Ilustrasi kain pantai Bali

5 Barang Khas Bali yang Bisa Kamu Beli dari Rumah

14 Juli 2021 19:01
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tas anyaman dari bambu, salah satu oleh-oleh yang dijual di pasar Ubud, Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Tas anyaman dari bambu, salah satu oleh-oleh yang dijual di pasar Ubud, Bali. Foto: Shutterstock
Diberlakukannya PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021, mengharuskan kita membatasi aktivitas. Tapi enggak perlu berkecil hati, meski belum bisa liburan #DiIndonesiaAja, kamu bisa menghilangkan kerinduanmu untuk traveling dengan membeli oleh-oleh khas daerah wisata, salah satunya Bali.
Ada banyak oleh-oleh khas Pulau Dewata yang bisa kamu beli dari rumah, lho. Mulai dari tas rotan, kain pantai, kebaya Bali, baju barong, hingga kerajinan tangan lainnya, semua bisa jadi pilihan.
Dengan membeli produk lokal, kamu juga turut mendukung program #BeliKreatifLokal yang dicanangkan pemerintah untuk membantu para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di tengah pandemi.
"Pertama, produk-produk lokal itu sudah keren, bagus, kualitasnya kelas dunia, harganya lebih terjangkau, juga ini bisa membantu para UMKM kita yang terdampak pandemi," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno beberapa waktu lalu.
Berikut kumparan rangkum lima barang autentik khas Bali yang bisa kamu beli dari rumah aja.

1. Tas Rotan

Kerajinan tangan dari bambu yang dijual di pasar Ubud, Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Kerajinan tangan dari bambu yang dijual di pasar Ubud, Bali. Foto: Shutterstock
Buat kamu yang ingin tampil OOTD (Outfit Of The Day), tas rotan Bali adalah benda yang wajib kamu miliki. Sempat booming beberapa waktu lalu, tas rotan menjadi salah satu ikon kekinian yang sangat digemari khususnya kaum hawa. Tak heran jika tas satu ini begitu disukai wisatawan.
Desainnya yang simple dengan paduan warna yang cerah membuat tas ini tetap terlihat cantik. Selain itu, tas rotan juga ramah lingkungan karena dibuat dengan anyaman tanaman Ata (tumbuhan melilit jenis pakis di Bali yang dulu lazim digunakan sebagai tali).
Tas rotan dapat kamu jumpai di Pasar Ubud, Sukawati ataupun di banyak pasar tradisional lainnya. Namun, karena kamu belum bisa ke Bali sementara waktu, kamu bisa membelinya lewat toko online, platform e-commerce, media sosial para pelaku UMKM atau pengrajin tas rotan.
Tas rotan merupakan oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli untuk ibu, saudara perempuan, teman, ataupun pasangan.

2. Kain Pantai

Ilustrasi kain pantai Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kain pantai Bali. Foto: Shutterstock
Berkunjung ke Bali rasanya kurang lengkap kalau enggak main-main ke pantainya. Seperti yang kamu tahu, ada banyak pantai yang menarik dikunjungi saat liburan di Pulau Dewata.
Sebelum kembali berwisata #DiIndonesiaAja, kamu juga bisa, lho, membeli kain pantai khas Bali untuk mengobati kerinduanmu akan Pulau Dewata. Selain bahannya yang halus dan adem, kain Bali biasanya memiliki motif abstrak ataupun motif bunga dengan beragam warna.
Tak heran jika, kain pantai Bali menjadi salah satu benda autentik atau oleh-oleh yang kerap diburu wisatawan usai liburan.
Sebelum pandemi, kain ini banyak ditemukan di pinggir-pinggir pantai yang ada di Bali. Tapi, sekarang kamu juga bisa kok membelinya secara online.

3. Kebaya Bali

Ilustrasi ibu dan kedua anak dalam kegembiraan hari raya Galungan Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu dan kedua anak dalam kegembiraan hari raya Galungan Foto: Shutterstock
Masyarakat Bali kerap mengenakan kebaya tradisional dalam berbagai kesempatan. Bahkan, kebaya menjadi pakaian adat yang wajib digunakan saat melakukan sembahyang di pura.
Nah, kebaya khas Bali adalah benda yang bisa kamu beli dari rumah aja. Kain pada kebaya adat dari Bali biasanya disertai dengan motif-motif khusus. Jenis motif yang kerap digunakan adalah motif berupa bunga teratai atau motif berbentuk bulat dan lainnya.
Selain itu, kain kebaya Bali juga cocok buat kamu yang gemar pakaian dengan warna-warna yang cerah. Sebab, kebaya Bali biasanya memiliki warna-warna yang menyegarkan mata.

4. Baju Barong

Ilustrasi Baju Barong Bali. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Baju Barong Bali. Foto: Shutter Stock
Barong atau disebut juga Barongan merupakan salah satu makhluk mitologi Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat Jawa dan Bali. Saat berkunjung ke Bali, tari Barong adalah salah satu pertunjukkan yang dinanti-nanti wisatawan.
Nah, untuk mengobati kerinduan, kamu bisa membeli atau mengoleksi baju Barong yang menjadi benda autentik khas Bali. Baju ini biasanya dapat kamu temukan dengan mudah di pasar swalayan atau toko oleh-oleh yang ada di Bali.
Namun, karena tak bisa berkunjung ke Pulau Dewata untuk sementara waktu kamu bisa membelinya dari rumah secara online.

5. Kerajinan Pahatan Kayu

Ukiran kayu yang dijual di Pasar Ubud, Bali. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ukiran kayu yang dijual di Pasar Ubud, Bali. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Kerajinan pahatan kayu menjadi benda autentik khas Bali lainnya yang bisa kamu beli dari rumah. Kabupaten Gianyar adalah salah satu daerah yang terkenal dengan karya seni ukiran kayu.
Kamu bisa menemukan berbagai ukiran kayu dengan berbagai bentuk seperti kuda, burung, dan lain sebagainya.
Menariknya lagi, kerajinan satu ini juga menyimpan nilai filosofi masing-masing. Sebab, setiap seniman pematung memiliki kekhasan tersendiri yang membuat pengerjaan pahatan atau patung dari tiap seniman amat bervariasi.
Bagi kamu yang gemar mengoleksi karya seni yang khas, kerajinan pahatan kayu adalah benda autentik khas Bali yang wajib kamu miliki. Nah, itu tadi deretan barang autentik khas Bali yang bisa kamu beli dari rumah aja.
Meski berbelanja di rumah aja, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan, ya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol 6M, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
Selain itu, jangan lupa juga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar.
Tak hanya itu, buat kamu yang sudah rindu untuk traveling, kamu bisa mengikuti akun instagram @pesonaid_travel sebagai referensi merencanakan liburan.
Kemudian, agar tak bosan di rumah aja, kamu juga bisa mengikuti kompetisi video TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja, yang kini sedang berlangsung sampai 27 Agustus 2021.
Caranya gampang, kamu cukup meng-upload video sekreatif mungkin berdurasi maksimal 15 detik. Kreasikan video seseru mungkin dengan menggunakan efek #DiIndonesiaAja dari akun TikTok @indonesia.travel, serta backsound jingle 'Aku Cinta Indonesia'.
Jangan lupa juga sertakan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention @indonesia.travel untuk memenangkan hadiah total jutaan rupiah dan merchandise keren dari Wonderful Indonesia.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Banyak beraktivitas di rumah aja, bukan berarti kamu harus mati gaya. Simak beragam inspirasi dan hiburan #DiIndonesiaAja dalam collection ini. Kamu juga bisa dukung ekonomi kreatif Indonesia dari rumah, kok!
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten