kumparan
7 April 2018 16:59

3 Trik Mencari Penginapan Murah untuk Para Backpacker

Backpacker
Backpacker (Foto: Pixabay)
Ketika ingin melakukan perjalanan, baik traveling maupun backpacking, ada beberapa hal yang pasti jadi bahan pertimbangan, seperti destinasi wisata, transportasi, dan tentunya penginapan. Kamu harus perhatian dengan hal-hal ini, karena bisa menjadi faktor utama yang membuat travelingmu terasa lebih nyaman.
ADVERTISEMENT
Meski terkesan 'biasa' karena menjadi prinsip dasar traveling, tahukah kamu bahwa menentukan hal tersebut bukan perkara mudah? Contohnya saja penginapan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih penginapan.
Kali ini kumparanTRAVEL menghadirkan beberapa tips memilih penginapan ala Dendy Selmaeza bagi kamu para traveler.
1. Dekat dengan tempat yang dieksplorasi
com-Backpacker
com-Backpacker (Foto: Thinkstock)
Kamu tidak ingin keluar biaya lebih hanya karena salah memilih lokasi penginapan, bukan?
Apalagi bagi kamu yang melakukan perjalanan ala backpacker, Dendy Selmaeza menyarankan untuk memilih penginapan yang dekat dengan tempat yang ingin kamu eksplorasi.
Bukan hanya memudahkan kamu untuk mencapai tempat yang dituju, kamu pasti akan lebih puas untuk mengeksplorasi tempat tersebut. Karena tidak terlalu direpotkan masalah jarak dan bisa bergaul dengan masyarakat setempat.
ADVERTISEMENT
2. Nyaman
Uz Hostel Taiwan
Uz Hostel Taiwan. (Foto: Instagram/@staff.uzhostel)
Travel blogger yang sering melakukan perjalanan ala backpacker ini mengungkpkan, bahwa meski tidak banyak menghabiskan waktu di penginapan, faktor kenyamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih penginapan.
"Soalnya kalau enggak nyaman nanti pasti bikin moodnya juga berantakan. Besoknya malah jadi enggak bisa eksplorasi gitu, karena tidurnya enggak nyaman," tuturnya.
3. Mencari yang murah
Tips hostel
Hostel. (Foto: Thinkstock)
Meski mengutamakan kenyamanan dan akses menuju tempat wisata, sebisa mungkin lakukan perbandingan harga dari satu penginapan dengan penginapan lainnya, agar mendapat harga yang lebih murah. Apalagi bagi para backpacker yang dikenal 'ketat' dalam hal bujet.
Menggunakan penginapan lokal milik warga setempat juga bisa jadi alternatif. Dendy menuturkan bahwa ia biasanya sering menggunakan aplikasi digital yang dapat memberikan info penginapan yang nyaman dengan harga murah.
ADVERTISEMENT
"Gue sering pakai satu aplikasi yang kerjasama dengan akomodasi lokal. Harganya murah, nyaman, dan letaknya bisa ada yang dekat sama tempat tujuan gue juga," ujar Dendy.
Meski begitu, ia juga tidak merasa keberatan untuk menginap di rumah penduduk setempat. "Kalau backpacker seringnya ditawarin di rumah orang lokal, di beberapa daerah terpencil gue sering nginap di tempat orang," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan