Tekno & Sains
·
2 Desember 2020 13:02

Qualcomm Rilis Snapdragon 888, Prosesor Para HP Flagship Generasi Mendatang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Qualcomm Rilis Snapdragon 888, Prosesor Para HP Flagship Generasi Mendatang (19708)
searchPerbesar
Logo Qualcomm di pameran teknologi Mobile World Congress 2019. Foto: Aditya Panji/kumparan
Produsen chipset Qualcomm resmi merilis prosesor flagship terbaru mereka Snapdragon 888 dalam acara Snapdragon Tech Summit 2020 yang diselenggarakan pada Selasa (1/12). Prosesor ini akan menjadi penerus langsung Snapdragon 865, dan akan dipakai oleh sederet smartphone flagship di tahun 2021 nanti.
ADVERTISEMENT
Penamaan Snapdragon 888 sendiri bisa dibilang mengagetkan. Sebelum resmi rilis, publik mengira prosesor ini akan dinamai Snapdragon 875, mengikuti nama para pendahulunya seperti Snapdragon 865, 855, dan 845.
Meski sedikit berbeda dalam hal pakem penamaan, Snapdragon 888 membawa berbagai perkembangan teknologi terbaru dari Qualcomm selayaknya para pendahulunya.

5G

Di bagian konektivitas, misalnya, Snapdragon 888 dibekali dengan modem Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga. Ini merupakan modem terbaru dari Qualcomm yang dirilis pada awal tahun ini.
Dengan modem tersebut, HP yang memakai prosesor Snapdragon 888 bisa kompatibel dengan jaringan 5G di frekuensi mmWave dan sub-6. Modem tersebut juga bakal mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.
ADVERTISEMENT
Dengan dukungan tersebut, itu berarti HP yang memakai Snapdragon 888 memiliki pilihan jaringan yang lebih banyak agar terhubung dengan 5G.

AI

Qualcomm Rilis Snapdragon 888, Prosesor Para HP Flagship Generasi Mendatang (19709)
searchPerbesar
com-Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
Snapdragon 888 juga membawa kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terbaru dari Qualcomm, yakni Qualcomm Hexagon generasi keenam.
Perusahaan bilang, AI tersebut telah mampu melakukan operasi hingga 26 tera operations per second (TOPS). Selain itu, AI ini akan membawa peningkatan kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik dari generasi sebelumnya.
Qualcomm Rilis Snapdragon 888, Prosesor Para HP Flagship Generasi Mendatang (19710)
searchPerbesar
Qualcomm Snapdragon 888. Foto: Qualcomm
Qualcomm menyebut, platform AI ini ditingkatkan lebih lanjut dengan Qualcomm Sensing Hub generasi kedua. Dengan peningkatan tersebut, AI tersebut selalu menyala dengan daya yang rendah untuk fitur intuitif seperti AR.

Elite Gaming

Bagi kamu yang suka gaming, Snapdragon 888 membawa fitur Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga. Dengan fitur ini, Qualcomm mengklaim kalau kartu grafis Adreno bakal memiliki peningkatan kinerja yang signifikan.
ADVERTISEMENT

Foto

Tak cuma soal game, Snapdragon 888 juga membawa peningkatan signifikan pada aspek komputasi fotografi. Qualcomm menjelaskan, kecepatan gigapixel di Snapdragon 888 telah ditingkatkan.
Berkat Qualcomm Spectra ISP di prosesor tersebut, HP dengan Snapdragon 888 dapat menangkap foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik.
Kemampuan tersebut sama seperti membuat smartphone kita bisa menjepret sekitar 120 foto pada resolusi 12 MP dalam waktu satu detik. Qualcomm bilang, ini 35 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.
Bisa dibilang, masih sedikit informasi yang diumumkan Qualcomm terkait prosesor Snapdragon 888 terbaru mereka. Snapdragon Tech Summit 2020 sendiri masih akan berlangsung pada 2-3 Desember 2020. Kemungkinan besar, Qualcomm akan membeberkan lebih detail kemampuan Snapdragon 888 pada tanggal tersebut.
ADVERTISEMENT
kumparanTECH sendiri berkesempatan meliput Snapdragon Tech Summit 2020 pada tahun ini. Jadi, jangan lupa terus perhatikan kanal kumparanTECH untuk update informasi berikutnya, ya!