kumparan
9 Agustus 2019 19:57

3 Gadget Paling Populer Pilihan Traveler untuk Lengkapi Liburan

com-Ilustrasi liburan
com-Ilustrasi liburan Foto: Shutterstock
Sektor pariwisata turut berubah sejak kemunculan teknologi dan media sosial. Kini julukan tempat wisata yang Instagramable mulai jadi populer. Para traveler pun memburu tempat-tempat yang menarik untuk diabadikan dalam foto maupun video.
ADVERTISEMENT
Ternyata tak hanya kamera sebagai alat dokumentasi, teknologi lain juga memainkan peran penting di setiap tahap perjalanan seorang wisatawan. Mulai dari tahap perencanaan, pemesanan, proses check-in hingga tahap mereka mengulas kembali perjalanan liburannya, traveler tak lepas dari teknologi.
Dilansir dari situs YouGov, Rabu (7/8), riset terbaru tentang tren perjalanan menunjukkan bahwa orang-orang menggunakan beragam teknologi, bergantung pada jenis keperluan selama liburan.
Riset tersebut menunjukkan ada tiga jenis teknologi yang paling populer digunakan oleh para traveler saat liburan yaitu laptop, telepon pintar (smartphone) dan sabak digital (tablet).
Ilustrasi Perempuan Karier
Ilustrasi perempuan bekerja di depan laptop. Foto: Shutterstock
Untuk tahap perencanaan perjalanan, seperti meriset tempat liburan, memesan tiket penerbangan dan memesan akomodasi lainnya, setidaknya 7 dari 10 traveler atau sebesar 70 persen calon pelancong memilih menggunakan laptop atau komputer desktop untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
ADVERTISEMENT
Detailnya yaitu 71 persen menggunakan laptop untuk merencanakan dan meriset tempat liburan. Hanya 12 persen traveler yang menggunakan smartphone untuk kebutuhan ini. Sementara sisanya sebanyak 12 persen lebih memilih menggunakan tablet.
Sedangkan untuk memesan tiket perjalanan, sebanyak 70 persen traveler memilih menggunakan laptop, 14 persen memesan melalui smartphone dan hanya 9 persen yang menggunakan tablet. Selain itu sebanyak 74 persen traveler mengaku menggunakan laptop untuk memesan akomodasi lainnya. Hanya 15 persen yang menggunakan smartphone dan 11 persen traveler menggunakan tablet.
com-Ilustrasi smartphone dan laptop.
com-Ilustrasi smartphone dan laptop. Foto: Shutterstock
Namun, ketika liburan dimulai, laptop tidak lagi jadi pilihan utama. Kedudukan tersebut diambil alih oleh smartphone. Berdasarkan survei Yougov tersebut, 61 persen traveler lebih memilih menggunakan smartphone untuk sistem check in transportasi. Sementara 31 persen lainnya masih menggunakan laptop dan 8 persen sisanya mengandalkan tablet.
Ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi kamar hotel Foto: Shutter Stock
Tren yang sama juga terjadi saat proses check-in akomodasi seperti hotel. Sebanyak 60 persen traveler juga tercatat menggunakan smartphone untuk aktivitas tersebut. Sedangkan untuk kebutuhan lain seperti sewa mobil dan memesan aktivitas lain saat liburan, penggunaan smartphone tercatat mencapai 60 persen dan 53 persen.
ADVERTISEMENT
Survei ini juga secara langsung menunjukkan bahwa keberadaan tablet justru masih kalah dibanding laptop. Padahal jika dibandingkan dengan smartphone, tablet punya layar yang lebih besar dan juga lebih mudah dibawa ketimbang laptop.
Di sisi lain, survei ini juga menunjukkan bahwa perusahaan yang bergerak pada sektor pariwisata harus bisa menampilkan website atau menyediakan aplikasi yang ramah bagi pengguna smartphone. Hal ini tentunya akan memudahkan traveler selama liburan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan