kumparan
search-gray
Tekno & Sains12 Mei 2018 16:22

Telkomsel Gelar Uji Coba Internet 5G di Asian Games 2018

Konten Redaksi kumparan
Telkomsel Gelar Uji Coba Internet 5G di Asian Games 2018 (101923)
Ekshibisi Telkomsel MyBusiness. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Sepanjang perhelatan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, bakal ada jaringan telekomunikasi internet 5G. Operator seluler Telkomsel, yang kebetulan mitra Asian Games 2018, menjadi pihak yang merealisasikan teknologi penerus 4,5G di ajang kompetisi atlet se-Asia tersebut.
ADVERTISEMENT
CEO Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan bahwa perusahaan rencananya akan mendemokan implementasi 5G di ajang yang digelar di dua kota, Jakarta dan Palembang, pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.
Meski telah disiapkan untuk Asian Games 2018, namun Ririek mengungkapkan kalau teknologi tersebut masih dalam bentuk uji coba dan belum akan diimplementasikan lebih lanjut atau dikomersialkan.
"Nanti di GBK akan ada experience 5G. Di sana nanti masyarakat bisa cicipi. Tapi untuk komersial belumlah karena masih nanti untuk itu," ujar Ririek.
Telkomsel Gelar Uji Coba Internet 5G di Asian Games 2018 (101924)
Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah. (Foto: Antara Foto/Zabur Karuru)
Alasannya, menurut Ririek, alat yang digunakan untuk menyebarkan jaringan 5G masih tergolong besar, sehingga keleluasaannya masih sangat terbatas.
Ia juga menambahkan, tantangan terbesar lainnya adalah spektrum yang digunakan untuk 5G harus berada di 3,5GHz, yang saat ini digunakan untuk satelit. Apabila diletakkan di spektrum 2,8GHz akan berdampak pada pengurangan kualitas ketika hujan turun.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya Telkomsel, bersama dengan Huawei, menggelar uji coba teknologi telekomunikasi 5G di Indonesia pada Mei 2017 lalu. Daam demo dalam ruangan tersebut tercatat mampu menghasilkan kecepatan 70 Gigabit per detik (Gbps).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white