kumparan
15 Desember 2019 16:01

Siri di iPhone Selamatkan Nyawa Remaja yang Tenggelam di Sungai

iPhone 11 Pro dan iPhone 11
iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Foto: Jason Lee/Reuters
Sudah banyak cerita yang mengisahkan bagaimana sebuah teknologi dapat menyelematkan nyawa manusia. Kali ini, giliran teknologi asisten pintar Siri di iPhone yang jadi "pahlawan" dalam menyelematkan nyawa remaja 18 tahun di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Cerita itu berawal saat seorang mahasiswa bernama Gael Salcedo berpergian ke Mason City, Iowa, tepatnya ke perguruan tinggi North Iowa Area Community College. Kala itu, ia mengendarai mobil Jeep yang tiba-tiba menabrak bongkahan es.
Karena tabrakan itu, Salcedo kehilangan kendali. Mobilnya terpeleset dari jalanan hingga masuk ke dalam Sungai Winnebago. Kala itu keadaan sungai sangat dingin dan dipenuhi es.
"Saya berbelok ke kanan dan setelah itu, semuanya buram. Saya tidak tahu saya ke mana dan tidak tahu harus berbuat apa. Yang ada di dalam kepala saya hanya 'Saya rasa saya akan mati'," kata Salcedo kepada CNN.
Siri
Fitur perintah suara Siri di perangkat Apple. Foto: REUTERS/Stephen Lam
Sesaat setelah ia menyadari bahwa mobilnya masuk ke sungai, ia langsung menurunkan kaca jendela karena khawatir Jeep-nya akan tenggelam. Pemandangan dari mobil yang terjebak di dalam sungai es itu tampak suram.
ADVERTISEMENT
Untungnya Salcedo tidak kehabisan akal. Ia berpikir cepat untuk memanfaatkan teknologi modern yang ada di smartphone miliknya, asisten pintar virtual Siri yang ada di iPhone.
"Saya kehilangan ponsel saya. Dan karena saya tidak bisa menemukannya saya langsung "Hey Siri, hubungi 911". Dan saat Siri menghubungi, saat itulah saya menemukan ponsel saya," jelas dia.
Petugas pemadam kebakaran dari Manson City, Iowa, langsung datang di tempat kejadian untuk menyelamatkan Salcedo dari sungai yang hampir beku itu. Karena arus sungai menyusuri pintu di sisi pengemudi, pemadam kebakaran berusaha menyelamatkan Salcedo dari sisi pintu penumpang.
iPhone 11 Pro Max
iPhone 11 Pro Max. Foto: Jason Lee/Reuters
Akan tetapi, suasana berubah seketika saat datang air deras yang membuat air naik dengan cepat ke mobil Salcedo. Letnan Craig Warner dari pemadam kebakaran Mason meminta Salcedo untuk keluar dari mobil dan berenang keluar dari sungai.
ADVERTISEMENT
Sepanjang upaya untuk keluar dari sungai, ia memegang erat tubuh Salcedo. Namun, itu tidak mudah karena kencangnya arus sungai. Mereka perlahan terus berjuang agar bisa naik ke daratan dan masuk ke ambulans.
Dokter bilang ia mengalami syok, tetapi tetap diizinkan pulang ke rumah setelah tiga jam perawatan.
Ini bukan pertama kalinya teknologi di iPhone buatan Apple menyelamatkan nyawa penggunanya. Sebelumnya, jam tangan pintar Apple Watch pernah jadi "pahlawan" karena sudah beberapa kali menyelamatkan nyawa penggunanya melarikan diri dari situasi berbahaya atau memberi peringatan kepada pengguna tentang kondisi jantung yang tidak normal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan