Tekno & Sains28 Januari 2020 17:03

Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP

Konten Redaksi kumparan
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101344)
Gadget edisi 3, rubrik Premium. Foto: Rangga Sanjaya/kumparan
Xiaomi akhirnya memboyong smartphone andalan pertamanya ke Indonesia dari seri Mi. Pada awal Januari lalu, Xiaomi meluncurkan smartphone Mi Note 10 Pro di Indonesia dengan mengandalkan kamera beresolusi 108 MP.
Mi Note 10 Pro menjadi smartphone pertama di dunia yang mengusung kamera 108 MP. Hadirnya kamera ini berkat kerja sama antara Xiaomi dan Samsung. Oleh karena itu, ada kemungkinan kita akan segera melihat smartphone Samsung yang juga memakai kamera 108 MP.
Kembali ke Mi Note 10 Pro. Smartphone ini tak hanya mengandalkan kamera, tapi juga sisi dapur pacunya. Meski tidak memakai chipset kelas premium seperti seri Snapdragon 800, Mi Note 10 Pro setidaknya sudah mendukung chipset Snapdragon 730G.
Di Indonesia, Mi Note 10 Pro tersedia dalam satu varian saja, yakni RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Sementara untuk varian warnanya terdiri dari Aurora Green, Glacier White, dan Midnight Black.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101345)
Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Tim kumparanTECH berkesempatan memakai Mi Note 10 Pro. Kami mengeksplorasi berbagai kemampuan dari smartphone ini, terutama pada kameranya yang mengandalkan lensa 108 MP.
Silakan disimak ulasan kami untuk Xiaomi Mi Note 10 Pro berikut ini.

Desain

Smartphone ini mantap ketika berada dalam genggaman. Kami mencari tahu apa yang membuatnya begitu enak ketika digenggam. Ternyata, itu ada pengaruhnya dengan desain 3D curved pada bagian layar dan bodi belakang. Xiaomi membuat desain melengkung pada sisi samping kanan dan kiri layar Mi Note 10 Pro. Namun, bagian layar yang melengkung itu dibuat agar tidak sensitif terhadap sentuhan, sehingga tak akan merusak dalam hal navigasi. Desain melengkung ini pula yang membuatnya nyaman saat ada di tangan.
Lalu dari sisi bobot, ia terbilang berat. Bobotnya 208 gram. Sama sekali tidak ada masalah dengan bobot ini. Justru itu membuatnya terkesan kokoh.
Mi Note 10 Pro hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,47 inci beresolusi 2340×1080 pixel. Aspek rasio layarnya 19,5:9. Layar Mi Note 10 Pro mendukung HDR10 dan dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101346)
Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Xiaomi masih mempertahankan notch kecil berukuran setengah huruf O di bagian atas layar untuk menampung kamera selfie. Di area notch juga ada speaker yang ukurannya sangat tipis, sehingga tidak memakan banyak ruang.
Layar yang ada pada Mi Note 10 Pro sungguh enak dipandang. Apalagi begitu bertemu dengan tampilan antarmuka Android 9 (Pie) yang dibalut MIUI 11, yang bikin nyaman. Ikon-ikonnya sekarang jadi lebih tebal bikin tampilannya jadi lebih hidup tapi enggak bikin mata cepat capek. Sekilas, ini mirip dengan antarmuka iPhone.
Beralih ke sisi kanan smartphone, ada tombol pengaturan volume dan tombol power serta slot dual SIM card serta MicroSD. Sementara di sisi kirinya sudah tidak ada tombol sama sekali.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101347)
Tombol kunci dan suara Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Di bagian atas ponsel, ada lubang sensor infrared yang bisa digunakan sebagai remote control untuk menyalakan TV, AC atau proyektor. Sedangkan di bagian bawah ada jack headphone, USB Type-C, serta lubang speaker di sisi kanannya.
Beralih ke bagian belakang, bodi Mi Note 10 Pro dilapisi dengan material yang didominasi bahan kaca dan plastik sehingga menimbulkan efek mengkilap yang elegan saat terkena sinar. Ia telah dibalut oleh Gorilla Glass 5. Namun, bodi ini meninggalkan bekas jari dan tangan setelah disentuh. Untuk mengatasi masalah itu, Xiaomi sudah menyediakan jelly case yang terdapat di dalam boks.
Kamera belakang Mi Note 10 Pro terdiri dari lima lensa yang diposisikan secara vertikal. Itu terlihat seperti iring-iringan kendaraan. Tiga kemera berada dalam satu modul, sementara dua kamera terbawah berada terpisah dari modul tersebut.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101348)
Kamera belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Tidak ada tambahan lainnya di bodi belakang selain lampu flash dan tulisan Xiaomi di bagian kiri bawah smartphone. Itu artinya, Mi Note 10 Pro sudah tidak lagi menggunakan teknologi pemindai sidik jari fisik. Sensor fingerprint sudah ditempatkan di dalam layar alias in-display fingerprint. Kami sangat menyukai fingerprint di layar ini karena ia bekerja dengan cepat.
Secara keseluruhan, Mi Note 10 Pro memiliki desain yang premium dan gagah. Ukurannya memang cukup besar, namun dengan desain melengkung di layar dan bodi belakang, Mi Note 10 Pro jadi mantap saat digenggam. Layarnya juga sangat bagus, mereproduksi warna yang baik, akurat, serta nyaman di mata.

Performa

Urusan performa, smartphone ini disokong dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 730G Octa-core dan GPU Adreno 618. Ditambah dengan kapasitas RAM 8 GB, Mi Note 10 Pro halus banget untuk menunjang aktivitas sehari-hari, sampai main game-game kelas berat seperti Mortal Kombat dan Injustice.
Grafik yang dihasilkan untuk tampilan game berkualitas HD juga tidak bikin kecewa. Semuanya berjalan dengan lancar tanpa lag. Smartphone ini juga tidak menghasilkan panas yang berlebihan ketika main game.
Kemampuan multitasking-nya sangat baik. Tiada kendala saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Xiaomi menampilkan aplikasi yang berjalan di background dalam format thumbnail. Itu membuat tampilan running apps lebih jelas dan enggak bikin ribet saat memilih aplikasi.
Mi Note 10 Pro mampu berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mulus. Terlebih lagi sudah ada fitur NFC (Near Field Communication) yang bisa mempermudah transfer data dan melakukan pengisian kartu elektronik e-money untuk kamu yang senang dengan pembayaran cashless.
Android 9 dan MIUI 11 membawa serta fitur Dark Mode di Mi Note 10 Pro. Kita bisa menjadikan mode gelap sebagai default tampilan, sepanjang hari. Kita juga dimungkinkan untuk mengatur jadwal penggunaan Dark Mode. Mau dipakai selama malam hari saja, atau kapanpun yang butuhkan.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101349)
Layar Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101350)
Tampilan belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Soal keamanan, ponsel ini sudah mendukung teknologi face unlock dan fitur keamanan biometrik in-display fingerprint. Proses pemindaian fingerprint pakai teknologi optical scanner dengan teknik pencahayaan yang mampu mengenali bagian-bagian unik di sidik jari pengguna. Kemampuan pemindaian sidik jarinya cepat dan akurat.
Saya pribadi sangat suka ketika muncul cahaya super terang di layar yang keluar saat pemindaian berhasil dilakukan.
Selain fingerprint scanner, ada juga teknologi pemindaian wajah alias face recognition yang tingkat akurasi dan kecepatannya enggak kalah dari fingerprint scanner. Penggunaannya di tempat gelap masih bisa mendeteksi wajah dengan baik dan cepat. Fitur pemindaian wajah ini merupakan pelengkap dari sistem keamanan yang sudah ada seperti password.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101351)
Tampilan atas Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan

Baterai

Untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini tidak perlu sering-sering charge baterai. Alasannya, baterai Mi Note 10 Pro punya kapasitas besar, 5.260 mAh. Perangkat ini bisa bertahan seharian tanpa isi daya untuk pemakaian normal seperti chatting, kirim email, dan media sosial.
Smartphone ini juga sudah didukung dengan teknologi Super Fast Charging alias pengisian cepat 30 Watt. Pengisian baterai dari 15 persen hingga 100 persen pada Mi Note 10 Pro hanya butuh waktu sekitar 1 jam.

Kamera

Tak dipungkiri, Mi Note 10 Pro memiliki keunggulan dari sektor fotografi. Bukan tanpa alasan, perangkat ini dibekali lima kamera yang tersemat di punggungnya. Tentu kamera 108 MP menjadi andalan utamanya.
Mi Note 10 Pro menjadi ponsel pertama di dunia yang mengusung ukuran sensor sebesar itu. Rincian kamera belakang Mi Note 10 Pro terdiri dari lensa 108 MP (f/1.69) wide angle yang merupakan lensa Samsung ISOCELL Bright HMX, ultra-wide 20 MP (f/2.2), dan 12 MP depth (f/2.0) 2x optical zoom. Kemudian ada kamera telephoto 5 MP (f/2.0) hybrid 10x optical zoom dan makro 2 MP.
Kamera Mi Note 10 Pro telah mendukung teknologi artificial intelligence (AI) yang membuat kualitas gambar dapat diproses dengan lebih baik. Ada juga mode-mode kamera lain seperti slow motion, night mode, panorama, hingga profesional.
Berdasarkan pengalaman kumparanTECH menjajal kelima kameranya, hasilnya sangat memuaskan. Kamera utama 108 MP mampu menangkap gambar dengan detail. Ketika dilakukan pembesaran, gambar tidak pecah. Pewarnaan akurat dan natural, nuansanya tidak begitu warm atau cold.
Hasil foto yang bagus ini bukan hanya bisa dilihat di layar smartphone, tapi juga ketika file-nya dipindahkan ke laptop dan dijadikan wallpaper. Hasilnya sama-sama tajam dan clear-nya.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101352)
Hasil foto kamera belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro di luar ruangan. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101353)
Hasil foto kamera belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro 108 MP. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101354)
Detail hasil foto kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro 108 MP. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Kamera utamanya menawarkan kemampuan zoom 2x dan 5x. Tentu saja zoom 5x akan membuat detail yang ditangkap tidak sebaik 2x zoom, apalagi 1x zoom.
Kalau dalam keadaan gelap, gambar yang dihasilkan memang enggak se-clear dalam keadaan cerah. Tapi enggak usah khawatir karena Mi Note 10 Pro juga udah dibekali dengan fitur Night Mode yang bisa menangkap gambar dalam keadaan low light dengan lebih baik.
Hasil foto Night Mode dalam kondisi low light tidak mengecewakan karena kamera masih mampu mengambil gambar objek dengan baik dan warna yang sesuai. Walau begitu, kualitasnya tentu lebih baik dibandingkan foto padasiang hari.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101355)
Hasil foto kamera belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro low-light di luar ruangan. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101356)
Hasil foto Xiaomi Mi Note 10 Pro 108 MP low-light di dalam ruangan. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101357)
Mode normal (atas) dan Night mode (bawah) kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Kamera telephoto Mi Note 10 Pro juga mampu mengambil detail objek kecil dengan baik. Hasil gambar dengan mode portrait ini terlihat natural dengan efek bokeh yang tapi, tidak berantakan. Begitu juga dengan lensa makro yang mampu mengambil objek kecil dengan jarak yang hanya lima sampai tiga centimeter. Hasilnya tajam dan dengan pewarnaan yang pas, juga tidak berlebihan.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101358)
Hasil foto kamera makro Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Sama halnya dengan kamera wide angle yang mampu menangkap panorama luas hingga 117 derajat. Dengan kamera ini, pengguna tak perlu pusing untuk mengambil foto pemandangan yang luas. Kualitasnya tetap terjaga dan tidak kalah dengan kamera utamanya.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101359)
Lensa 108 MP (atas) dan lensa ultrawide (bawah) Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Untuk kualitas videonya, Mi Note 10 Pro sudah mendukung perekaman dengan resolusi 40K, 1080p, dan 720p, dengan pilihan frame rate 30 atau 60 fps.
Hasil perekaman menggunakan Mi Note 10 Pro cukup mengagumkan. Adanya OIS (Optical Image Stabilization) membuat rekaman video minim guncangan dan terlihat cukup smooth. Rekaman video yang mulus itu juga didukung dengan kualitas video yang terbilang baik.
Untuk melengkapi kebutuhan pengambilan gambar dengan metode lainnya, Mi Note 10 Pro juga memiliki mode lain seperti fitur slow motion dan short video untuk upload media sosial.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101360)
Hasil foto kamera selfie Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Untuk urusan selfie, kamera depan Mi Note 10 Pro menggunakan sensor berukuran 32 MP. Kamera selfie-nya mampu menghasilkan gambar yang natural. Tapi, apabila kamu ingin tampil lebih cantik dan mulus lagi, ada fitur Beautify yang bisa kamu pakai di sini. Bahkan ada pengaturan tampilan wajah di kamera depan Mi Note 10 Pro, seperti tingkat ketirusan, ketebalan alis, dan kemancungan hidung.
Foto selfie yang dihasilkan kamera Mi Note 10 Pro terlihat memuaskan karena mampu memberikan ketajaman dan pencahayaan yang cukup. Tidak ada pencahayaan berlebihan dan pewarnaannya terasa pas.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101361)
Hasil foto kamera selfie Xiaomi Mi Note 10 Pro Mode Beauty. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Untuk memaksimalkan pengalaman fotografi, kamera Mi Note 10 Pro memiliki fitur AI. Antarmuka kameranya terbilang mudah. Beberapa mode dapat ditemukan di bagian bawah layar, seperti slow motion, short video, video, photo, 108M, portrait, night, panorama, dan pro.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101362)
Hasil foto Xiaomi Mi Note 10 Pro mode Portrait di luar ruangan. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101363)
Hasil foto Xiaomi Mi Note 10 Pro mode Portrait. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan

Kesimpulan

Dijual dengan harga Rp 7 juta di Indonesia, Xiaomi Mi Note 10 Pro dapat mendukung berbagai aktivitas dari semua kalangan konsumen. Baik dari performa multitasking ringan hingga main game berat, smartphone ini mampu menangani segala macam pekerjaan.
Di sisi kameranya, Mi Note 10 Pro bisa mendukung kebutuhan fotografi dengan lima kamera belakang dan berbagai fitur tambahan di dalamnya. Terlebih lagi adanya lensa beresolusi 108 MP yang terbukti bisa mengambil gambar detail dengan berkali-kali pembesaran tanpa pecah.
Secara keseluruhan, smartphone ini menjadi salah satu jagoan di rentang harga sekelasnya, apalagi buat kamu yang mengutamakan performa kamera untuk foto maupun video. Kami bisa bilang, Mi Note 10 Pro adalah smartphone yang secara spesifikasi lebih dari cukup, dan kemampuan fotografinya sangat maksimal untuk produk di kelasnya.
Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Hebat 108 MP (101364)
Layar Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white