kumparan
17 Oktober 2018 15:56

Telkomsel Bikin Liga eSports Khusus Mobile Legends dan Free Fire

Dunia Games League Mobile Legends dan Free Fire dari Telkomsel
Dunia Games League Mobile Legends dan Free Fire dari Telkomsel. (Foto: Aditya Panji/kumparan)
Keberadaan turnamen eSports di Indonesia makin banyak. Kali ini, giliran Telkomsel yang menggelar Dunia Games League khusus permainan 'Mobile Legends: Bang Bang' dan 'Free Fire' dengan total hadiah Rp 3 miliar.
ADVERTISEMENT
Dunia Games League bisa diikuti oleh seluruh gamer yang ada di Indonesia. Telkomsel membagi kompetisi ini dalam tiga kategori, yaitu amatir, kampus, dan pro. Untuk kategori amatir, Telkomsel menggelar kompetisi untuk game Mobile Legends buatan Moonton. Sementara kategori kampus dan pro akan mempertandingkan game Free Fire.
Liga eSports ini merupakan rangkaian kompetisi Indonesia Games Championship (IGC). Para finalis dari Dunia Games League kelak akan berlaga di babak final IGC 2019 bulan Maret tahun depan.
Direktur Marketing Telkomsel Alistair Johnston, mengatakan, Telkomsel menggelar kompetisi ini untuk menjadi pendukung utama industri eSports yang sedang naik daun. Telkomsel saat ini memiliki 90 juta pengguna yang bermain game di jaringannya. Dari jumlah tersebut, ada 60 juta pengguna yang aktif bermain game setiap harinya.
ADVERTISEMENT
“Layanan game online akan memerlukan standar jaringan yang sangat bagus dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah. Untuk itu kami selalu meningkatkan kualitas jaringan broadband 4G LTE untuk memastikan stabilitas layanan data sehingga para gamers dapat menikmati game online dengan nyaman," kata Alistair.
Peresmian Dunia Games League Mobile Legends dan Free Fire dari Telkomsel
Peresmian Dunia Games League Mobile Legends dan Free Fire dari Telkomsel. (Foto: Aditya Panji/kumparan)
Kategori amatar liga ini, yang disebut dengan Games League, secara serentak diadakan di 141 kota dan 13 tim terbaik akan dipertandingkan di tingkat nasional untuk memperebutkan gelar juara pada grand final yang akan berlangsung pada Maret 2019 di Dunia Games Esports Stadium, Jakarta. Registrasi Dunia Games League dimulai pada awal Oktober 2018 dan mulai berkompetisi pada akhir Oktober 2018.
Sedangkan kategori kampus yang disebut Dunia Games Campus League, berlangsung di 13 kampus se-Indonesia dan 12 tim terbaik menuju grand final yang akan dipertandingkan bersamaan dengan grand final Dunia Games League. Registrasi Dunia Games Campus League akan dibuka pada akhir November 2018.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk kategori pro, yang disebut Dunia Games Pro League, pendaftarannya baru dibuka pada awal Januari 2019 yang akan diikuti oleh 12 tim eSports profesional.
Suasana MSC 2018
Suasana turnamen Mobile Legends MSC 2018. (Foto: Facebook/Mobile Legends: Bang Bang)
Pendaftaran Dunia Games League sudah dapat diakses secara online melalui https://dgl.duniagames.co.id.
Telkomsel menargetkan Dunia Games League diikuti lebih dari 45.000 peserta yang terbagi lebih dari 6.000 tim. Selama liga ini berlangsung ditargetkan ada 60 juta online viewers dalam 24.000 pertandingan dan 2.500 jam produksi tayangan.
Telkomsel optimis Dunia Games League akan jadi turnamen eSports terbesar yang diadakan di Indonesia tahun ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan