Tekno & Sains
·
20 Juli 2021 11:18
·
waktu baca 2 menit

Negara Ini Cetak Rekor Internet Tercepat di Dunia, Tembus 319 Tbps

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Negara Ini Cetak Rekor Internet Tercepat di Dunia, Tembus 319 Tbps (143324)
searchPerbesar
Ilustrasi Internet. Foto: fancycrave1 via Pixabay
Seberapa cepat koneksi internet yang kamu miliki saat ini? Bandingkan dengan kecepatan internet yang berhasil dicapai oleh para ilmuwan dari Jepang. Mereka mampu membuat internetnya menembus 319 Terabit per detik (Tbps), dua kali lipat lebih cepat dari rekor dunia sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Dikutip Science Alert, Jepang mengumumkan bahwa tim penelitinya yang tergabung dalam kelompok riset National Institute Information & Communication Technology (NICT) telah mencapai rekor kecepatan internet tertinggi 319 Tbps. Pencapaian ini mengalahkan rekor dunia sebelumnya yang mampu mencapai kecepatan 178 Tbs.
Tidak hanya itu, kecepatan internet yang sangat tinggi ini mampu stabil dalam jarak jauh. Tim peneliti NICT mengeklaim tidak ada penurunan kecepatan dalam jangkauan jarak lebih dari 3.001 kilometer.
Negara Ini Cetak Rekor Internet Tercepat di Dunia, Tembus 319 Tbps (143325)
searchPerbesar
Ilustrasi kabel serat optik Foto: pixabay
Ilmuwan NICT mengaplikasikan beberapa rekayasa teknologi baru pada serat optik yang digunakan untuk mencapai rekor kecepatan internet tertinggi. Kabel serat optik yang terbuat dari tembaga biasa, tidak dapat membawa kecepatan seperti itu dan akan membutuhkan infrastruktur yang jauh lebih kompleks untuk bekerja.
ADVERTISEMENT
Untuk itu peneliti mengembangkan sebuah teknologi yang menyalurkan data melalui empat tabung serat optik, bukan satu seperti standar saat ini, untuk mengurangi distorsi sinyal jarak jauh. Data ditransmisikan menggunakan teknologi yang disebut mwavelength-division multiplexing memancarkan sinar laser yang membagi sinyal menjadi 552 saluran, dan mengirimkannya ke empat inti serat optik.
Pada jarak 70 kilometer di sepanjang kabel serat optik, terdapat amplifier yang bisa meningkatkan kekuatan sinyal untuk menjaga kehilangan transmisi seminimal mungkin dalam jarak jauh. Amplifier ini merupakan jenis baru yang menggunakan dua elemen tanah jarang, thulium dan erbium.
Negara Ini Cetak Rekor Internet Tercepat di Dunia, Tembus 319 Tbps (143326)
searchPerbesar
Bagian sistem transmisi untuk dapat kecepatan internet 319 terabit per detik. Foto: NICT
Secara keseluruhan, kecepatan data rata-rata per saluran adalah sekitar 145 gigabit per detik untuk setiap inti, dan sekitar 580 gigabit per detik untuk keempat inti digabungkan. Kecepatan rekor 319 terabit per detik dicapai pada 552 saluran panjang gelombang maksimum.
ADVERTISEMENT
Kendati berhasil mencetak rekor kecepatan internet tertinggi. Namun, agak sulit untuk mengaplikasikan pada infrastruktur jaringan internet yang digunakan saat ini. Para peneliti mengatakan bahwa bahkan infrastruktur serat optik biasa dapat mendukung jenis kecepatan ini, tetapi perlu melalui beberapa modifikasi terlebih dahulu.
Peneliti belum menjelaskan kehebatan unduhan dengan kecepatan internet 319 Tbps. Namun, sebagai perbandingan kecepatan 178 Tbps rekor sebelumnya, peneliti memperkirakan sekitar 1.500 film kualitas 4K berukuran sekitar 15 GB, dapat di-download dengan kecepatan baru hanya memakan waktu satu detik.
Tidak hanya untuk download film Netflix, dengan kecepatan 178 terabit per detik bisa mengunduh data yang menyusun gambar lubang hitam pertama di dunia yang tersimpan setengah ton hard drive.