kumparan
18 Maret 2018 12:36

Tonton YouTube di Ponsel Makin Nyaman dengan Tema Warna Gelap

YouTube
Platform streaming video, YouTube. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
YouTube versi desktop saat ini memiliki fitur tema gelap atau 'dark theme', yang menampilkan situs streaming video tersebut dengan dominasi warna hitam. Kini, tema tersebut akan segera meluncur di aplikasi mobile YouTube, baik iOS maupun Android.
ADVERTISEMENT
Fitur dark theme ini bertujuan untuk mengurangi silau saat menatap layar dengan menggunakan latar belakang hitam yang gelap, sehingga pengguna YouTube dapat menyaksikan video secara lebih nyaman.
Untuk menggunakan tema gelap pada YouTube cukup mudah. Caranya adalah pergi ke Settings di aplikasi YouTube, kemudian tekan tombol dark theme untuk mengganti tema. Jika ingin kembali dengan latar putih, kamu hanya perlu melakukan hal yang sama.
YouTube Dark Theme
YouTube Dark Theme (Foto: YouTube)
Menurut laporan The Verge, untuk saat ini, fitur dark theme baru hadir di platform iOS, dan untuk pengguna Android masih bersabar dulu karena masih 'coming soon'.
Sebelumnya, fitur tema gelap ini diperkenalkan di YouTube versi desktop pada tahun 2017. Ternyata, dengan kehadiran tema gelap tersebut di dekstop membuat para pengguna menginginkan YouTube untuk meluncurkannya di versi aplikasi mobile.
ADVERTISEMENT
Sebagai platform streaming video terpopuler saat ini, YouTube memang harus terus meningkatkan layanannya agar dapat terus meningkatkan kenyamanan pengguna. Beberapa masalah yang dialami YouTube belakangan ini adalah soal video yang mengandung konten negatif dan terorisme.
Selain meluncurkan fitur baru, tentunya kita juga berharap YouTube dapat membersihkan layanannya dari konten negatif. Apalagi saat ini anak-anak juga sudah mulai paham untuk mengakses YouTube dari ponsel mereka sendiri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan