenomena ini. Mereka akan turun tangan berupaya agar layanannya tidak disalahgunakan.
Ilustrasi Facebook dan Whatsapp (Foto: Reuters/Dado Ruvic)
Juru bicara WhatsApp mengatakan telah memblokir nomor yang mengajak penggunanya melakukan Momo Challenge. Diketahui, pengguna yang mengajak Momo Challenge menggunakan identitas anonim.
ADVERTISEMENT
"Sangat mudah untuk memblokir nomor telepon apa pun dan kami mendorong pengguna untuk melaporkan pesan yang bermasalah kepada kami, sehingga kami bisa mengambil tindakan," jelas WhatsApp, dilansir Fox News.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan