kumparan
Tekno & Sains2 April 2020 12:38

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Pakai 1 Akun di Banyak Perangkat

Konten Redaksi kumparan
WhatsApp (Portrait)
Ilustrasi Whatsapp. Foto: antonbe via Pixabay
Selama ini, pengguna WhatsApp hanya bisa menggunakan akunnya di satu perangkat saja. Jika kamu mau menggunakan akun WhatsApp kamu di smartphone lain, maka akun kamu di smartphone lama akan keluar atau log out.
ADVERTISEMENT
Namun, WhatsApp tampaknya bakal menyediakan fitur baru supaya kamu bisa menggunakan satu akun untuk berbagai perangkat secara bersamaan (multiple account). Menurut laporan WABetaInfo, yang sering membocorkan informasi baru soal WhatsApp, fitur baru tersebut tersedia dalam WhatsApp versi Beta 2.20.110 yang tersedia di Google Play Store.
Kunci enkripsi (encryption key) dari WhatsApp pengguna bakal berubah ketika mereka menambah atau menghapus akun baru di sebuah perangkat. Perubahan kunci enkripsi ini dapat kamu lihat melalui layar pesan saat kamu memulai chat baru.
WABetaInfo juga menunjukkan screenshot perubahan kunci enkripsi tersebut. Kamu bisa melihatnya melalui kicauan Twitter mereka pada 25 Maret 2020.
Sayangnya, WABetaInfo menjelaskan kalau keberadaan fitur baru ini bisa jadi tidak begitu disadari oleh pengguna di dalam versi WhatsApp Beta tersebut. Selain itu, fitur multiple account WhatsApp ini baru tersedia untuk perangkat Android saja dan belum untuk iOS.
ADVERTISEMENT
Tidak jelas apakah fitur multiple account juga akan tersedia untuk WhatsApp versi desktop atau tidak. Selama ini, WhatsApp versi desktop hanya berfungsi sebagai perpanjangan dari WhatsApp versi smartphone dan bukan terdiri dari akun independen tersendiri.
Keberadaan fitur multiple account memang dinantikan oleh pengguna WhatsApp. Fitur tersebut telah dimiliki oleh pesaing mereka, Telegram. Tentunya, fitur multiple account bakal mempermudah pengguna karena tidak perlu memiliki banyak akun WhatsApp di berbagai perangkat yang digunakan.
WhatsApp juga kabarnya memberikan kebijakan baru terkait durasi video yang diunggah di dalam Status pengguna. Nantinya, WhatsApp membatasi durasi video status pengguna tidak lebih dari 16 detik.
Ilustrasi WhatsApp
Logo WhatsApp di baju. Foto: Rupak De Chowdhuri/Reuters
Artinya, kamu hanya bisa mengunggah video berdurasi 15 detik di status WhatsApp kamu. Perubahan ini baru diuji untuk pengguna WhatsApp di India.
ADVERTISEMENT
Yang terakhir, melalui versi Beta 2.20.110, aplikasi pesan milik Facebook itu juga memperbaiki fitur Expiring Messages mereka. Di versi tersebut, pengguna yang telah menentukan penghapusan pesan mereka akan mendapatkan notifikasi berbentuk jam di foto profil grup atau pengguna.
Fitur Expiring Messages sendiri mirip seperti Unsend Messages. Melalui Expiring Messages, kamu bisa menentukan secara otomatis kapan pesan yang kamu mau hapus untuk semua pengguna.
Tidak diketahui kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur Expiring Messages secara resmi. Menurut WABetaInfo, WhatsApp masih terus memperbaiki fitur tersebut agar mudah digunakan pengguna saat versi finalnya nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan