Tekno & Sains
·
10 Maret 2021 17:27

Waspada Link Survei Telkomsel Palsu Berhadiah iPhone 12 Pro, Ini Faktanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada Link Survei Telkomsel Palsu Berhadiah iPhone 12 Pro, Ini Faktanya (362420)
Situs web survei pelanggan palsu yang mengatasnamakan Telkomsel. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Sebuah link survei pelanggan Telkomsel palsu tengah beredar di aplikasi chat WhatsApp dalam beberapa hari terakhir. Link tersebut meminta pengguna untuk mengisi data pribadi dengan iming-iming imbalan hadiah sebuah iPhone 12 Pro.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pantauan kumparanTECH, link survei pelanggan Telkomsel palsu yang ramai di-share di WhatsApp sangat mencurigakan. Tautan tersebut akan membawa kita ke situs web www.ekasky.cn, yang tidak ada hubungannya dengan Telkomsel.
Waspada Link Survei Telkomsel Palsu Berhadiah iPhone 12 Pro, Ini Faktanya (362421)
Link survey Telkomsel palsu yang beredar di WhatsApp. Foto: Dok. Istimewa
Dalam situs web tersebut, tampilan antarmuka memberikan logo Telkomsel di bagian atas kiri layar, di mana pemiliknya tampak meyakinkan pengunjung kalau situs itu memang survei resmi dari operator seluler itu.
Situs web penipuan itu mengklaim setiap Rabu mereka akan secara acak memilih 50 pengguna untuk memberi mereka hadiah iPhone 12 Pro. Mereka juga mengajukan empat pertanyaan yang terdiri dari gender pengguna, umur, penilaian, dan jenis smartphone yang dipakai.
Waspada Link Survei Telkomsel Palsu Berhadiah iPhone 12 Pro, Ini Faktanya (362422)
Logo jaringan internet 4G LTE Telkomsel. Foto: Dok. Telkomsel
Saat dikonfirmasi kumparanTECH, Telkomsel menegaskan survei tersebut tidak resmi dan bukan berasal dari mereka. Operator juga telah mengimbau kepada pelanggan, melalui akun media sosialnya yang resmi, untuk tidak mengakses dan membagikan link survei palsu tersebut.
ADVERTISEMENT
“Menanggapi beredarnya tautan Telkomsel Satsifaction Survey di berbagai aplikasi pesan instan, kami menegaskan bahwa Telkomsel bukan pihak yang melaksanakan survei tersebut,” kata Telkomsel lewat akun resmi Instagram mereka, Rabu (10/3).
“Kami mengimbau pelanggan untuk tidak mengakses dan tidak membagikan data/informasi apa pun ke sumber yang tidak dapat dipastikan legitimasinya tersebut. Kami juga mengimbau pelanggan untuk tidak menyebarluaskan tautan tersebut,” kata mereka.
Telkomsel menambahkan bahwa setiap penawaran, promo, dan survei yang diselenggarakan secara resmi bakal diumumkan lewat saluran resmi perusahaan.