kumparan
13 Juni 2019 18:55

4 Destinasi Ramah Muslim yang Bisa Kamu Kunjungi di Australia

Dua Ikon Kota Sydney Foto: Dok. Ilham Bintang
Saat memutuskan untuk berlibur ke negara dengan mayoritas non-Muslim, tentunya kamu akan mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari tersedianya fasilitas yang ramah Muslim, seperti restoran dan toko berlabel halal, hingga tempat ibadah
ADVERTISEMENT
Tak heran, jika beberapa tahun terakhir sejumlah negara, seperti Thailand, Hong Kong, hingga Korea Selatan menyiapkan destinasi wisata yang ramah Muslim. Kini, mengikuti negara non-Muslim lainnya, Australia juga sudah mulai mengembangkan wisata ramah Muslim bagi wisatawan.
Beragam fasilitas ramah Muslim mulai disediakan Australia di beberapa kota yang ada di sana, mulai dari Perth hingga New South Wales. Lalu, fasilitas ramah Muslim apa saja yang tersedia di Australia?
Berikut kumparan rangkum empat destinasi wisata ramah Muslim yang menarik dikunjungi di Australia, seperti dilansir dari Antara:
1. Perth
Langit Biru Tanpa Batas di Perth Foto: Rossi Finza/kumparan
Perth sudah pasti menjadi destinasi yang wajib masuk list liburanmu saat plesiran ke Australia. Pasalnya, ibu kota negara bagian Australia Barat ini menyimpan segudang destinasi wisata menarik bagi wisatawan.
ADVERTISEMENT
Elizabeth Quay adalah tempat pertama yang bisa kamu kunjungi. Beragam aktivitas menarik ditawarkan di tempat ini, misalnya menikmati keindahan air mancur, membunyikan bel di Bell Tower, hingga berjalan menyusuri Swan River yang indah.
Tak hanya itu, buatmu yang gemar wisata sejarah, kamu juga bisa mempelajari kehidupan suku Aborigin dengan mengambil tur yang tersedia, serta melihat bagaimana masyarakat Nyungar membangun pemukiman dan peradaban di sekitar sungai.
Fremantle. Foto: Muhammad Iqbal/kumparan
Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjugi Kota Fremantle, bagi yang gemar dengan barang-barang antik. Di sini ada Penjara Fremantle yang menjadi pusat hukuman dan penyiksaan para kriminal abad ke-19.
Tak jauh dari sana, juga ada area Fishing Boat yang menawarkan pilihan seafood yang beragam. Selain seafood, Perth juga memberikan pilihan restoran halal bagi traveler Muslim, seperti restoran Chee Tayeb yang menyajikan masakan khas Lebanon dan Tamarind Cafe yang menyajikan masakan Indonesia-Jawa.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, saat keluar dari Perth, kamu dapat menikmati keindahan alam Australia Barat. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan road trip dan mengambil jalur Indian Ocean Drive.
Destinasi lain yang bisa jadi pilihan, antara lain Pinnacles di Taman Nasional Nambung, Monkey Mia, dan kota Pantai Geraldton yang memberikan akses menuju Hutt Lagoon bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan Pink Lake dari ketinggian.
2. Victoria
Melbourne di Victoria, Australia. Foto: Anggi Kusumadewi/kumparan
Selain Perth, Melbourne juga menjadi magnet bagi wisatawan dari seluruh dunia. Kota ini dipenuhi dengan arsitektur kolonial, seni kontemporer, hingga beragam budaya.
Islamic Museum Australia menjadi salah satu tempat yang menarik dikunjungi, di mana kamu bisa mengenal lebih dekat budaya Islam dan warga Muslim di Australia, serta dunia. Area di sekitar museum juga dikelilingi banyak restoran halal yang bisa kamu coba.
ADVERTISEMENT
Tidak terlalu sulit untuk menemukan restoran halal di Melbourne. Kamu bisa mencoba Restoran Gazi yang menyediakan hidangan Yunani atau mampir di Tiba's yang menyuguhkan masakan khas Lebanon.
Jessica berpose di depan mural nan Instagramable di Melbourne, Australia. Foto: Instagram @jscmila
Kamu juga bisa menikmati keindahan pusat kota Melbourne yang dihiasi gang-gang kecil dengan cobble stone dan menjadi pusat coffe shop, kafe, serta butik-butik unik. Mulailah dari Flinders Street Station hingga Degraves Street, karena di sana kamu bisa menyusuri beragam karya seni di setiap sudut jalan --termasuk karya dari seniman Inggris Banksy.
3. Queensland
Brisbane, Australia. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Sebagai kota meropolitan, Brisbane menawarkan pengalaman gaya hidup urban yang menarik. Tak hanya itu, Brisbane juga menawarkan beragam kebudayaan.
Kamu bisa memulai perjalanan dari Brisbane City Hall dengan arsitektur khas 80-an. Buat yang ingin tahu lebih dalam mengenai budaya dan sejarah Brisbane, kamu tinggal datang saja ke Museum of Brisbane.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, mengunjungi Clock Tower adalah hal yang menarik untuk dilakukan, karena kamu bisa menikmati pemandangan kota Brisbane dari atas ketinggian. Indah!
Kamu juga bisa beristirahat sambil menikmati taman hijau dengan mengunjungi South Bank Parklands. Selepas itu, datanglah ke Streets Beach, pantai buatan yang ada di tengah kota. Di sini kamu bisa mengabadikan foto dengan latar tulisan 'Brisbane' yang Instagramable.
Brisbane, Australia. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Buat kamu yang gemar wisata belanja, kawasan Queen St. Mall wajib disambangi. Kamu bisa berbelanja, mulai dari dari Brisbane Arcade yang ikonik hingga Tattersall’s Arcade, lalu menelusuri Adelaide Street untuk melihat butik-butik kecil nan cantik.
Tak perlu risau soal makanan, karena Brisbane menawarkan banyak restoran halal, seperti Black Hide Steakhouse yang menyajikan steak halal. Kamu juga bisa menjajal sajian kuliner Timur Tengah di Mecca Bah atau makanan Turki di Mado Restaurants.
ADVERTISEMENT
4. New South Wales
Sydney Opera House merupakan salah satu ikon Kota Sydney di Negara Bagian New South Wales, Australia, yang sudah dikenal dunia. Foto: Wendiyanto/kumparan
Terakhir, New South Wales merupakan pilihan yang tepat. Di sini terdapat banyak sekali pantai-pantai cantik nan indah. Dari Sydney, kamu bisa menyusuri pantai sepanjang 6 km, mulai dari Bondi Beach, Tamarama Beach, Bronte, Clovelly, dan berakhir di Cogee Beach.
Di sepanjang jalan, kamu bisa menyempatkan waktu untuk berenang dan merasakan angin segar yang berhembus dari laut. Jika lapar, restoran seafood juga tersedia di sepanjang pantai yang kamu lewati.
Ada banyak pilihan restoran halal di Sydney. Bagi yang ingin mendapatkan pengalaman makan di restoran kelas dunia, kamu bisa mencoba Efendy yang menyajikan masakan khas Turki, serta Zaafran yang menyajikan masakan khas India dengan kualitas internasional.
ADVERTISEMENT
Tak cuma ke pantai, kamu juga bisa berkunjung ke Taronga Zoo yang punya lebih dari 4.000 hewan asli Australia, termasuk kanguru dan koala. Kebun Binatang ini juga menawarkan beberapa kegiatan dan petualangan untuk anak-anak, seperti seluncur tali dan panjat tali.
Siap berpetualang di Australia?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan