Tekno & Sains
·
1 Maret 2021 8:09

Twitter Spaces Pesaing Clubhouse Diuji Coba di Android, Begini Tampilannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Twitter Spaces Pesaing Clubhouse Diuji Coba di Android, Begini Tampilannya (20128)
Aplikasi Clubhouse di smartphone. Foto: Odd Andresen / AFP
Kesuksesan Clubhouse membuat platform media sosial berbasis audio bakal mendapat saingan kuat dari Twitter lewat fitur baru bernama Spaces. Melalui fitur tersebut, pengguna Twitter nantinya juga bisa bikin sesi diskusi audio mereka sendiri mirip seperti di Clubhouse.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini, fitur Spaces di Twitter sudah dapat dicicipi sebagian pengguna iOS sejak Desember 2020 lalu. Twitter pun tampaknya telah memperluas uji coba tersebut bagi HP Android.
Berdasarkan penelusuran kumparanTECH, sejumlah insinyur Twitter telah membagikan rekaman uji coba internal fitur Spaces di HP Android lewat akun pribadi mereka. Menurut seorang karyawan Research and Strategy Twitter, Danny Singh, pihaknya memiliki tenggat waktu hingga Maret 2021 untuk menyediakan fitur ini bagi pengguna Android.
Lewat posting-an tersebut, bisa kita lihat kalau antarmuka fitur Spaces agak berbeda dengan Clubhouse. Di tampilan itu, terlihat Spaces menyatukan pembicara dan pendengar menjadi satu kolom atau bagian. Pengguna juga dapat memilah kelompok orang dalam diskusi melalui label pembagian All, Speaker, dan Listener.
ADVERTISEMENT
Selain lewat unggahan para karyawan Twitter, fitur Spaces juga tampaknya telah bisa dijajal pengguna lewat versi 8.83.0-beta.02 yang tersedia di APK Mirror, menurut laporan XDA Developers.
Meski demikian, uji coba fitur Spaces bagi pengguna Android lewat versi tersebut belum diumumkan secara resmi oleh Twitter.
Menurut laporan Android Police, fitur Spaces di versi Twitter tersebut masih belum stabil. Fitur tersebut juga tampaknya masih memiliki bug di mana teks tampak agak miring. Pengguna Android yang menjajal fitur Spaces lewat versi beta itu juga cuma bisa bergabung dengan ruang orang lain.
Menarik untuk melihat bagaimana persaingan fitur obrolan audio di antara platform media sosial ini. Selain Twitter, The New York Times juga melaporkan pada awal Februari 2021 bahwa Facebook juga tengah membuat fitur obrolan audio di platform mereka.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Clubhouse telah mengumumkan ekspansi aplikasi mereka ke ekosistem Android. Tak cuma lewat pengumuman di blog perusahaan pada Januari lalu, rencana ini diperkuat pula lewat langkah Clubhouse memperkerjakan seorang software engineer bernama Mopewa Ogundipe untuk pengembangan aplikasi di Android.
Bagaimanapun, setiap platform bakal berupaya membuat fitur diskusi audio mereka berbeda satu sama lain. Kamu bisa lihat perbedaan antara fitur Spaces milik Twitter dan Clubhouse lewat artikel berikut.