Tekno & Sains
·
5 Januari 2021 16:15

Murka Presiden Xi Jinping ke Jack Ma yang Kritik Keras Pemerintah China

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Murka Presiden Xi Jinping ke Jack Ma yang Kritik Keras Pemerintah China (280951)
Presiden China Xi Jinping memberi penghargaan untuk tenaga medis yang berjuang melawan virus corona, di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, (8/9). Foto: Carlos Garcia Rawlins/REUTERS
Presiden China, Xi Jinping dilaporkan marah kepada Jack Ma atas kritik yang ia sampaikan, soal sistem perbankan negara dan menyerukan reformasi. Kabar murkanya Xi Jinping ini muncul di tengah spekulasi menghilangnya Jack Ma secara misterius.
ADVERTISEMENT
The Wall Street Journal melaporkan, para pemimpin senior pemerintah China sangat marah atas kritik Jack Ma terhadap regulator. Seorang pejabat tinggi China mengatakan Presiden Xi Jinping secara pribadi membuat keputusan untuk menghentikan penawaran umum atau initial public offering (IPO) Ant Group, unit bisnis raksasa Alibaba.
Penangguhan IPO Ant Group tersebut dikabarkan sebagai puncak ketegangan antara pemerintahan China dan Jack Ma selama beberapa tahun terakhir. Pemerintah Xi Jinping merasa tidak nyaman dengan pertumbuhan pesat Ant Group yang dikendalikan oleh Jack Ma.
"Xi tidak peduli apakah Anda membuat salah satu dari daftar kaya itu atau tidak," kata seorang pejabat senior China. “Yang dia pedulikan adalah apa yang Anda lakukan setelah Anda kaya, dan apakah Anda menyelaraskan kepentingan Anda dengan kepentingan negara.”
Murka Presiden Xi Jinping ke Jack Ma yang Kritik Keras Pemerintah China (280952)
Jack Ma, mantan CEO dan Executive Chairman Alibaba. Foto: Marcos Brindicci/Reuters
Regulator China sudah lama ingin mengendalikan Ant Group. Perusahaan tersebut memiliki aplikasi pembayaran, Alipay, yang telah mengganggu sistem keuangan China. Alipay digunakan oleh sekitar 70 persen penduduk China dan telah memberikan pinjaman kepada lebih dari 20 juta UMKM.
ADVERTISEMENT
Selain penangguhan IPO, Xi Jinping juga yang memerintahkan regulator China untuk menyelidiki antimonopoli ke Alibaba Group Holding. Penyidikan ini menyebabkan saham Alibaba merosot, nilainya turun sebesar 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp 140 triliun. Jack Ma terjun dari urutan kedua menjadi ketiga dalam daftar orang terkaya China.

Jack Ma: Dulu dipuji sekarang dibenci

Sebetulnya, konon pertumbuhan pesat kerajaan bisnis Jack Ma bersama Alibaba Group, dilindungi oleh koneksi politiknya di pemerintahan China. Ma memiliki hubungan yang relatif dekat dengan mantan Presiden Jiang Zemin.
Menurut laporan The Wall Street Journal, Presiden Xi Jinping juga menghargai manfaat memiliki perusahaan Alibaba yang didirikan oleh Jack Ma.
Alibaba memiliki aplikasi pembayaran dan operasi peminjamannya mengubah cara orang China membelanjakan uang, menyediakan sumber pendanaan yang andal untuk bisnis kecil. Alibaba Group pun menjadi kebanggaan China.
ADVERTISEMENT
"Itu selalu menjadi hubungan yang sangat rumit antara Ant dan pemerintah," kata mantan Kepala Divisi Dana Moneter Internasional China, Eswar Prasad.
Alibaba tahun ini memperkuat posisinya sebagai perusahaan paling berharga di China setelah nilainya mencapai lebih dari empat kali lipat kapitalisasi pasarnya, dalam hampir enam tahun. Jika Ant Group berhasil IPO waktu lalu, dikabarkan nilai perusahaannya akan lebih dari 300 miliar dolar dan membuatnya bernilai lebih dari sebagian besar bank terbesar di China dan Amerika Serikat.