kumparan
1 Agustus 2019 11:51

Tembus 100 Juta Unit, PS4 Jadi Konsol Game dengan Penjualan Tercepat

Sony PlayStation 4 Slim. Foto: InspiredImages via Pixabay
Sony telah mengungkap laporan keuangan perusahaan untuk periode kuartal pertama 2019. Di laporan tersebut, perusahaan teknologi asal Jepang ini juga mengumumkan jumlah penjualan konsol game PlayStation 4 (PS4) mulai April hingga Juni 2019.
ADVERTISEMENT
Selama periode tersebut, Sony mengaku telah menjual 3,2 juta unit PS4. Dengan begitu, total sudah ada 100 juta unit PS4 yang terjual sejak ia dirilis pertama kali pada 2013.
Pencapaian ini juga membawa PS4 menjadi konsol game dengan penjualan tercepat dibanding kompetitor lain, menurut analis Niko Partners Daniel Ahmed. Angka penjualan 100 juta unit ini dicapai dalam waktu lima tahun dan tujuh bulan, lebih cepat dibanding konsol PS2 yang angka tersebut dicapai dalam waktu lima tahun dan sembilan bulan.
Angka penjualan konsol PS4 diprediksi masih akan terus berlanjut. Hal ini dikarenakan Sony masih punya game baru yang akan rilis di konsol tersebut, seperti Death Stranding, Final Fantasy VII edisi remake, dan The Last of Us: Part 2.
ADVERTISEMENT
Penjualan PS4 juga tidak akan terganggu, meski Sony dikabarkan tengah menyiapkan konsol generasi selanjutnya, PS5, yang akan hadir di masa depan. PS5 ini disebut mampu menawarkan performa yang lebih baik, termasuk kemampuan loading game dengan cepat.
Sony belum mengumumkan spesifikasi yang nanti akan dibawa PS5 secara resmi. Namun dalam sebuah wawancara dengan Wired, Kepala Pimpinan Arsitek PS4, Mark Cerny, berbicara banyak hal tentang konsol penerus PS4 itu.
Misalnya, ia mengatakan PS5 dibangun berdasarkan arsitektur PS4, yang membuatnya bisa memainkan game-game PS4. Fitur backward compatible itu sangat dinantikan oleh para penggemar PlayStation.
Cerny menyebutkan, PlayStation generasi baru akan ditenagai chip AMD dengan CPU yang berbasis generasi ketiga Ryzen. Chip ini memiliki delapan inti microchip Zen 2 berukuran tujuh nanometer.
ADVERTISEMENT
Kemungkinan PS5 juga akan menggabungkan konsol game tradisional dengan teknologi cloud gaming yang saat ini tengah berkembang. Sony telah menggandeng Microsoft untuk bersama-sama mengembangkan cloud gaming yang diperkirakan akan diaplikasikan di PS5 nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan