Food & Travel
·
10 Januari 2021 7:25

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat (2425)
Ilustrasi penumpang pria mengeluh sakit kepala saat berada di dalam pesawat Foto: Shutter Stock
Telinga berdengung menjadi masalah yang paling sering dialami saat naik pesawat. Telinga berdengung saat dalam penerbangan disebut juga dengan barotrauma.
ADVERTISEMENT
Barotrauma adalah tekanan pada gendang telinga dan jaringan telinga tengah ketika tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di lingkungan sekitar tidak seimbang. Biasanya, hal ini disebabkan oleh disfungsi tuba eustachius.
Telinga berdengung saat naik pesawat dipengaruhi oleh tekanan udara yang ada dalam pesawat. Saat pesawat mulai lepas landas hingga mencapai ketinggian tertentu, maka tekanan udara di dalam pesawat menjadi cukup besar, karena adanya perbedaan tekanan udara di luar dan di dalam pesawat.
5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat (2426)
Ilustrasi telinga berdengung saat naik pesawat Foto: Shutter Stock
Kondisi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan penumpang pesawat. Lantas, bagaimana cara mencegah telinga berdengung saat naik pesawat?
Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya telinga berdengung saat naik pesawat, seperti dilansir Mayo Clinic:
ADVERTISEMENT

1. Mengunyah

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat (2427)
Ilustrasi makanan di dalam kabin pesawat Foto: Shutter stock
Saran yang satu ini mungkin sering kamu dengar. Ya, mengunyah sangat bermanfaat saat telinga berdengung.
Ketika mengunyah, saluran eustachius otomatis membuka dan menutup. Lalu, air liur yang ditelan dari hasil kunyahan dapat menghilangkan dengung di telinga.
Saat berada dalam pesawat, kamu dapat mengunyah permen karet yang dapat dipersiapkan sebelum menggunakan transportasi udara ini. Bila tak memungkinkan menyiapkannya, biasanya sebelum lepas landas, pramugari akan menawarkan permen. Ambillah secukupnya, permen ini bisa menjadi alternatif.

2. Minum air banyak

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat (2428)
Ilustrasi minum di pesawat Foto: Shutter stock
Minum air putih sangat disarankan untuk dikonsumsi selama penerbangan. Selain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, gerakan menelan saat minum air juga dipercaya bisa membuka sumbatan di saluran tuba yang menyebabkan telinga berdengung.
ADVERTISEMENT
Meski kamu tidak bisa membawa air minum saat melewati pemeriksaan di bandara, namun selalu ada convenient store maupun toko yang menjual air minum kemasan di area boarding room. Di beberapa bandara juga tersedia air minum gratis yang bisa dimanfaatkan.

3. Gerakan menguap

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat (2429)
Ilustrasi Menguap Foto: Shutter Stock
Bila saran tadi belum berhasil, maka langkah selanjutnya ialah menguap. Gerakan menguap selebar dan sekeras mungkin dapat dilakukan. Melakukan gerakan ini beberapa kali secara berurutan agar dengung di telinga hilang.
Sering membuka mulut lebar-lebar jika merasa telinga berdengung di pesawat. Gerakan mulut membuka ini juga bisa membuka sumbatan di saluran tuba yang menjadi penyebab telinga berdengung saat naik pesawat, lho!

4. Menutup hidung dan mulut

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat (2430)
Ilustrasi Menutup Hidung Foto: Shutterstock
Jika belum mendapat cara yang efektif, langkah yang satu ini dapat kamu lakukan. Tutuplah hidung dan mulut secara bersamaan, lalu tahan beberapa saat, setelahnya embuskan napas melalui hidung perlahan.
ADVERTISEMENT
Bila berhasil, tekanan udara di telinga akan terasa keluar. Perlu diperhatikan, langkah ini tidak disarankan bagi penderita penyakit jantung.

5. Jangan tidur saat lepas landas dan mendarat

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat (2431)
Menggunakan Bantal Saat Tidur di Pesawat Foto: Shutter Stock
Tidur merupakan kegiatan yang dilarang saat pesawat lepas landas dan mendarat. Jika dilakukan, hal tersebut berpotensi menimbulkan kerusakan serius pada telinga.
Dilansir dari RD, ahli obat-obatan dan makanan asal Inggris, Angel Chalmers, mengatakan saat pesawat hendak mendarat atau lepas landas, sebaiknya jangan tertidur dan tidak menurunkan sandaran tangan.
"Perubahan cepat pada ketinggian memengaruhi tekanan udara di telinga. Ini menyebabkan kekosongan pada tabung Eustachian yang membuat telinga merasa tersumbat dan mengurangi pendengaran," katanya.
Menurut Chalmers, penumpang yang tidur saat lepas landas maupun mendarat juga bisa mengalami berbagai masalah, seperti pusing, infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, hingga kehilangan pendengaran. Itu semua berhubungan dengan tekanan udara di kabin yang berubah secara cepat dan mendadak.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).