Tekno & Sains
·
12 April 2021 6:23

Ramai Keluhan Paket Lama Dikirim Akibat Kurir Demo Upah Rendah, Ini Kata Shopee

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ramai Keluhan Paket Lama Dikirim Akibat Kurir Demo Upah Rendah, Ini Kata Shopee (182891)
Ilustrasi Shopee. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan
Startup e-commerce, Shopee sedang ramai dibicarakan di media sosial Twitter. Bukan soal promo diskon, melainkan bahas skema tarif kurir Shopee Express yang terlalu rendah, sehingga menyebabkan demo pegawai dan berimbas pada pengiriman paket menjadi lama.
ADVERTISEMENT
Tagar #ShopeeTindasKurir pun awet dalam daftar trending topik Twitter Indonesia sepanjang Minggu (11/4). Tercatat ada lebih lebih dari 3 ribu tweet dengan tagar #ShopeeTindasKurir yang membahas soal keadilan untuk kurir Shopee Express dengan skema tarif yang layak, sehingga pelayanan pengiriman membaik.
Ditelusuri, pengguna Twitter dengan akun @CibiWiranegara yang menjadi awal permulaan ramainya pembahasan soal kurir Shopee Express. Akun tersebut mengungkap pembicaraan WhatsApp dengan seorang kurir Shopee Express yang mengatakan telah terjadi demo pegawai akibat upah per pengiriman menurun dari Rp 2.000 menjadi Rp 1.500.
Akibat demo itu, kurir tidak menjalankan pekerjaannya dan membuat pengiriman yang menggunakan layanan Shopee Express mengalami gangguan, sehingga estimasi penerimaan paket menjadi tidak jelas. Pihak Shopee pun membantah soal semua tuduhan yang viral.
ADVERTISEMENT
Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menjelaskan perusahaan sudah memberikan upah mitra pengemudi Shopee Express (SPX) yang sesuai dengan harga di pasar dan peraturan yang berlaku. Sayangnya, dalam keterangan yang diberikan tidak disebutkan jumlah pastinya.
"Shopee Indonesia dapat memastikan pendapatan yang baik bagi mitra pengemudi Shopee Express (SPX). Skema insentif yang ditentukan telah mengikuti tingkat harga yang berlaku di pasar dan dipastikan selalu sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Handhika dalam keterangan tertulisnya kepada kumparan, Minggu (11/4).
Ramai Keluhan Paket Lama Dikirim Akibat Kurir Demo Upah Rendah, Ini Kata Shopee (182892)
Ilustrasi Shopee. Foto: Kanya Nayawestri/kumparan
Lebih lanjut, Handhika juga menegaskan tidak ada aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mitra pengemudi SPX. Menurutnya, Shopee selalu mendengarkan masukan dan aspirasi mitra pengemudi SPX, dan terus berupaya untuk menjaga kenyamanan dari semua pihak guna mendapatkan titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan mitra SPX.
ADVERTISEMENT
Terakhir, Handhika pastikan bahwa pengiriman barang dari Shopee tetap berjalan dengan normal. Shopee juga baru mencatatkan peningkatan transaksi dari penjual UMKM hingga 5 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa pada hari puncak Shopee 4.4 Mega Shopping Day.
Menurut Handhika, pencapaian tersebut tidak lepas dari dukungan serta peran para penjual dan mitra brand Shopee yang memeriahkan kampanye awal tahun ini. Berharap Shopee selaku platform e-commerce tepercaya bagi UMKM dapat melanjutkan dan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pelaku UMKM.