kumparan
28 Sep 2018 8:55 WIB

Perjalanan Google di Indonesia Selama 10 Tahun Terakhir

Google for Indonesia 2017. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Raksasa teknologi Google kini telah genap berusia 20 tahun. Mulanya, Google pertama kali didirikan oleh dua mahasiswa Stanford University, yaitu Larry Page dan Sergey Brin.
ADVERTISEMENT
Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998, tapi memilih untuk memperingati ulang tahunnya setiap tanggal 27 September selama lebih dari satu dekade.
Google sendiri telah menjadi bagian hidup pengguna internet, terutama di Indonesia. Teknologi mesin pencari internet yang dihadirkan Google mampu memudahkan masyarakat dalam berbagai informasi dengan cepat dan mudah.
Tidak hanya mesin pencari, Google juga emiliki berbagai macam produk yang berfungsi untuk memudahkan kehidupan manusia. Produk itu di antaranya Google Maps, Google Street View, Google Translate, Gmail, dan masih banyak lagi.
Lalu bagaimana sepak terjang Google di Indonesia selama ini? Belum diketahui kapan Google secara resmi melakukan ekspansi bisnisnya di Indonesia. Namun dari infografik perjalanan Google di Indonesia sedikit menerangkan sepak terjang perusahaan internet terbesar di dunia ini.
ADVERTISEMENT
Tahun 2008
Bahasa Indonesia tersedia di Google Translate
Aplikasi Google yang berguna untuk menerjemahkan bahasa itu memasukkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang bisa diterjemahkan.
Pengguna bisa secara mudah menerjemahkan bahasa apapun yang tersedia di Google Translate ke dalam bahasa Indonesia.
Tahun 2012
Peluncuran YouTube Indonesia
Platform video streaming milik Google, YouTube meresmikan operasionalnya di Indonesia pada tahun 2012. Langkah ini merupakan pendekatan yang dilakukan oleh Google untuk mengembangkan platform YouTube ke berbagai negara.
Ilustrasi Youtube (Foto: Reuters/Beawiharta)
Tahun 2013
Memperkenalkan bahasa Bali sebagai bahasa interface baru di Google Search
Google mengenalkan bahasa Bali dalam pilihan teks pada halaman Google Search. Hadirnya bahasa Bali menambah dukungan bahasa pada Google Search, sebelumnya sudah tersedia Bahasa Indonesia dan Jawa.
ADVERTISEMENT
Tahun 2014
Peluncuran Street View dan doodle pertama yang dibuat oleh seniman dari Indonesia
Head of Corporate Communication Google Indonesia, Jason Tedjasukmana mengatakan pada tahun 2014, Google Street View di Indonesia pertama kali merekam gambar sepanjang jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, dengan menggunakan teknolgi kamera 360 derajat.
"Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin menjadi jalan pertama yang direkam oleh Google Street View, di sana pertama kali rekam pakai kamera 360 derajat," katanya, saat ditemui di Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (25/9).
Selain Google Street View, di tahun yang sama Google mengenalkan doodle yang dibuat oleh seniman Indonesia. Selanjutnya, Google rajin berkreasi dengan doodle untuk memperingati hari besar di Indonesia, seperti 17 Agustus, Sumpah Pemuda, dan Hari Pancasila.
Google Doodle Bagong Kussudiardja. (Foto: Google)
ADVERTISEMENT
Tahun 2015
Memperkenalkan pencarian suara dan "OK Google" dalam Bahasa Indonesia
Untuk memudahkan pengguna di Indonesia untuk mengoperasikan mesin pencari Google dengan perintah suara, Google menghadirkan fitur tambahan untuk mengenali bahasa Indonesia pada perintah suara.
Tahun 2016
Peluncuran bahasa Sunda di Google Translate dan text-to-speech untuk bahasa Jawa
Semakin lama Google mulai mengapresiasi bahasa daerah di Indonesia. Setelah kemunculan bahasa Jawa dan Bali, Google meluncurkan bahasa Sunda di Google Translate dan bahasa Jawa di fitur text-to-speech.
Google (Foto: Unsplash)
Tahun 2018
Peluncuran Google Assistant di Android dalam Bahasa Indonesia
Google memperluas kemampuan teknologi asisten virtualnya dengan Bahasa Indonesia. Google Assistant dalam Bahasa Indonesia ini diluncurkan untuk perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke atas, juga tersedia di iOS versi 9.1 ke atas.
ADVERTISEMENT
Untuk mengakses Google Asisstant dalam Bahasa Indonesia, kamu bisa mengubah pengaturan bahasa di perangkat yang digunakan dan memperbarui aplikasi Google Search ke versi terbaru.
"Dengan Asisten Google (Google Assistant), Anda bisa berbicara dengan Google untuk membantu Anda melakukan banyak hal: mengirim SMS, menyetel pengingat, meminta petunjuk arah, menyetel alarm untuk esok hari dan masih banyak lagi," tulis Google.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan