Tekno & Sains
·
12 April 2021 17:50

Telkomsel Siagakan 200 Ribu BTS, Antisipasi Lonjakan Internet Ramadhan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Telkomsel Siagakan 200 Ribu BTS, Antisipasi Lonjakan Internet Ramadhan (6329)
Logo Telkomsel. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Operator seluler Telkomsel tengah bersiap untuk menghadapi lonjakan traffic internet selama momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021. Berbagai hal telah dilakukan operator yang identik dengan warna merah itu agar komunikasi pelanggan tidak terganggu.
ADVERTISEMENT
Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini membawa tantangan tersendiri bagi pihaknya. Bukan hanya karena pandemi corona masih berlangsung, tetapi juga karena larangan mudik yang ditetapkan pemerintah akan membuat silaturahmi secara fisik berganti menjadi virtual lewat internet.
“Memang sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia pada saat momen-momen bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri itu intensitas silaturahmi akan meningkat. Terlebih lagi, sudah jelas peraturan dari pemerintah bahwa kali ini tidak boleh ada mudik,” kata Nugroho dalam konferensi pers virtual, Senin (12/4).
“Otomatis, itu akan mendorong kita penyedia jasa komunikasi untuk bisa memberikan layanan terbaiknya agar segala aktivitas Ramadhan dan Idul Fitri ini bisa dilakukan secara remote.”
ADVERTISEMENT
Telkomsel memprediksi kalau trafik internet selama Ramadhan dan Idul Fitri meningkat 8,54 persen dibanding hari biasa. Adapun jika dibandingkan dengan momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya, Telkomsel memproyeksikan kalau tahun ini akan ada peningkatan 50,12 persen trafik internet.
Telkomsel Siagakan 200 Ribu BTS, Antisipasi Lonjakan Internet Ramadhan (6330)
Logo jaringan internet 4G LTE Telkomsel. Foto: Dok. Telkomsel
Beberapa aplikasi yang diduga bakal memberikan kontribusi lonjakan trafik internet di antaranya adalah Telegram (meningkat 19,6 persen), WhatsApp (19,6 persen), TikTok (16,6 persen), dan Instagram (15,2 persen). Perusahaan juga menduga kalau komunikasi telepon dan SMS akan meningkat masing-masing 3,14 persen dan 2,95 persen dibanding hari biasa.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, Telkomsel bakal mengandalkan sekitar 236.000 BTS milik mereka yang mencakup 95 persen wilayah populasi Indonesia. Perusahaan menyebut mereka sudah mendirikan 263 BTS 4G baru dan upgrade 80 BTS ke jaringan 4G.
ADVERTISEMENT
Telkomsel juga akan mengaktifkan 63 Combat Mobile BTS yang disebar di berbagai point of interest tempat masyarakat berkumpul selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021. Mereka pun telah menggelar uji jaringan di 57 ruas jalan tol dengan cakupan 15.135 km, serta optimasi kualitas dan kapasitas jaringan di 554 titik point of interest seperti perumahan, pusat perbelanjaan, stasiun transportasi, rumah sakit, dan rumah ibadah.
“Di samping masalah coverage dan kapasitas, kami juga sudah menyediakan kapasitas yang cukup di wilayah core atau back end kita,” kata Nugroho.
“Kita ingin memastikan bahwa apa yang sudah kita siapkan tersebut bisa betul-betul membawa manfaat bagi masyarakat pada umumnya dan membawa keberkahan bagi kita semua,” pungkasnya.