kumparan
28 September 2019 14:46

5 Aplikasi Penting Buat Cobain Serunya Mobilemoon

Ilustrasi menggunakan aplikasi maps saat traveling. Foto: Getty Images
Solo traveling sambil mengandalkan smartphone atau Mobilemoon kini mulai banyak dilakukan oleh para traveler. Selain lebih praktis, dengan smartphone terkadang orang sudah menemukan apa yang ia inginkan.
ADVERTISEMENT
Nah, karena hanya mengandalkan smartphone, otomatis traveler membutuhkan beberapa aplikasi pendukung yang dapat memudahkan perjalanan. Biasanya, mereka mencari aplikasi yang dapat mencakup seluruh kegiatan selama solo traveling.
Infografik Aplikasi Tangkal Galau Kala Mobilemoon Foto: Indra Fauzi/kumparan
Buat kamu yang berencana untuk solo traveling dan hanya menggandalkan smartphone, enggak perlu khawatir. kumparan telah merangkum lima aplikasi yang bisa membantu kamu saat Mobilemoon.
Apa saja? Yuk, simak.
1. Peta dan Navigasi
Ilustrasi sign tujuan traveling Foto: Shutter Stock
Saat traveling, petunjuk atau navigasi menjadi perhatian utama. Apalagi bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke negara atau kota yang sama sekali belum pernah didatangi.
Tanpa adanya peta, kamu bisa saja tersesat. Alih-alih ingin menikmati liburan, kamu justru terdampar di antah berantah.
Untuk itu, kamu harus memiliki aplikasi peta ketika traveling. Kamu bisa menggunakan Google Maps yang kini menjadi aplikasi wajib bagi setiap traveler.
ADVERTISEMENT
Tak hanya Google Maps, kamu juga bisa mengunduh aplikasi petunjuk arah Maps.Me yang bisa digunakan secara offline. Bagi umat Islam, kamu bisa mengunduh kompas digital untuk petunjuk arah Ka’bah saat ingin salat.
2. Aplikasi Penerjemah
Ilustrasi Google Translate Foto: Shutter Stock
Selain peta, aplikasi penerjemah menjadi penolong traveler kala liburan, terutama ke luar negeri. Karena dengan menggunakan aplikasi penerjemah, kamu bisa mengetahui bahasa yang tidak dipahami ketika berada di suatu tempat. Selain itu, kamu juga mudah untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal di sekitarnya.
Aplikasi penerjemah juga bisa menolong kamu saat tidak mengetahu tulisan yang ada di suatu negara. Ya, tak semua negara memiliki bahasa latin, ada pula negara dengan bahasan dan tulisan yang cukup menyulitkan wisatawan saat membacanya, Jepang, China, Korea, hingga Timur Tengah.
ADVERTISEMENT
3. Online Travel Agent
com-Aplikasi tiket.com Foto: Dok. tiket.com
Selain kedua aplikasi yang telah disebutkan di atas, Online Travel Agent (OTA) menjadi aplikasi yang juga sering digunakan traveler. Sebab, pembelian tiket pesawat, hotel, dan sebagainya biasa dilakukan di aplikasi tersebut.
Di OTA, kamu bisa membandingkan tiket pesawat dan hotel, sehingga bisa mencari alternatif harga yang paling murah. Selain itu, kamu juga bisa melihat beragam review dari traveler lain di OTA, untuk referensi menentukan penginapan terdekat dengan destinasi yang ingin kamu kunjungi.
4. Aplikasi Pembayaran
Ilustrasi promo cashback dari aplikasi pembayaran online Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Setelah menyusun itinerary, biasanya kamu akan menentukan bujet atau dana yang dibutuhkan ketika traveling. Dengan begitu, kamu bisa merealisasikan rencana perjalanan yang telah dibuat.
Nah, buat yang hendak mencoba Mobilemoon, dana tersebut sebaiknya kamu simpan di dalam aplikasi pembayaran yang tentunya akan memudahkanmu. Misalnya seperti GoPay dan OVO saat kamu traveling di dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Jika traveling ke luar negeri, kamu bisa menggunakan kartu atm yang sudah terintegrasi dengan bank-bank di sana. Atau aplikasi kartu kredit yang saat ini sudah bisa dinikmati dalam smartphone.
5. Penyimpanan Data Berbasis Cloud
Ilustrasi Google Drive Foto: Shutter Stock
Terakhir, kamu harus memiliki aplikasi penyimpanan data berbasis internet atau cloud. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi, misalnya kehilangan tiket pesawat, booking kode hotel, dan data-data penting lainnya.
Meskipun masih banyak traveler yang membawa tiket atau booking-an hotel dalam bentuk kertas, tapi tak ada salahnya kamu backup data untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain lebih praktis, hal ini juga bisa membuat kamu berkontribusi terhadap lingkungan agar tidak buang-buang kertas lagi.
Kalau kamu, aplikasi apa saja yang digunakan saat menjajal Mobilemoon?
ADVERTISEMENT
Simak selengkapnya dalam topik Goodbye Travelmate.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan