kumparan
15 Apr 2019 20:38 WIB

Ribuan Karyawan Amazon Bisa Dengar Apa yang Kamu Bilang ke Alexa

Perusahaan e-commerce Amazon. Foto: Charles Platiau/Reuters
Kalau kamu pengguna Alexa, ada baiknya kamu berhati-hati memberikan perintah kepada asisten digital pintar tersebut. Pasalnya, semua karyawan Amazon, pengembang Alexa, kabarnya bisa mendengar segala hal yang kamu katakan kepada Alexa.
ADVERTISEMENT
Ya, Amazon punya ribuan karyawan di berbagai negara yang secara aktif mendengarkan rekaman pengguna Alexa dari perangkat Echo. Hal ini bukan untuk memata-matai penggunanya, melainkan sebagai upaya untuk meningkatkan kecanggihan apa yang dibutuhkan pengguna.
Meski hingga saat ini kerahasiaan data pengguna masih terjaga dengan baik, namun tentu saja kabar ini membuat para pengguna Alexa terkejut. Amazon tidak pernah terbuka soal percakapan pengguna dengan Alexa yang direkam dan bisa didengar kembali oleh pihak perusahaan.
“Kami menggunakan permintaan Anda untuk melatih teknologi pengenalan suara dan sistem pemahaman bahasa yang alami,” jelas Amazon, kepada Bloomberg.
Perusahaan e-commerce, Amazon. Foto: Abhishek N. Chinnappa/Reuters
Amazon mengatakan bahwa hanya sebagian dari rekaman yang digunakan sebagai bahan analisis. Beberapa dari laporan tersebut menyebutkan kebiasaan-kebiasaan pengguna Alexa, seperti menyanyi di kamar mandi dengan suara yang sumbang atau percakapan tentang rencana kriminal.
ADVERTISEMENT
“Para tim menggunakan ruang obrolan internal untuk berbagi file saat mereka membutuhkan bantuan untuk menguraikan kata-kata yang berantakan atau saat menemukan percakapan yang lucu,” jelas laporan tersebut.
Amazon mengatakan bahwa pihaknya tidak menggunakan rekaman tersebut di luar dari penelitian untuk mengembangkan teknologi pengenalan sistem bahasa. Mereka juga menambahkan bahwa perusahaan menerapkan keamanan dan operasional yang ketat.
“Semua informasi diperlakukan dengan kerahasiaan tinggi dan kami menggunakan otentifikasi multi-faktor untuk membatasi akses, enkripsi layanan, dan audit dari lingkungan yang kami kontrol kami untuk melindunginya,” jelas Amazon.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan