kumparan
4 Mei 2019 14:09

'Mortal Kombat' Terpilih Masuk Video Game Hall of Fame Dunia

Mortal Kombat 11
Game Mortal Kombat 11. Foto: Mortal Kombat 11
Game fighting legendaris 'Mortal Kombat' akhirnya terpilih untuk masuk Video Game Hall of Fame dunia. Nama 'Mortal Kombat' diumumkan bersama deretan game lainnya, seperti 'Colossal Cave Adventure', 'Super Mario Kart', dan 'Solitaire'.
ADVERTISEMENT
Game yang masuk Hall of Fame 2019 ini dipilih sebagai penghargaan untuk dampak mereka ke dalam dunia video game dan budaya pop, juga popularitasnya yang tidak tergerus zaman di seluruh dunia.
'Mortal Kombat' pertama kali diluncurkan pada 1992 silam. Game ini langsung menyita perhatian karena adanya fitur 'Fatality', yaitu gerakan brutal dan kejam untuk menghabisi lawan di akhir pertarungan.
Karena sajian pertarungan yang sadis itu, game ini sempat menjadi kontroversi. Beberapa pihak mempermasalahkan aksi-aksi yang dianggap terlalu brutal dalam game tersebut. Namun, pada akhirnya game ini terus hidup dan melegenda, terutama setelah adanya pembatasan umur untuk game tertentu.
"Di luar konten kontroversial dan perannya yang menyeret perdebatan tentang kekerasan di video game. 'Mortal Kombat' menyajikan gameplay, karakter ikonik, dan banyak sekuel yang membuat pemainnya terus kembali lagi dan lagi," ujar Andrew Borman, Digital Games Curator, dilansir The New York Post.
ADVERTISEMENT
Video Game Hall of Fame berada di musem The Strong di Rochester, Amerika Serikat, dan menampilkan berbagai macam game dari berbagai platform, mulai dari arcade, konsol, komputer, handheld, hingga mobile.
Pemilihan game yang masuk ke dalam Hall of Fame ini berdasarkan masukkan dari jurnalis, para sarjana, dan ahli video game.
'Mortal Kombat' sendiri baru saja merilis seri terbarunya, yaitu 'Mortal Kombat 11'. Game yang dikembangkan oleh Netherrealm Studios dan diterbitkan oleh Warner Bros. Games ini sayangnya batal dirilis di Indonesia.
Mortal Kombat 11
Game Mortal Kombat 11. Foto: Mortal Kombat 11
Warner Bros. Games mengaku batal merilis 'Mortal Kombat 11' di Indonesia karena ingin mengikuti aturan yang berlaku di sini. Namun, tidak dijelaskan lebih lanjut detail dari aturan yang dilanggar tersebut.
ADVERTISEMENT
"Mortal Kombat 11 tidak akan dirilis di pasar Indonesia untuk memastikan kami mengikuti aturan hukum lokal di Indonesia. Keputusan kami ke depannya dapat diulas kembali. Semoga Anda bisa memahaminya," tulis akun Twitter resmi WB Games Support, menanggapi salah satu pertanyaan dari pengguna di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan