Tekno & Sains
·
27 Desember 2020 12:02

Sempat Sindir iPhone 12, Xiaomi Pastikan Jual Mi 11 Tanpa Charger

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sempat Sindir iPhone 12, Xiaomi Pastikan Jual Mi 11 Tanpa Charger (113173)
Tampilan kotak Mi 11 yang di-posting Lei Jun. Foto: Screenshot Weibo
Beberapa bulan lalu, Xiaomi menyindir Apple karena tak menyediakan charger di kotak kemasan iPhone 12 Series. Sekarang, langkah serupa ternyata juga diambil Xiaomi untuk smartphone Mi 11 mereka.
ADVERTISEMENT
CEO Xiaomi, Lei Jun, mengonfirmasi Mi 11 tak akan datang dengan charger. Dia bilang, keputusan ini diambil perusahaan dengan alasan lingkungan.
Jun mengumumkan keputusan ini di akun pribadi miliknya di situs media sosial China, Weibo. Ia mengatakan, orang-orang telah memiliki banyak pengisi daya yang menimbulkan beban lingkungan. Oleh karena itu, Xiaomi tak menyediakan charger untuk Mi 11.
Di posting-an tersebut pula, Lei Jun menambahkan video singkat yang menampilkan kotak kemasan Mi 11. Kotak tersebut punya bentuk yang agak tipis dari biasanya. Kita bakal mengetahui lebih lanjut setelah HP ini dirilis secara global pada Senin (28/12).
Sempat Sindir iPhone 12, Xiaomi Pastikan Jual Mi 11 Tanpa Charger (113174)
Posting-an CEO Xiaomi, Lei Jun, di Weibo soal Mi 11 tanpa charger, Sabtu (26/12). Posting-an ini telah diterjemahkan secara otomatis dari bahasa aslinya. Foto: Screenshot Weibo
Pengumuman yang disampaikan Jun tampak berseberangan dengan trik marketing Xiaomi saat menyindir iPhone 12 Series ketika baru diluncurkan dua bulan lalu. Ketika itu, akun media sosial Xiaomi berkicau di Twitter bahwa pengguna mereka “Jangan khawatir, kami tidak meninggalkan apa pun di luar kotak dengan #Mi10TPro.”
ADVERTISEMENT
Selain tulisan tersebut, Xiaomi juga menyematkan video pendek yang menunjukkan kotak Mi 10T dengan pengisi daya di dalamnya.
Alasan lingkungan tampaknya merupakan argumen yang kuat bagi vendor HP untuk tidak menyertakan charger di perangkat baru mereka. Di sisi lain, vendor HP juga sedang membuat tren di mana pengguna mendapatkan lebih sedikit daripada apa yang mereka dapat pada 3-4 tahun lalu, seperti headphone jack, earphone, dan sekarang charger.
Selain Xiaomi yang sudah memastikan diri tak bawa charger di Mi 11, Samsung juga dikabarkan mengambil langkah serupa untuk Galaxy S21 Series. Meski demikian, kabar ini masih berupa rumor dan berkembang hanya karena Samsung tiba-tiba menghapus iklan sindirian mereka untuk iPhone 12 Series tanpa charger bawaan.
ADVERTISEMENT