kumparan
5 Juli 2019 10:03

Spotify Tak Lagi Izinkan Musisi Indie Upload Lagu

Spotify
Platform streaming musik Spotify. Foto: Christian Hartmann/Reuters
Kehadiran Spotify dalam industri musik bagaikan permadani terbang bagi para musisi indie di seluruh dunia. Platform streaming musik itu bisa mempermudah para seniman untuk mempublikasikan karyanya agar lebih mudah didengar khalayak.
ADVERTISEMENT
Musisi yang berkarya tanpa perusahaan label rekaman bisa dengan mudah mengunggah karyanya ke Spotify untuk kemudian dinikmati oleh para pengguna. Hal itu juga dilakukan Spotify untuk mendapatkan lebih banyak konten di platform-nya.
Namun, baru-baru ini Spotify mengeluarkan kebijakan baru yang tak lagi mengizinkan musisi indie untuk meng-upload lagunya secara langsung. Hal tersebut baru saja diumumkan perusahaan lewat situs web resminya.
Kebijakan baru itu akan segera diberlakukan pada akhir bulan ini. Dan jika aturan tersebut sudah diberlakukan, maka musisi-musisi indie tidak bisa lagi mengunggah karyanya di Spotify secara langsung.
Logo Spotify
Logo aplikasi streaming musik Spotify. Foto: REUTERS/Brendan McDermid/File Photo
“Pada akhir bulan ini, kami tidak akan menerima konten baru lewat Spotify for Artists, dan mereka harus memindahkan konten yang sudah dirilis ke platform lain,” tulis Spotify, dilansir Ubergizmo.
ADVERTISEMENT
Ini bukan hal yang mudah bagi para kreator musik. Namun, perusahaan mengatakan akan membantu para artis untuk berbenah memindahkan karyanya dari platform-nya ke platform lain selama masa transisi.
Spotify mengklaim hal ini dilakukan untuk mempermudah pengelolaan konten-kontennya. Perusahaan mau mengembangkan alat yang bisa menguntungkan artis dan label dengan cara yang berbeda.
Belum diketahui apa langkah Spotify selanjutnya untuk mengatasi masalah yang sedang dialami para seniman tanpa label untuk saat ini. Musisi indie harus mencari cara lain untuk mendistribusikan musik mereka lewat Spotify.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan