kumparan
14 Februari 2020 14:58

Pendaftaran Online SNMPTN 2020 Resmi Dibuka, Ini Langkah-langkahnya

com-Ilustrasi Ujian
com-Ilustrasi Ujian Foto: Shutterstock
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) tahun 2020 pada Jumat (14/2). Pendaftaran akan dibuka hingga Kamis, 27 Februari 2020, pukul 23.55 WIB.
ADVERTISEMENT
SNMPTN pada tahun memberi kesempatan kepada seluruh siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Nasional (PTN).
Skema SNMPTN juga disebut LTMPT akan memberikan peluang kepada PTN untuk memperoleh calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik tinggi.
Situs web LTMPT
Situs web LTMPT. Foto: Screenshot website LTMPT
Buat para siswa yang mau daftar SNMPTN 2020, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1. Siswa melakukan login melalui Portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id/ menggunakan Akun LTMPT yang telah dibuat.
Akun LTMPT ini harus sudah dibuat pada periode pertama tertanggal 2 Desember 2019 sampai 9 Januari 2020. Pendaftaran Akun LTMPT periode kedua akan dibuka pada 17 Februari sampai 5 April 2020.
2. Siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN (diarahkan ke situs snmptn.ac.id).
ADVERTISEMENT
3. Siswa mengisi pilihan PTN dan program studi. Pilihan paling banyak 2 program studi dengan alternatif pemilihan sebagai berikut:
  • Pilih 2 program studi dalam 1 PTN,
  • Pilih masing-masing 1 program studi dari 2 PTN, dan
  • Pilih hanya 1 program studi pada 1 PTN.
4. Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portfolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.
5. Siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki.
6. Siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.
7. Siswa mengisi data ketunaan (bila diperlukan).
8. Siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia.
9. Siswa melakukan Finalisasi Pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah finalisasi dan cek kartu, siswa tidak dapat melakukan perubahan data dengan alasan apapun.
Gagal SNMPTN
Ilustrasi belajar SNMPTN. Foto: Dok. Freepik
Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN. Siswa yang tidak melakukan pencetakan tersebut akan dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN 2020.
ADVERTISEMENT
Bagi siswa yang mengalami kendala dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau dengan mengunjungi https://halo.ltmpt.ac.id/. Selain itu, juga terdapat situs resmi http://snmptn.ac.id/ yang dapat kamu kunjungi untuk mendapatkan informasi.
(EDR)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan