kumparan
search-gray
Food & Travel25 Juli 2018 14:02

5 Cara Menikmati Lombok versi Beauty Blogger Mong Chin Yeoh

Konten Redaksi kumparan
Pantai Tanjung Aan, Lombok
Pantai Tanjung Aan, Lombok (Foto: Bella Cynthia/kumparan)
Memorable, satu kata itu lah yang terlontar dari mulut Mong Chin Yeoh saat ditanya tentang Lombok.
ADVERTISEMENT
Kota yang berada di Nusa Tenggara Barat ini memang selalu punya cara membuat pengunjungnya terkesan, tak terkecuali bagi Mong Chin Yeoh.
Mong Chin Yeoh (NOT COV)
Mong Chin Yeoh (Foto: Dok. Bening Communication)
Influencer sekaligus beauty blogger asal Singapura pemilik akun Instagram @mongabong itu mengaku terkesan dengan keindahan yang ditawarkan Lombok.
"Saya tahu dan sering mendengar tentang Lombok, tapi baru kali ini bisa mengunjunginya," tuturnya saat ditemui kumparanTRAVEL di Bengawan Restaurant, The Plaza, Jakarta, Selasa (24/7).
"Lombok itu indah, karena ada banyak pantai yang bagus di sana. Selain itu, Lombok juga menenangkan dan belum ada banyak turis yang datang ke sana. Alamnya sangat indah, jadi saya sangat suka," tambahnya.
Mong Chin Yeoh (NOT COV)
Mong Chin Yeoh (Foto: Dok. Bening Communication)
Kedatangan Mong Chin Yeoh atau yang lebih akrab disapa Mong Chin ini bukan tanpa alasan. Ia datang ke Lombok demi 'menunaikan' tugasnya untuk syuting berlari di enam kompetisi lari dan di enam negara.
ADVERTISEMENT
Selama delapan minggu, ia traveling ke enam negara di Asia Tenggara untuk melakukan lari marathon, sekaligus mengeksplorasi keindahan alam dan budaya negara tersebut.
Di Lombok, Mong Chin tidak hanya mengikuti lomba lari marathon Rinjani Run saja, ia juga melakukan banyak hal menarik yang bisa kamu tiru saat berlibur ke Lombok.
Apa saja? Berikut kegiatan yang bisa kamu tiru saat berada di Lombok:
1. Menyelam Menggunakan Mermaid Suit
Mong Chin, Lombok
Mong Chin menyelam dengan mermaid suit di Lombok (Foto: Dok. Bening Communication)
Rasanya mencoba jadi putri duyung dan berenang di lautan bisa jadi mimpi bagi setiap anak perempuan, bahkan ketika mereka telah dewasa. Tapi tak perlu khawatir, karena di Lombok kamu bisa mewujudkannya walau hanya sebentar.
Mong Chin salah satu yang membuktikannya. Ia merasa kaget sekaligus bersemangat ketika mencoba berenang dengan menggunakan mermaid suit di Pulau Gili.
ADVERTISEMENT
"Awalnya kamu pasti akan panik, tapi semakin dicoba rasanya akan semakin mudah. Mermaiding juga bagus untuk abs kamu," katanya sambil tertawa.
"Aku akan mengajak orang-orang untuk melakukannya, dan saat mencoba kamu juga tak perlu takut, karena ada instruktur yang setia menemani," tambahnya.
Sama seperti yang dilakukan Mong Chin, kamu bisa menyewa paket mermaiding (diving dengan baju mermaid) dan berenang layaknya putri duyung di lautan. Paket ini biasanya dihargai mulai Rp 1,8 juta untuk dua orang, dan Rp 2 juta untuk 3-4 orang.
2. Rinjani Run
Mong Chin di Gunung Rinjani
Mong Chin di Gunung Rinjani (Foto: Instagram/@mongabong)
Sesuai dengan judul programnya, Mong Chin Yeoh melawan keterbatasannya untuk lari marathon di sekitar Gunung Rinjani.
Mengambil jalur untuk pemula, Mong Chin menyusuri daratan terjal dan berbatu di sekitar salah satu gunung terbaik Indonesia ini. Bagi kamu yang senang dengan olahraga lari juga bisa mengikuti lomba lari marathon yang diselenggarakan setahun sekali ini.
ADVERTISEMENT
3. Berkunjung ke Kampung Tenun Desa Sukarara
Tenun
Menenun di Desa Sukarara (Foto: Dok. Sudamala Resorts)
Lombok semakin dikenal dengan kain tenun ikatnya yang sering digunakan oleh para selebgram Indonesia. Kain yang ditenun secara tradisional ini punya motif yang khas dan cara pembuatan yang tak sembarangan, karena menggunakan alat tenun tradisional.
Mong Chin juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Sukarara, desa yang dikenal sebagai tempat pembuatan kain tenun ikat.
"Mereka sangat keren. Ibu-ibu di sana menenun sambil duduk, tanpa blueprint, tanpa teknologi, tapi mereka bisa membuat corak yang indah di kain itu," tuturnya.
4. Berpesta di Pantai
Mong Chin menari dengan baju tradisional
Mong Chin menari dengan baju tradisional (Foto: Bening Communication)
Saat berkunjung ke Kota Lombok, kamu tidak hanya bisa menikmati pengalaman berpetualang yang menarik, tetapi juga pesta bersama penduduk lokal. Seperti yang dilakukan Mong Chin, ia berpesta bersama orang-orang di tempatnya menginap. Dari kejadian itu, dirinya semakin merasakan keramahan orang Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah kali pertama saya berkunjung ke Lombok, dan orang-orang sangat baik ke saya. Saya tinggal di resort untuk beberapa hari, dan orang-orang di resort terasa seperti keluarga. Meski jauh dari rumah, it feels like home," kata Mong Chin.
Ia bercerita di malam hari, bartender yang berada di resortnya bahkan berubah menjadi penari dan mengajarkannya tari tradisional Lombok. Mong Chin bahkan sempat mengganti pakaiannya untuk menarikan tari tradisional tersebut.
5. Menikmati hidangan khas Lombok
Mong Chin
Mong Chin (Foto: Bening Communication)
Ayam taliwang dan plecing kangkung merupakan makanan khas dari Kota Lombok. Bumbunya yang pedas dan segar membuat Mong Chin menyukai makanan ini. Yang menarik, di tempatnya menginap, Mong Chin bahkan sempat memasak sendiri makanan berupa plecing kangkung.
Mong Chin memasak makanan khas Lombok
Mong Chin memasak makanan khas Lombok (Foto: Bening Communication)
Saat kamu menyambangi tempat ini, kamu juga bisa melakukannya. Kamu bisa pergi ke pasar terdekat dan manfaatkan fasilitas yang disediakan oleh hostel tempatmu menginap untuk memasak masakan khas Lombok.
ADVERTISEMENT
Siap menjelajah Lombok?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white