kumparan
30 Maret 2018 11:55

Vivo Kejar Posisi 3 Besar Smartphone Terlaris di Indonesia

Vivo V9. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Persaingan bisnis smartphone di Indonesia semakin ketat dengan kehadiran pemain baru dan juga langkah agresif pemain lama.
ADVERTISEMENT
Vivo adalah salah satu perusahaan yang bergerak agresif di pasar smartphone Indonesia. Kamis (29/3) malam, mereka baru saja meluncurkan ponsel andalan terbarunya, yaitu V9.
Kehadiran V9 ditandai dengan acara peluncuran super meriah yang diselenggarakan di pelataran Candi Borobudur, Magelang. Tak hanya itu, acara ini juga ditayangkan di 12 stasiun televisi dan menampilkan sejumlah bintang tamu populer, di antaranya ada Agnez Mo, Afgan, Prilly Latuconsina, Al Ghazali, Tulus, dan Maudy Ayunda.
Dengan strategi pemasaran yang jor-joran, Vivo memiliki target besar untuk masuk ke dalam posisi tiga besar brand smartphone terlaris di Indonesia.
"Target kami menjadi top 3 brand smartphone di Indonesia dalam waktu 5 tahun," ujar General Manager Brand and Activation Vivo Indonesia, Edy Kusuma, saat dijumpai setelah acara peluncuran di Magelang, Kamis (29/3).
Edy Kusuma dari Vivo Indonesia (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Ia memaparkan, saat ini Vivo masih tergolong pemain baru di industri smartphone Indonesia karena baru menginjakkan kaki di sini empat tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Menurut lembaga riset IDC, Vivo menempati posisi keempat dalam daftar 5 besar brand smartphone terlaris di Indonesia per kuartal tiga 2017.
Samsung masih menguasai pasar smartphone di Tanah Air, kemudian disusul Oppo dan Advan di peringkat kedua dan ketiga. Sementara di bawah Vivo ada Xiaomi di posisi kelima.
Sebelumnya, Edy juga sempat mengatakan jika Vivo baru akan fokus dalam penjualan produknya saat sudah memasuki usia lima tahun di Indonesia. Untuk saat ini, mereka masih akan terus berinvestasi demi memperkenalkan brand-nya kepada masyarakat luas.
"Strategi promosi manapun, kita tidak bisa menargetkan promosi sekian, lalu pengeluarannya sekian. Kita hanya mempromosikan value brand saja, kalau berdampak pada sales itu adalah bonus," kata Edy, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Ponsel terbaru mereka, Vivo V9 dijual dengan harga Rp 4 juta di Indonesia dan sudah bisa dipesan secara pre order sejak 29 Maret hingga 5 April 2018.
Vivo V9 mengandalkan layar berteknologi FullView Display sebesar 6,3 inci dengan notch alias poni di bagian atas layar ala iPhone X. Selain itu, ponsel ini juga memiliki keunggulan pada sektor kamera depan, yang memiliki lensa bersensor 24 MP dengan teknologi kecerdasan buatan.
Untuk kamera belakang, Vivo menyematkan sistem kamera ganda yang masing-masing beresolusi 13 MP dan 2 MP.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan