Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 22:30

Samsung Galaxy S21 Ultra Support S Pen, Bagaimana dengan Versi S21 dan S21 Plus?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Samsung Galaxy S21 Ultra Support S Pen, Bagaimana dengan Versi S21 dan S21 Plus? (29535)
S Pen untuk Samsung Galaxy S21 Ultra. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Trio Samsung Galaxy S21 akhirnya resmi diperkenalkan secara global, Kamis (14/1). Kemunculannya juga menjawab soal rumor dukungan S Pen di smartphone premium tersebut.
ADVERTISEMENT
Rumor yang beredar selama ini ternyata benar. Samsung benaran menghadirkan dukungan S Pen untuk salah satu varian dari trio Galaxy S21, yaitu di versi Ultra. Galaxy S21 Ultra merupakan varian paling tinggi di kasta Galaxy S21 Series.
President dan Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh mengatakan, Samsung mengambil keputusan yang berani untuk membawa S Pen ke Galaxy S21 Ultra. Roh menambahkan akan menghadirkan S Pen untuk perangkat lain di masa depan.
"Kami berkomitmen untuk berinovasi dalam pengalaman seluler baru yang mengalir dengan mulus dan terus menerus untuk membuat hidup konsumen kami lebih mudah dan lebih baik. Kami telah membuat keputusan berani untuk memperluas pengalaman S Pen ke Galaxy S21 Ultra, dan berencana untuk memperluas pengalaman S Pen di seluruh kategori perangkat tambahan di masa mendatang,” kata Roh dalam pernyataan resmi, Kamis (14/1).
Samsung Galaxy S21 Ultra Support S Pen, Bagaimana dengan Versi S21 dan S21 Plus? (29536)
Kamera belakang Samsung Galaxy S21 Ultra. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Sementara itu, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan menjelaskan Galaxy S21 Ultra adalah Galaxy S Series pertama yang bisa menggunakan S Pen. Kemampuannya itu didukung dengan teknologi layar yang menggunakan panel wacom.
ADVERTISEMENT
S Pen untuk Galaxy S21 Ultra akan dijual terpisah dengan casing sebagai rumahnya. Karena di perangkat S21 Ultra sendiri tidak ada slot untuk rumah S Pen, seperti di seri Galaxy Note.
"Nantinya S Pen akan dijual terpisah berbarengan dengan casing. Casing-nya ada yang berbentuk bag case dan cover case. Jadi di situ diberikan S Pen-nya dan tempat untuk menaruh S Pen," jelas Taufiq saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (13/01).
Lebih lanjut, Taufiq menjelaskan, untuk kuartal pertama, Samsung menjual S Pen tanpa teknologi Bluetooth Low Energy. Meski begitu, S Pen bisa digunakan untuk menulis dan menggambar di layar Galaxy S21 Ultra.
Samsung Galaxy S21 Ultra Support S Pen, Bagaimana dengan Versi S21 dan S21 Plus? (29537)
S Pen di Samsung Galaxy S21 Ultra. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Samsung Galaxy S21 Ultra Support S Pen, Bagaimana dengan Versi S21 dan S21 Plus? (29538)
Tampak belakang Samsung Galaxy S21 Ultra. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Selanjutnya, di kuartal kedua 2021, perusahaan akan menghadirkan S Pen dengan teknologi Bluetooth Low Energy, stylus yang sama digunakan di smartphone Galaxy Note 10 dan Note 20 Series. S Pen-nya seperti tongkat sihir dengan fitur Air Action dan Air Gesture yang bisa digunakan untuk kontrol kamera, aplikasi multimedia dan presentasi.
ADVERTISEMENT
"Adanya S Pen di Galaxy S21 Ultra ini akan membantu pengguna untuk menggambar atau mengedit video jauh lebih mudah. S Pen ini hanya bisa di Galaxy S21 Ultra saja, Galaxy S21 lain tidak bisa. Tapi kalo pengguna punya dua smartphone Galaxy Note misalnya bisa, menggunakan S Pen-nya di S21 Ultra," jelasnya.
Soal harga S pen dengan casing yang dijual terpisah, di situs Samsung untuk Smart Clear View Antimicrobial Cover with S Pen dihargai Rp 1,2 juta, sementara Silicone Cover with S Pen dibanderol Rp 900 ribu.
Samsung Galaxy S21 Ultra sendiri di Indonesia dijual mulai dari Rp 19 juta (12 GB/128 GB), Rp 20 juta (12 GB/256 GB), dan Rp 22 juta (16 GB/512 GB). Pre-order mulai dari 14 hingga 27 Januari 2021, dengan benefit gratis Galaxy Buds Pro dan SmartTag.
ADVERTISEMENT
Harga Samsung Galaxy S21 Series
chevron-down
Prosesor Samsung Galaxy S21 Series
chevron-down
RAM Samsung Galaxy S21 Series
chevron-down
Kamera Samsung Galaxy S21 Series
chevron-down
Baterai Samsung Galaxy S21 Series
chevron-down