kumplus- Opini Boni rambatan

Peran MDI Ventures Dukung Startup Anak Bangsa

7 Juli 2022 16:35
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi startup. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi startup. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Masa-masa awal berdirinya sebuah startup merupakan masa-masa paling rentan. Di fase ini akan muncul banyak gagasan segar dan semangat yang berapi-api. Sayangnya, ambisi ini seringkali terhalang oleh modal yang kecil, sehingga menyulitkan sebuah startup untuk berkembang.
ADVERTISEMENT
Di sinilah MDI Ventures hadir. Perusahaan modal ventura multi-tahap yang didukung PT Telkom Indonesia ini berperan untuk membantu mengelola dana serta mendorong perusahan startup, menemukan titik terbaiknya. MDI Ventures beroperasi lintas negara (crossed broder).
Meski demikian, MDI Ventures tak serta merta meng-anak-tiri-kan startup lokal. Perusahaan tetap fokus dalam mengembangkan bisnis anak bangsa dengan menyuntikkan modal usaha ke hampir 20 startup lokal dengan nama yang sudah tak asing lagi.
Sebut saja ada Payfazz, Cermati, Amartha, Julo hingga Kredivo yang merupakan perusahaan fintech. Perusahaan rintisan kesehatan yang pertumbuhan bisnisnya berkembang pesat di kala pandemi yaitu Alodokter, juga merupakan salah satu perusahaan suntikan MDI Ventures.
MDI Ventures juga berinvestasi pada startup di bidang logistik yakni SiCepat dan Paxel. Di bidang pertanian ada Tanihub, sementara di sektor game ada Mobile Premiere League (MPL).
ADVERTISEMENT

MDI Ventures tak cuma kelola dana

Gedung Telkom Indonesia. Foto: REUTERS/Beawiharta
zoom-in-whitePerbesar
Gedung Telkom Indonesia. Foto: REUTERS/Beawiharta
MDI Ventures merupakan salah satu perusahaan modal ventura perusahaan paling aktif di Asia Tenggara. Menurut catatan perusahaan, MDI mengelola aset sekitar 830 juta dolar AS dan telah berhasil menciptakan synergy value sebesar Rp 5,4 triliun antar startup, Telkom Group, dan BUMN. Dari keseluruhan angka itu, Rp 2,15 triliun rupiah tercipta di tahun 2021, dan nilai ini akan terus bertambah tiap tahunnya.
Sejak 2016, MDI Ventures memang telah dipercaya dalam mengelola banyak dana dan sejauh ini telah menginvestasikan lebih dari 50+ perusahaan di 12 negara. Dan daftar tersebut, tercatat ada tiga perusahaan hasil suntikkan dana MDI Ventures yang telah menjadi unicorn.
Berbekal amunisi dana dari Telkom, MDI Ventures juga dipercaya memutar dana (funds) dari berbagai investor untuk diinvestasikan ke startup di berbagai jenjang seri pendanaan mulai dari Pre-Seed, Seed, Pendanaan Seri A, Seri B, hingga C.
ADVERTISEMENT
Tak hanya mengucurkan pendanaan, MDI Ventures juga dipercaya mengelola inkubasi dan akselerasi startup, serta jaringan angel investor — sebutan bagi individu yang memberikan dana kepada perusahaan kecil seperti startup.
Inisiatif ini dihadirkan perusahaan untuk menangkap peluang bagus terbaik mungkin, dan berkontribusi dalam membangun ekosistem startup Indonesia yang sedang berkembang. Selain itu bagi TelkomGroup sendiri, investasi yang dilakukan MDI ini pun ditujukan untuk memperoleh synergy value yang optimal bagi perusahaan.
Telkom Indonesia dengan semangat terus melangkah 'MaJu' (57) dan melampaui batas (beyond the limit) merepresentasikan harapan Telkom untuk mendukung terwujudnya mimpi besar setiap orang melalui digitalisasi demi terciptanya Indonesia yang lebih baik.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten