kumparan
19 Jul 2018 13:59 WIB

10 Rute Penerbangan Tersingkat di Dunia, Ada yang Ditempuh 2 Menit

Pesawat dan burung di udara. (Foto: Shutterstock)
Berapa lama waktu yang kamu habiskan saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat? Mungkin kurang dari satu jam atau bahkan lebih dari itu?
ADVERTISEMENT
Ya, itu semua normal. 'Burung besi' memang diciptakan untuk menempuh perjalanan jauh, dengan durasi sesingkat mungkin.
Tapi, bagaimana jika perjalanan yang kamu tempuh hanya dalam kurun waktu kurang dari 20 menit? Kira-kira apakah ada maskapai yang menyediakannya? Percaya atau tidak, ada 10 maskapai yang menyediakan penerbangan dengan durasi sesingkat itu.
Dilansir Telegraph, inilah 10 rute perjalanan dengan waktu paling singkat:
10. Cayman Brac ke Little Cayman
Cayman Brac. (Foto: Flickr / George Dierna)
Bagi kamu yang ingin mengunjungi Little Cayman dari Cayman Brac, Cayman Islands, tak usah khawatir. Pasalnya Cayman Airways, maskapai dari Kepulauan Cayman akan mengantarmu dengan pesawat DHC-6 Twin Otter.
Penerbangan dari Cayman Brac ke Little Cayman akan menempuh perjalanan sejauh 22,5 km selama 10 menit perjalanan.
ADVERTISEMENT
9. Friedrichshafen ke St Gallen
Friedrichshafen. (Foto: Flickr / peter flückiger)
Penerbangan terpendek selanjutnya dari maskapai People's Viennaline. Pesawat akan menembus awan selama 20 menit untuk menempuh perjalanan sejauh 20,9 km dari Friedrichshafen, Jerman ke St. Gallen, Swiss.
8. Karpathos ke Kasos Island
Karpathos. (Foto: Flickr / Alessandra)
Olympic Air menyediakan penerbangan selama lima menit bagi penumpannya yang ingin terbang dari Karpathos ke Kasos Island, Yunani. Dengan jarak sejauh 19,3 km, para penumpang akan menggunakan pesawat tipe De Havilland atau Canada Dash.
7. Papeete (Fa'a'ā) ke Moorea
Papeete (Fa'a'ā). (Foto: Flickr / Pierre Lesage)
Selanjutnya ada Air Tahiti yang menyediakan perjalanan dari Papeete (Fa'a'ā) ke Moorea, Polinesia Prancis. Penumpang akan diangkut menggunakan ATR 72 selama 15 menit untuk perjalanan sejauh 17,7 km itu.
6. Saipan ke Tinian
Salah Satu Pulau di Saipan. (Foto: Flickr / an.yonghua)
Freedom Air (Guam) menjadi maskapai yang melayani penerbangan singkat dari Saipan ke Tinian, Mariana Utara. Penerbangan dengan pesawat tipe Piper PA-31 Navajo ini dilakukan selama kurang lebih 10 menit.
ADVERTISEMENT
5. Connemara ke Inishmaan
Connemara. (Foto: Flickr / MindClick)
Pelanggan yang ingin melakukan perjalanan dari Connemara ke Inishmaan, Irlandia bisa menumpang pesawat selama 6 menit perjalan. Aer Arann, maskapai asal Irlandia siap mengantarkan para penumpangnya untuk menempuh 16,7 km.
4. Hoolehua (Molokai) ke Kalaupapa
Hoolehua (Molokai). (Foto: Flickr / Lisa Sasser)
Pasific Wings menyediakan perjalanan menuju Hoolehua (Molokai) ke Kalaupapa, Hawaii menggunakan Cessna 208B. Dengan perjalanan sejauh 14,1 km, penumpang hanya perlu duduk tenang selama 10 menit.
3. Minami-Daito ke Kita-Daito
Minami-Daito. (Foto: Flickr / kohfu)
Kemudian ada Ryukyu Air Commuter, sebuah maskapai yang melayani penerbangan di Jepang dengan rute Minami - Daito ke Kita - Daito. Para penumpang akan diantar dengan pesawat Bombardier Dash 8, untuk menempuh jarak sejauh 11,2 km.
2. Caye Chapel ke Caye Caulker
Caye Chapel. (Foto: Flickr / Erik Terdal)
Posisi kedua ada Maya Island Air, cukup duduk menggunakan sabuk pengaman selama dua menit saja, penumpang akan tiba di Caye Cauker, Belize di Laut Karibia. Ya, para pelanggan nantinya akan menggunakan Cessna 208 Caravan untuk melakukan perjalanan sejauh 3,8 km.
ADVERTISEMENT
1. Westray ke Papa Westray
Westray. (Foto: Flickr / Ailsa Seatte)
Penerbangan paling singkat dipegang oleh maskapai Loganair yang membuka rute Westray ke Papa Westrya, Kepulauan Orkney di Skotlandia. Dengan jarak 2,7 km, penerbangan ini memakan waktu kurang dari 2 menit.
Tertarik untuk mencobanya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan