Tekno & Sains
·
15 Januari 2021 6:30

Samsung Galaxy S21 Series Dijual Tanpa Charger, Apa Saja Isi Boksnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Samsung Galaxy S21 Series Dijual Tanpa Charger, Apa Saja Isi Boksnya? (40565)
Boks penjualan Samsung Galaxy S21 Series. Foto: Samsung
Rumor mengenai ketiadaan charger di kotak pembelian Samsung Galaxy S21 Series ternyata menjadi kenyataan. Seri handphone (HP) flagship Samsung untuk tahun 2021 ini akhirnya benaran dirilis tanpa adapter charger di kotak pembeliannya.
ADVERTISEMENT
Langkah Samsung tersebut mengikuti jejak smartphone flagship milik vendor lain yang dirilis pada tahun lalu, seperti iPhone 12 Series dari Apple, dan Mi 11 buatan Xiaomi.
Sama seperti Apple dan Xiaomi, Samsung juga beralasan ketiadaan charger di kotak pembelian Galaxy S21 Series adalah untuk mengurangi limbah lingkungan.
Product Manager Samsung Mobile Indonesia, Verry Octavianus Wijaya, survei yang dilakukan pihaknya mengatakan bahwa saat ini konsumen lebih senang pakai teknologi wireless charger untuk mengisi daya. Dia pun menegaskan Samsung berada dalam posisi untuk kampanyekan eco friendly.
Dengan ketiadaan charger, boks pembelian Samsung Galaxy S21 Series punya ukuran yang lebih kecil dan ramping ketimbang pendahulunya. Adapun isi di dalamnya hanya terdapat sebuah perangkat Galaxy S21 Series, kabel USB Type-C to Type-C, kartu garansi, SIM tray ejector, dan buku petunjuk.
ADVERTISEMENT
Ya, Galaxy S21 Series juga hadir tanpa earphone. Padahal, sebelumnya Samsung bermurah hati memberikan headset AKG dengan port USB-C di Galaxy S Series.
"Seri Galaxy S21 di Indonesia tidak ada kepala charger dan earphone di dalam boks. Hanya akan menyediakan kabel Type-C to Type-C saja. Mereka bisa pakai kabel charger sebelumnya. Jadi, kabel dan kepala charger lama pun sudah compatible," kata Verry di Jakarta.
Samsung Galaxy S21 Series Dijual Tanpa Charger, Apa Saja Isi Boksnya? (40566)
Samsung Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Gosip mengenai hilangnya charger di kotak pembelian Galaxy S21 Series sendiri mulai berembus sejak akhir tahun 2020. Kala itu, Samsung kedapatan menghapus konten mereka di media sosial yang menyindir keputusan Apple untuk tak memberikan charger bawaan kepada konsumen iPhone 12 Series.
Dihapusnya posting-an tersebut kemudian diikuti oleh bocornya sertifikasi Galaxy S21 Series dari agensi telekomunikasi nasional di Brasil. Samsung sendiri tetap diam hingga mengumumkan kebijakan ini saat peluncuran Galaxy S21 Series pada Kamis (14/1).
ADVERTISEMENT
Meski argumen menyoal mengurangi dampak limbah lingkungan dapat diperdebatkan, vendor HP memang dalam beberapa tahun terakhir punya tren untuk mengurangi aksesori di dalam kotak pembelian.
Samsung Galaxy S21 Series Dijual Tanpa Charger, Apa Saja Isi Boksnya? (40567)
Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S21 Ultra. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Jauh sebelum keberadaan charger dihapus, ‘korban’ pertama aksesori yang dihilangkan adalah earphone. Kita bisa melihat contohnya pada HP kelas menengah Android, yang kemudian diikuti oleh iPhone 12 Series dan Galaxy S21 Ultra.
Menarik untuk melihat perkembangan tren beli HP tanpa charger bawaan ini dan apakah akan ada lebih banyak vendor yang menerapkan kebijakan serupa ke depannya. Menurut kamu sendiri, bagaimana? Setuju beli HP tanpa charger untuk menjaga lingkungan?