kumparan
8 Juni 2019 19:54

Spotify Luncurkan Stations, Aplikasi Khusus Rekomendasi Musik

com-Ilustrasi mendengarkan lagu di spotify
com-Ilustrasi mendengarkan lagu di spotify Foto: Shutterstock
Beberapa waktu lalu, platform streaming musik Spotify dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi bernama Stations. Apa sebenarnya aplikasi tersebut?
ADVERTISEMENT
Secara konsep, Stations mirip seperti Spotify versi gratisan. Dengan aplikasi Stations ini kamu bisa mendengarkan lagu sepuasnya secara gratis, tapi kamu tidak bisa memilih lagu apa yang ingin kamu mainkan.
Sederhananya, kalau biasanya pelanggan Spotify Premium adalah orang-orang yang tahu jenis musik atau artis yang mereka sukai, pengguna Stations adalah mereka yang lebih suka diberikan rekomendasi musik apa yang mungkin mereka suka.
Bisa dibilang cara kerja aplikasi Stations ini seperti fitur Radio pada Spotify. Platform ini secara otomatis memainkan musik berdasarkan playlist yang disukai pengguna. Lalu bagaimana aplikasi mengetahui lagu apa yang pengguna sukai?
com- Pop Indo Hub Spotify
com- Pop Indo Hub Spotify Foto: Dok. Spotify
Nah, aplikasi Stations ini bakal menyuguhi kamu dengan berbagai macam genre musik dan artis. Di tahap awal, kamu diharuskan memilih kategori apa saja yang kamu suka.
ADVERTISEMENT
Kemudian aplikasi Stations akan memainkan lagu-lagu dari kategori yang kamu pilih. Stations juga akan memperkenalkan kamu dengan musik lain yang mirip dengan musik yang dipilih sebelumnya. Jika itu sesuai dengan seleramu, kamu bisa menekan tombol Like.
Ke depannya, Stations akan kembali memainkan musik itu dan juga musik-musik serupa dengan yang pernah kamu Like. Algoritma pada Stations ini juga terintegrasi dengan aplikasi utama Spotify. Jadi apa yang kamu sukai di Stations bisa muncul di akun Spotify punyamu sebagai rekomendasi.
Aplikasi ini sebenarnya sudah meluncur sejak tahun 2018 pertama kali di Australia. Kini kabarnya, Stations sudah meluncur di Amerika Serikat. Namun, belum diketahui apakah aplikasi Stations akan hadir di Indonesia atau tidak.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan