Food & Travel
·
26 Agustus 2020 14:00

5 Destinasi Nature Escape di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Destinasi Nature Escape di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi (70434)
Australia punya wisata alam yang bisa menyegarkan pikiranmu karena jauh dari keramaian. Foto: 12 Apostles Helicopters
Setelah empat bulan menjalani karantina, kamu pasti sudah rindu keluar rumah. Menjelajahi berbagai negara, misalnya.
Namun, bukan berarti kamu hanya bisa berdiam diri. Daripada bosan di rumah, kamu dapat menyusun itinerary agar agenda travelling setelah pandemi sudah terancang rapi. Mulai dari budget, jadwal per hari, hingga daftar destinasi.
Salah satu destinasi yang bisa kamu pilih adalah Australia. Selain dekat, pulau ini punya wisata alam yang mengagumkan. Mulai dari terumbu karang terbesar di dunia hingga pegunungan granit merah muda bisa kamu temukan di Australia. Apalagi berbulan-bulan di rumah aja membuatmu butuh pemandangan untuk menyegarkan pikiran. Daripada penasaran, yuk simak rekomendasi kumparan!

1. The Great Barrier Reef, Queensland

5 Destinasi Nature Escape di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi (70435)
The Great Barrier Reef menyimpan 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan, dan 4.000 jenis moluska. Foto: dok. Tourism Australia
Salah satu warisan dunia versi UNESCO ini memiliki koleksi terumbu karang terbesar di dunia. The Great Barrier Reef menyimpan 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan, dan 4.000 jenis moluska.
Terletak di Kawasan utara Queensland, The Great Barrier Reef juga dikelilingi oleh pulau-pulau tropis dengan pantai yang bermandikan cahaya matahari paling indah di dunia. Kamu bisa berenang, snorkeling, menyelam, berlayar, bahkan sekadar melepas penat di hamparan pasir putih jika mengunjungi The Great Barrier Reef.
Saat ke Queensland, kamu juga bisa mengunjungi Museum of Underwater Art (MOUA) menawarkan pemandangan sekaligus konservasi terumbu karang dan budaya masyarakat First Nations. Tak hanya itu, kamu akan menemukan patung-patung yang dipahat oleh seniman patung bawah air di dunia, Jason deCaires Taylor.
Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah bulan September hingga November, selama Australia memasuki musim gugur. Jadi makin enggak sabar berlibur ke Australia, bukan?

2. Freycinet National Park, Tasmania

5 Destinasi Nature Escape di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi (70436)
Freycinet National Park menawarkan pegunungan granit merah muda yang menjulang tinggi. Foto: dok. Tourism Australia
Berlokasi di pesisir timur Tasmania, Freycinet National Park menawarkan pegunungan granit merah muda yang menjulang tinggi. Dikenal sebagai Hazards, di kaki pegunungan ini membentang perairan biru Wineglass Bay yang bisa menyejukkan pikiranmu.
Tak hanya bisa menikmati pemandangan pesisir yang menakjubkan, kamu juga bisa menyantap tiram terbaik di Australia ditemani minuman anggur hasil penduduk lokal. Jika hendak ke sini, kamu perlu 2,5 jam berkendara ke arah utara dari Hobart atau 2 jam berkendara ke arah selatan dari Launceston.

3. Blue Mountains, New South Wales

5 Destinasi Nature Escape di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi (70437)
Temukan pepohonan Eucalyptus, tebing batu pasir, dan air terjun di Blue Mountains. Foto: dok. Tourism Australia
Di rumah aja membuatmu jarang melihat pemandangan hijau. Karenanya, kamu bisa memasukkan Blue Mountains sebagai salah satu destinasi wisata di Australia. Di sana, kamu akan terpukau oleh pepohonan Eucalyptus tak berujung, tebing batu pasir, dan air terjun.
Kamu hanya butuh waktu 2 jam berkendara dari Sydney untuk mencapai Blue Mountains. Sampai di sana, mulailah berjalan kaki untuk menjelajahi jalan setapak sepanjang 140 kilometer sambil mengagumi padang semak, menyaksikan formasi bebatuan yang mengesankan, hingga menjelajahi gua-gua bawah tanah. Dengarkan kisah klasik Australia dari para pemandu Aborigin dan beristirahat di tempat mewah dengan pemandangan hamparan hutan yang megah.

4. Great Ocean Road, Victoria

5 Destinasi Nature Escape di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi (70438)
Nikmati pesisir pantai barat daya Victoria di Great Ocean Road untuk menyegarkan pikiran. Foto: dok. Tourism Australia
Salah satu tempat ikonik di Australia ini akan menyajikan tebing-tebing terjal, pantai yang sepi, dan hewan asli Australia. Kamu bisa menikmati pesisir pantai barat daya Victoria yang menawan, menyusuri hutan dan sungai untuk menemukan air terjun berkilauan, hingga menjadi bagian dari budaya Aborigin.
Tak hanya itu, Great Ocean Road juga akan menyajikan hidangan menggiurkan, mulai dari hasil laut, keju, dan anggur berkualitas tinggi. Menariknya lagi, tempat ini hanya berjarak 90 menit berkendara dari pusat kota Melbourne. Masukkan Great Ocean Road dalam itinerary dan temukan banyak petualangan di setiap sudutnya.

5. Hutt Lagoon, Coral Coast

5 Destinasi Nature Escape di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi (70439)
Pemandangan danau warna-warni di Hutt Lagoon. Foto: dok. Tourism Western Australia
Hutt Lagoon adalah salah satu objek wisata paling ramai di wilayah Coral Coast, Australia Barat. Danau yang ada di kawasan ini akan berubah warna dari merah, merah muda, bahkan ungu lilac tergantung musim, waktu, dan kondisi awan.
Warna-warna ikonik tersebut berasal dari ganggang penghasil karotenoid, Dunaliella Salina. Kamu dapat berkunjung antara jam 10 pagi hingga 2 siang, untuk menyaksikan spektrum warna yang indah.
Dari kelima destinasi tersebut, mana yang akan kamu kunjungi? Jika sulit menentukan pilihan, tambah waktu liburanmu di Australia setelah pandemi agar bisa mencicipi kelima wisata alam tersebut. Apalagi, kini kamu bisa mendapatkan informasi terkait tempat wisata, alat transportasi, hingga rute ke destinasi favorit di Australia dengan mengaksesnya di website resmi Tourism Australia. Dapatkan informasi lebih beragam mengenai destinasi wisata hingga budaya menarik di Negeri Kanguru dengan klik di sini.
Jadi, yuk susun rencana perjalananmu ke Australia dari sekarang! Agar setelah pandemi, kamu bisa menjelajahi wisata alam Australia dan melepas segala kepenatan di sana!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tourism Australia