Sony Music Bawa Aplikasi VR dan Game Interaktif di AFA Jakarta 2017

21 Agustus 2017 12:47 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
AnywhereVR dari Sony Music Entertainment Jepang. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
AnywhereVR dari Sony Music Entertainment Jepang. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
ADVERTISEMENT
Perusahaan musik dan hiburan Sony Music Entertainment Jepang (SMEJ) ikut berpartisipasi dalam ajang tahunan Anime Festival Asia (AFA) yang diselenggarakan mulai 18 Agustus hingga 20 Agustus kemarin di JIEXPO, Jakarta. Hadirnya SMEJ di acara ini turut memperkenalkan beberapa produk hiburan terbaru yang interaktif. Produk yang diumumkan di antaranya adalah aplikasi virtual reality (VR) bernama AnywhereVR, game Nawatobi Jumper, dan gadget untuk anak-anak bernama Volly. AnywhereVR adalah aplikasi yang menampilkan konten realitas maya di mana pengguna bisa merasakan sensasi berada di lokasi-lokasi dengan pemandangan indah di Jepang. Ada taman bunga, rumah khas Jepang, hingga langit yang dipenuhi bintang di kala malam hari. "AnywhereVR akan memproyeksikan gambar VR 360 derajat serta musik pilihan Anda. Produk ini dapat memberi sensasi baru di mana pengguna akan diteleportasi ke tempat pilihannya dan tetap terhubung ke dunia luar. Anda tidak perlu melepas perangkat VR Anda ketika ada panggilan masuk atau notifikasi lainnya," jelas Merchandising & Event Produce Company SMEJ, Kenta Matsuo, di acara tersebut.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini, ada 20 pilihan tempat yang tersedia untuk diunduh dan masing-masing dikenai biaya 2000 yen atau setara Rp 200 ribu. Saat ini, AnywhereVR sudah tersedia di PlayStation Store dan bisa dinikmati pengguna PlayStation VR, juga lewat Google Play Store. Namun, ketersdiaannya baru di Jepang saja dan rencananya akan segera dibawa ke Indonesia. "Kami masih dalam tahap awal pengembangan dan kami pasti ingin menambahkan lebih banyak pilihan ke aplikasi ini. Kami berencana untuk membawa orang-orang ke tempat yang sulit dijangkau. Indonesia dikenal memiliki banyak tempat yang indah dan kami ingin memasukkannya Indonesia ke dalam aplikasi ini," lanjutnya. Sementara untuk dua produk lainnya, game Nawatobi Jumper dan sebuah gadget bernama Volly adalah produk yang dirancang untuk anak-anak. Nawatobi Jumper menampilkan sebuah roket yang harus diterbangkan dengan cara si pengguna melakukan lompat tali. Produk ini mengandalkan sensor di mana roket tersebut akan terbang setinggi berapa banyak lompat tali yang dilakukan pemainnya.
Gadget Volly dari Sony Music Entertainment Jepang. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Gadget Volly dari Sony Music Entertainment Jepang. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Sedangkan Volly adalah sebuah gadget berbentuk bola dengan desain lucu yang dapat merekam dan mengubah suara kita menggunakan sistem pendekteksi getaran dan rotasi yang tertanam di dalamnya. Untuk menggunakannya, anak-anak dapat menekan 'hidung' dari bola itu untuk merekam suara, kemudian bola digoyang-goyangkan untuk mengeluarkan suara yang direkam tadi dalam suara yang berbeda-beda. "Volly bertujuan menjadi alat edukasi untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar berkomunikasi melalui perangkat ini, " kata Chief Producer SMEJ, Masako Masuda. Perangkat ini dirilis pada Maret 2017 lalu di Jepang, namun belum bisa dipastikan kapan akan tersedia di Indonesia dan berapa harganya.
ADVERTISEMENT