Tekno & Sains
·
19 Februari 2021 9:03

Rahasia Sukses Tetap Produktif dari Miliarder Elon Musk

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rahasia Sukses Tetap Produktif dari Miliarder Elon Musk (62644)
CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk. Foto: Mike Blake/Reuters
Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, sudah pasti Elon Musk memiliki banyak kesibukan. Namun di samping itu, ia punya rahasia untuk tetap produktif di tengah jadwal padatnya untuk mengurusi berbagai hal, seperti bisnis dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Elon sendiri tercatat sebagai pemimpin di berbagai perusahaan, mulai dari SpaceX, Tesla, dan Neuralink, serta pendiri The Boring Company, perusahaan yang membangun terowongan dengan teknologi canggih. Semua perusahaan itu harus dikelola oleh Musk setiap hari.
Dengan semua kesibukan itu, apa yang membuat Musk tetap produktif? Miliarder ini mengungkapkan bahwa dia tidur enam jam setiap hari. Musk pernah mencoba untuk tidur kurang dari enam jam sehari, namun keputusan ini menurunkan produktivitasnya secara keseluruhan. Ia juga tidak ingin tidur lebih dari itu.
“Saya mencoba tidur lebih sedikit, tapi produktivitas total menurun,” kata Musk dalam sebuah episode podcast 'The Joe Rogan Experience', seperti dikutip CNBC. "Saya tidak pernah menginginkan tidur lebih dari enam (jam)."
Rahasia Sukses Tetap Produktif dari Miliarder Elon Musk (62645)
Elon Musk, CEO Tesla. Foto: Mike Blake/Reuters
Meski begitu, Musk terkadang cenderung banyak bekerja ketika orang lain justru tertidur. Ia pun bercerita pernah mengadakan rapat hingga dini hari, walaupun itu merupakan hari libur, seperti Sabtu dan Minggu.
ADVERTISEMENT
“Biasanya, saya akan rapat di tempat kerja sampai jam 1 atau 2 pagi. Sabtu (dan) Minggu, biasanya tidak, tapi terkadang,” ungkapnya.
Kebiasaan tidur Elon Musk memang berbeda ketika merintis perusahaan mobil listrik, Tesla, beberapa tahun lalu. Musk pernah dilaporkan bekerja ratusan jam seminggu dan kadang-kadang bahkan tidur di lantai di bawah mejanya.
Dalam sebuah wawancara dengan The New York Times, Musk mengatakan bisa bekerja hingga 120 jam dalam sepekan atau sekitar 17 jam lebih setiap hari. Ia bahkan mengaku tidak keluar dari pabrik Tesla selama tiga hingga empat hari dan hanya memiliki waktu luang tujuh jam sehari.

Beda dengan Pendiri Amazon Jeff Bezos

Pola tidur Elon Musk dan Jeff Bezos rupanya cukup berbeda. Bezos yang kini kembali menduduki tahta orang terkaya sedunia mengungkap dirinya tidur delapan jam sehari.
Rahasia Sukses Tetap Produktif dari Miliarder Elon Musk (62646)
Jeff Bezos, CEO Amazon dan Blue Origin. Foto: REUTERS/Joshua Roberts
Bezos percaya delapan jam tidur adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas, sehingga dapat membuat keputusan yang berkualitas.
ADVERTISEMENT
Dia mencontohkan, orang dengan waktu sedikit tidur atau kurang dari delapan jam mungkin bisa lebih produktif karena memiliki waktu bekerja yang lebih banyak. Tapi, kondisi ini akan mempengaruhi kinerjanya, menyebabkan keputusan yang dibuat mungkin tidak berkualitas akibat kelelahan.
“Tapi apakah itu sangat berharga jika kualitas keputusan itu mungkin lebih rendah karena Anda lelah atau kesal atau karena beberapa hal? Mungkin tidak,” ujar Bezos dikutip CNBC.
Lembaga kesehatan AS, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyarankan orang dewasa usia 18 hingga 60 tahun untuk tidur minimal tujuh jam sehari. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke, dan tekanan mental.