kumparan
22 Feb 2019 8:19 WIB

TCash Resmi Berubah Jadi LinkAja, Layanan dan Fitur Tetap Sama

Layanan dompet digital TCash berganti nama menjadi LinkAja. Foto: Telkomsel
Jumat, 22 Februari 2019, menjadi hari yang bersejarah buat layanan dompet digital milik operator seluler Telkomsel, TCash, dan tiga aplikasi fintech milik bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), antara lain BNI, BRI, dan Mandiri.
ADVERTISEMENT
Keempat layanan tersebut kini sudah bertransformasi dan bersinergi menjadi aplikasi LinkAja. Meski bergabung dan berubah nama, namun semua fitur yang ada di TCash tetap bisa digunakan di layanan LinkAja.
Aplikasi LinkAja menggabungkan semua produk uang elektronik milik BUMN, di antaranya bank Mandiri (e-cash), bank BNI (Unikqu), bank BRI (Tbank), Telkom Group (TCash dan T-money). Tujuannya untuk mengakselerasi gerakan cashless society yang diusung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).
Direktur Finarya Danu Wicaksana mengatakan, pengguna TCash tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan ini. Ia menegaskan tidak ada perubahan yang signifikan dan semua layanan dapat digunakan.
“Pengguna TCash tidak perlu khawatir, karena semua layanan dan fitur yang sebelumnya tersedia pada layanan TCash tetap dapat diakses dan dinikmati pada layanan LinkAja. Terlebih lagi, kami akan mengembangkan berbagai fitur baru untuk LinkAja dari waktu ke waktu,” katanya dalam pernyataan resmi yang diterima kumparan, Jumat (22/2).
CEO TCash, Danu Wicaksana Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Seperti yang disampaikan Danu, pelanggan TCash tetap bisa menggunakan semua layanan yang ada seperti biasa melalui LinkAja. Setelah melakukan migrasi ke LinkAja, pengguna dapat langsung memanfaatkan layanan yang tersedia.
ADVERTISEMENT
Misal, melakukan pembayaran tagihan listrik, air, asuransi, internet, atau lain-lain, juga bertransaksi di merchant baik lokal maupun nasional, pembayaran moda transportasi, pembelian online, hingga layanan keuangan lain seperti saldo antar pelanggan.
Pengguna TCash tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk migrasi ke LinkAja. Cukup update aplikasi TCash menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store (untuk Android) dan di Apple App Store (untuk iOS), atau dengan memberikan persetujuan melalui USSD TCash yaitu *800#.
Layanan dompet digital TCash berganti nama menjadi LinkAja. Foto: Telkomsel
Kemudian, akun dan aplikasi TCash nantinya akan secara otomatis dikonversi menjadi LinkAja. Setelah menjadi LinkAja, dipastikan tidak akan ada perubahan cara transaksi, termasuk menggunakan stiker TCash Tap dan NFC di merchant yang telah bekerja sama dengan TCash sebelumnya.
Jika update tidak dilakukan, maka pelanggan tidak bisa lanjut menggunakan layanan atau saldo yang ada di dalam aplikasi TCash.
ADVERTISEMENT
Tidak ada pemaksaan dalam migrasi ke aplikasi LinkAja. Bagi kamu yang tidak bersedia melanjutkan layanan di LinkAja, bisa menutup akun di GraPari Telkomsel terdekat dan melakukan penarikan sisa saldo dengan membawa kartu identitas alias KTP.
Tampilan aplikasi dompet digital TCash setelah berganti nama menjadi LinkAja. Foto: Telkomsel
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan