kumparan
21 Maret 2019 16:34

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan di Gili Meno

Pantai di Gili Meno
Pantai di Gili Meno Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Buat kamu yang ingin menghabiskan liburan di Lombok, Gili Meno bisa jadi alternatif pilihan. Hamparan pasir pantainya yang putih bersih serta lembut, belum lagi deretan resor mewah yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan .
ADVERTISEMENT
Suasananya yang tenang dan juga panorama alamnya yang asri, tentunya membuatmu betah untuk berlama-lama di Gili Meno. Belum lagi ada beragam aktivitas menarik yang ditawarkan di tempat ini, misalnya saja kamu bisa berkeliling menyusuri indahnya panorama di Gili Meno ataupun menjajal water sport yang ada di sana. Dan rasanya kurang puas jika hanya sehari saja datang ke Gili Meno.
Berbicara mengenai aktivitas menarik yang ada di Gili Meno, berikut kumparan rangkum 5 cara asyik untuk menikmati indahnya Gili Meno
1. Menikmati Pantai
Karma Reef
Suasana di Pantai Karma Reef Gili Meno Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menikmati keindahan Gili Meno sudah pasti adalah mengunjungi pantai-pantai yang ada di sana. Pantainya yang cenderung landai dengan hamparan pasir putihnya yang lembut, tentunya menarik untuk kamu jelajahi dengan kaki telanjang.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya bersih, air di sekitar pantainya pun sangat jernih, bahkan saking jernihnya, kamu bisa melihat beragam ikan warna-warni dengan mata telanjang. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan khususnya di Gili Meno.
Bagi para turis asing, berjemur di sekitar pantai adalah hal yang paling sering mereka lakukan untuk menikmati hangatnya matahari. Tapi, bagi kamu yang tak ingin terkena sengatan matahari, tak perlu khawatir, kamu bisa menikmati suasana pantai sambil berteduh di bawah pepohonan.
Berjalan kaki di sekitar pantai, bermain voli pantai ataupun bermain pasir di sana adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu coba.
2. Mengeksplorasi sambil mengunjungi Danau Asin
Cidomo di Gili Meno
Cidomo di Gili Meno Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Selain menikmati indahnya pantai, kamu juga bisa berjalan-jalan mengelilingi Gili Meno. Ukuran pulau Gili Meno yang tidak terlalu besar dapat kamu jelajahi hanya dalam waktu sekitar 90 menit saja jika berjalan kaki.
ADVERTISEMENT
Ada banyak cara untuk mengelilingi pulau selain berjalan kaki, kamu bisa menaiki cidomo atau sejenis delman yang ada di sana dengan membayar Rp. 150 ribu ataupun menggunakan sepeda yang dapat kamu sewa di tempat penyewaan sepeda.
Setelah puas berkeliling pulau, tak ada salahnya bagi kamu untuk menyusuri bagian tengah pulau sambil mengunjungi sebuah danau air asin yang ada di sana. Gili Meno adalah satu-satunya pulau dari ketiga Gili yang memiliki danau asin di bagian tengahnya.
Danau di Gili Meno
Danau di Gili Meno Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Danau yang dipenuhi dengan hutan mangrove ini menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset di Gili Meno. Hal tersebut dikarenakan pantulan sinar senja yang membias di danau, semakin menambah keindahan dari danau di tempat ini.
ADVERTISEMENT
Namun, untuk saat ini kamu belum bisa menyusuri danau tersebut, karena jembatan yang terbuat dari kayu mengalami kerusakan ketika gempa Lombok yang terjadi pada 2018 lalu.
Tak hanya menikmati keindahan danau di sore hari, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang danau cantik dengan pantulan matahari di sore hari yang memukau. Selain mengunjungi danau tersebut, tak lengkap rasanya kalau tidak berjalan-jalan memutari pulau di Gili Meno.
3. Mencoba berbagai macam olahraga air
Turtle City
Wisatawan yang diving di sekitar Turtle City Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Ada banyak kegiatan olahraga air yang dapat kamu coba di sana seperti bermain paddle board, berkayak, ataupun berkano dapat jadi alternatif untuk menikmati keindahan alam di Gili Meno.
Tak cukup hanya menikmati keindahan Gili Meno dari permukaan, keindahan bawah laut Gili Meno tentunya sayang untuk dilewatkan, lho. Soalnya, pemandangan bawah laut di sekitar pulau juga sangat mempesona.
ADVERTISEMENT
Di sana juga terdapat beberapa spot diving di Gili Meno yang menarik untuk dieksplorasi di antaranya Turtle Heaven, Meno Wall, Meno Slope, Bounty Wreck, Soraya Reef. Masing-masing spot diving tersebut tentunya memberikan pengalaman yang menakjubkan.
Misalnya saja di Turtle Heaven yang menjadi spot favorit untuk menyelam di Gili Meno. Di tempat ini kamu dapat berenang bersama kura-kura yang ada di sekitar perairan Gili Meno, tak hanya itu kamu akan disambut dengan indahnya terumbu karang warna-warni yang indah dihiasi aneka binatang laut mulai dari penyu hingga hiu karang.
Kegiatan diving juga semakin sempurna karena arus laut yang tidak terlalu kuat. Bagi kamu yang tetap ingin menikmati keindahan bawah laut tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, snorkeling bisa jadi pilihan.
ADVERTISEMENT
4. Island hopping
Karma Reef
Kamar tipe bungalow di Karma Reef Gili Meno Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Cara berikutnya untuk menikmati keindahan Gili Meno adalah Island Hoping. Kamu bisa menginap di resort yang ada di sana dan melakukan berbagai aktivitas menarik di Gili Meno selama seharian penuh.
Hopping island pun jadi agenda seru yang dapat menjadi pilihan bagi kamu yang berlibur, namun tidak memiliki cukup banyak waktu untuk liburan. Kamu dapat memilih paket-paket wisata Island Hoping yang ada di Gili Meno.
Dengan begitu kamu dapat mencoba beberapa kegiatan menarik di Gili Meno dalam waktu sehari saja.
5. Berburu sunset dan sunrise
Karma Reef
Sunrise di sekitar Pantai Karma Beach Gili Meno Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Hal terakhir yang dapat kamu lakukan di Gili Meno adalah berburu sunrise atau sunset. Karena Gili Meno ini dikenal dengan pemandangan matahari terbit atau terbenamnya yang indah.
ADVERTISEMENT
Jika kebetulan kamu menginap di Gili Meno, sebaiknya kamu tidak melewatkan kesempatan ini begitu saja untuk menyaksikan sunrise dan sunset yang cantik.
Saat pagi hari kamu dapat menuju ke pantai di sisi timur tepatnya di Jetty Bar untuk menyambut mentari dengan segala kehangatannya yang perlahan-lahan mulai muncul dari ufuk timur. Selain melihat sunrise, kamu juga dapat melihat betapa gagahnya Gunung Rinjani dan deretan pegunungan lainnya.
Senja di Gili Meno
Wisatawan yang sedang menikmati senja di Gili Meno Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Ketika sore hari tiba, kamu tinggal berjalan ke pantai yang ada di sisi barat pulau ini dan jangan lupa tuk menikmati saat-saat sang matahari secara perlahan tenggelam di tengah lautan luas, memancarkan berkas sinar jingga yang mewarnai alam semesta dengan indahnya.
Bagaimana, sudah siapkah kamu untuk menikmati keindahan Gili Meno?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan