Tekno & Sains
·
27 Oktober 2020 15:25

Pengguna Instagram di Indonesia Kini Bisa Kirim DM ke Facebook Messenger

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pengguna Instagram di Indonesia Kini Bisa Kirim DM ke Facebook Messenger (83277)
DM Instagram mulai terintegrasi dengan Facebook Messenger. Foto: Facebook
Pengguna Instagram di Indonesia kini sudah mulai menerima pembaruan fitur cross plaform untuk berkirim DM (Direct Message) dengan aplikasi Facebook Messenger. Sebelumnya, fitur kirim DM antar Instagram dan Messenger ini sudah diumumkan pada awal Oktober 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang baru saja membuka aplikasi Instagram mungkin akan menerima notifikasi soal perubahan fitur DM. Notifikasi itu berisi keterangan bahwa Instagram akan melakukan pembaruan fitur DM dengan mengintegrasikannya ke layanan Facebook Messenger.
Pengguna Instagram di Indonesia Kini Bisa Kirim DM ke Facebook Messenger (83278)
Notifikasi update cross-platform Instagram dan Facebook Messenger. Foto: Screenshot aplikasi Instagram
Dalam notifikasi itu, Facebook memberi keleluasaan kepada pengguna Instagram untuk menerima pembaruan DM lintas platform atau tidak. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan kamu telah mengintegrasikan akun Instagram dan Facebook terlebih dahulu.
Jika kamu setuju, maka akan ada perubahan yang terlihat dari logo DM yang lama berupa ikon pesawat kertas, menjadi logo Messenger. Namun, jika kamu menolak logo DM masih tetap ikon pesawat kertas dan tidak bisa mengirimkan DM ke layanan Messenger.
Pengguna Instagram di Indonesia Kini Bisa Kirim DM ke Facebook Messenger (83279)
Notifikasi update cross-platform Instagram dan Facebook Messenger. Foto: Screenshot aplikasi Instagram
kumparan telah mencoba layanan cross platform dari Instagram ini. Saat dicoba, pengiriman DM bisa dilakukan ke teman Facebook yang tidak saling follow di Instagram. Bisa kirim pesan teks, gambar, voice note, dan video call.
ADVERTISEMENT
Namun, ketika ingin memulai percakapan DM dari Messenger ke Instagram masih belum memungkinkan. Tampaknya hal ini hanya berlaku satu arah dari Instagram ke Messenger.

Fitur DM baru di Instagram

Dalam pengumuman awal Oktober 2020 lalu, Instagram bakal mendapatkan perombakan besar-besaran pada sistem DM yang akan diperluas dengan fitur-fitur yang diambil dari Messenger.
Fitur-fitur yang akan diaplikasikan di Instagram di antaranya pesan yang hilang otomatis, selfie stickers, custom emoji, chat colors, cara baru untuk memblokir pesan yang tidak diinginkan, dan fitur Messenger Watch Together yang memungkinkan pengguna menonton video dengan teman selama video call.
Pengguna Instagram di Indonesia Kini Bisa Kirim DM ke Facebook Messenger (83280)
Integrasi platform Facebook Messenger dan Instagram. Foto: Facebook
Sejauh ini, pengguna Instagram di Indonesia belum mendapatkan fitur DM yang diumumkan itu. Pengguna baru sekadar bisa kirim pesan antar aplikasi, dari Instagram ke Messenger.
ADVERTISEMENT
Soal keamanan, Facebook menawarkan alat bagi orang-orang untuk melaporkan aktivitas yang mencurigakan, dan mengambil tindakan untuk memblokir seseorang di seluruh aplikasi untuk menghentikan pesan dan panggilan yang tidak diinginkan.
Selain itu, tidak ada keterangan lebih lanjut soal kapan Facebook mulai mengintegrasikan pengiriman pesan lintas platform yang melibatkan WhatsApp yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 2,5 miliar di seluruh dunia.