Air Terjun Tegenungan- Bali

5 Air Terjun Menawan di Bali, Cocok untuk Pemburu Tempat Instagramable

18 Oktober 2021 18:00
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Air Terjun Aling-aling, Bali. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Aling-aling, Bali. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Instagramable kini menjadi satu kata yang banyak diburu orang-orang, terutama mereka yang hobi bermain media sosial. Mulai dari restoran, tempat wisata, hingga hotel yang instagramable kini mulai banyak tersebar #DiIndonesiaAja.
ADVERTISEMENT
Maka tak heran, orang-orang rela bepergian jauh hanya untuk mengunjungi tempat yang dinilai instagramable dan menyuguhkan pemandangan indah. Salah satu destinasi yang banyak menyuguhkan spot instagramable adalah Bali.
Di Bali, wisatawan bisa menemukan banyak spot instagramable, mulai dari pantai, ayunan, persawahan, hingga air terjun. Bahkan, air terjun yang banyak tersebar di penjuru Pulau Dewata juga menjadi tujuan favorit wisatawan yang gemar wisata air dan olahraga.
Tak hanya itu, deretan air terjun instagramable ini juga menjadi deretan daya tarik wisata yang diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke Bali. Hal ini juga yang menjadi harapan Menparekraf Sandiaga Uno, yang tengah menyiapkan pemulihan pariwisata di Bali.
“Kami terus menyiapkan pemulihan pariwisata di Bali. Kami melihat dari penanganan COVID-19 sudah jauh lebih baik dan vaksinasi ini kami apresiasi, bahwa Bali sebagai provinsi yang mendapatkan persentase vaksinasi tertinggi dari targeted group," ujar Sandiaga, seperti dikutip dari siaran pers, "Menparekraf Bahas Tiga Upaya Reaktivasi Sektor Parekraf di Bali".
ADVERTISEMENT
Untuk itu, bagi kamu yang penasaran di mana saja air terjun yang menarik dikunjungi di Bali, ini lima di antaranya. Namun, sebelum itu, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel jika kamu ingin mendapatkan banyak informasi update lainnya seputar destinasi wisata dan produk kreatif lokal menarik #DiIndonesiaAja!
1. Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan, Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Tegenungan, Bali. Foto: Shutterstock
Air Terjun Tegenungan berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Lokasinya pun tak jauh dari Ubud, hanya sekitar 30 menit menggunakan mobil atau motor.
Memiliki tinggi 15 meter, banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun ini, seperti berenang dan merasakan sejuknya air yang mengalir deras. Menariknya, di dekat air terjun terdapat ayunan yang bisa dicoba dan menjadi spot instagramable bagi para pemburu foto ciamik.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik mengunjungi air terjun ini, wisatawan harus menyiapkan uang sebesar Rp 20 ribu untuk tiket masuk. Air Terjun Tegenungan dibuka setiap hari mulai pukul 06.30-18.30 WITA.
2. Air Terjun Kanto Lampo
Air Terjun Kanto Lampo, Bali.  Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Kanto Lampo, Bali. Foto: Shutterstock
Tidak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Kanto Lampo ini berada di dataran rendah di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Bali. Air terjun ini terbentuk karena luapan air di dalam tanah yang tersumbat.
Dengan desain batu berundak, Air Terjun Kanto Lampo terlihat begitu menawan untuk berfoto atau sekadar duduk santai untuk menikmatinya. Lokasi air terjun ini juga dianggap suci oleh masyarakat adat setempat, karena menjadi tempat untuk upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya.
Air terjun ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-17.30 WITA. Harga tiket masuknya dibanderol sebesar Rp 20 ribu per orang.
ADVERTISEMENT
3. Air Terjun Tukad Cepung
 Pesona keindahan Air Terjun Tukad Cepung di Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Pesona keindahan Air Terjun Tukad Cepung di Bali. Foto: Shutterstock
Air Terjun Tukad Cepung ini terbilang sangat unik, karena airnya mengalir dari lubang gua yang berada di atas, sehingga berbeda dari air terjun pada umumnya.
Untuk kamu yang penasaran dengan air terjun ini siapkan tenaga ekstra, ya! Sebab, kamu harus berjuang untuk masuk ke dalam gua untuk bisa menikmati Air Terjun Tukad Cepung.
Meskipun demikian, semua usaha kamu akan terbayar setelah melihat betapa indah dan instagramable-nya air terjun ini. Ditambah dengan pancaran cahaya matahari yang ikut masuk dari celah atas gua.
Air Terjun Tukad Cepung berada di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WITA, tiket masuk ke air terjun ini dibanderol Rp 15 ribu per orang.
ADVERTISEMENT
4. Air Terjun Nungnung
Air Terjun Nungnung, Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Nungnung, Bali. Foto: Shutterstock
Air Terjun Nungnung berada di Desa Pelaga Petang, Kabupaten Badung, Bali. Air terjun yang berjarak sekitar 50 km dari Denpasar ini bisa kamu datangi dengan mobil atau motor yang memakan waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam.
Dikenal sebagai air terjun tertinggi di Bali, Air Terjun Nungnung memiliki ketinggian mencapai 50 meter. Lokasinya juga berada di ketinggian 900 meter, sehingga kamu harus menyiapkan tenaga untuk trekking agar bisa mencapai tempat ini.
Namun, usaha kamu untuk mencapai air terjun ini akan terbayar dengan pemandangan deburan air yang membuatnya semakin indah dan sejuk. Terlebih jika kamu berkunjung ke sini pada pagi hari, kamu akan melihat air terjun yang disinari matahari pada celah-celahnya dan akan membuatnya semakin instagramable sebagai latar foto.
ADVERTISEMENT
Air terjun Nungnung dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WITA. Untuk tiket masuknya sangat murah, kamu cukup membayar Rp 10 ribu per orangnya.
5. Air Terjun Aling-Aling
Air Terjun Aling Aling, Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Aling Aling, Bali. Foto: Shutterstock
Bertempat di Jl. Raya Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Air Terjun Aling-Aling mampu menghipnotis para pengunjungnya. Dengan memiliki tinggi 35 meter dan kedalaman kurang lebih 4 meter, membuat kalian terpesona akan keindahannya. Selain itu, dengan ketinggian dan kedalaman tersebut maka tak heran, jika air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras.
Menariknya, aliran air di Air Terjun Aling-Aling terbelah menjadi dua. Air terjun sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar, dibanding aliran air di sebelah kiri.
Di sana, kamu juga akan menemukan keindahan air terjun yang dibalut panorama alam yang masih asri dan terjaga baik. Sehingga akan membuatmu betah untuk berlama-lama menikmati air terjun ini.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik mengunjungi air terjun ini, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 125 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan fasilitas guide yang akan memandumu selama berada di air terjun. Air Terjun Aling-Aling dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00-17.00 WITA.
Eits, ingat, ya! Untuk beragam harga yang ada di atas, tentu dapat berubah sewaktu-waktu. Lalu, air terjun mana yang masuk ke dalam bucket list liburan kamu ke Bali? Kini, saatnya kembali ke Bali dan nikmati liburanmu yang tak terlupakan, karena #ItsTimeForBali.
Namun, sebelum itu jangan lupa untuk segera mengikuti vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi jika kamu ingin berlibur, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib dalam bepergian yang juga terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.
ADVERTISEMENT
Di Pulau Dewata sendiri, berdasarkan perolehan data hingga 11 Oktober 2021 menurut Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, capaian vaksinasi tahap pertama berjumlah 3.366.951 orang atau 98,88 persen. Kemudian, vaksin kedua berjumlah 2.816.443 orang atau 82,71 persen, dan vaksin ketiga berjumlah 34.777 atau 94,39 persen.
Tak hanya itu saja, sangat penting untuk selalu mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
Prokes ini juga yang harus kamu perhatikan ketika nantinya ingin berlibur ke Bali. Apalagi, hampir seluruh sektor pariwisata di Bali kini sudah tersertifikasi CHSE, baik itu hotel bintang 2 hingga 5, tempat wisata, hingga restoran atau tempat makan.
ADVERTISEMENT
Selama #DiRumahAja, isi waktu luangmu dengan beragam keseruan, ya! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Akan ada beragam hadiah menarik untuk para pemenangnya, lho!
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten