Food & Travel
·
11 Februari 2021 12:56

5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek (110278)
Ilustrasi lilin Imlek. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Tepat pada tanggal 12 Februari 2021 mendatang, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru China atau biasa dikenal dengan Imlek. Imlek menjadi perayaan yang paling ditunggu-tunggu, tidak hanya untuk masyarakat etnis Tionghoa, tetapi juga masyarakat umum.
ADVERTISEMENT
Wisata Imlek bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas seru ketika momen libur Tahun Baru China datang. Namun, perayaan Imlek tahun ini akan terasa sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini Imlek akan dirayakan di tengah pandemi COVID-19.
Meskipun demikian, saat ini online travel agent juga telah mulai menawarkan beragam pilihan wisata untuk menikmati libur Imlek, salah satunya tiket.com.
Gaery Undarsa, Co-Founder Chief Marketing Officer tiket.com, menyampaikan bahwa tiket.com melalui layanan tiket TO DO memberikan rekomendasi destinasi wisata di Indonesia yang cocok dikunjungi saat perayaan Imlek. Gaery juga mengatakan, layanan tersebut sebagai langkah tiket.com untuk memulihkan industri pariwisata selama pandemi COVID-19.
“Perayaan Imlek di Indonesia sungguh istimewa. Kekayaan kultur dan kemajemukan budaya berbaur menjadi satu di bawah payung solidaritas. Kami tiket.com berkomitmen untuk setia mendukung pemerintah dalam menekan laju angka penyebaran COVID-19, sembari turut serta membantu memulihkan industri pariwisata Indonesia dengan merekomendasikan mitra wisata berlabel tiketCLEAN dan mitra operator yang tergabung di dalam fitur tiket TO DO kami sebagai bahan pertimbangan untuk perayaan Imlek tahun ini,” ujar Gaery, dalam siaran resmi yang diterima kumparan.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, berikut beberapa destinasi wisata Imlek yang dapat kamu kunjungi berdasarkan rekomendasi tiket.com:

1. Jakarta, DKI Jakarta

5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek (110279)
Penyelam mempertunjukkan gerakan silat di dalam akuarium utama Seaworld, Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (22/6). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Liburan Imlek di Jakarta tidak kalah seru dengan liburan di luar kota. Tak perlu jauh-jauh, warga Jakarta dapat menikmati ragam tempat wisata, mulai kegiatan wisata seni hingga kegiatan wisata alam.
Berdasarkan rekomendasi tiket TO DO, warga Jakarta dapat mengunjungi tempat wisata seni, seperti New Museum, Museum of Toys, dan Museum Nasional.
Sedangkan, untuk wisata alam wisatawan dapat menjelajahi beragam tempat wisata mulai dari Sea World Ancol, tur Pulau Tidung, tur Pulau Sepa, Pulau Putri day trip, hingga tur Pulau Pramuka. Selain mengunjungi tempat wisata, staycation juga bisa menjadi pilihan saat liburan perayaan Tahun Baru Imlek.
ADVERTISEMENT

2. Bandung, Jawa Barat

5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek (110280)
Kawasan Chinatown Kota Bandung Foto: Stephanie Elia/kumparan
Bandung sebagai salah satu kota wisata nampaknya selalu punya cara menarik minat wisatawan untuk betah berada di kota ini. Tidak hanya wisata alam, Bandung juga menyuguhkan tempat wisata dengan nuansa Negeri Tirai Bambu.
Dan, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bandung dalam waktu dekat, rasanya tak akan lengkap jika tidak mencoba mengunjungi kawasan wisata pecinan di Kota Kembang ini. Tak jauh dari Alun-alun Kota, kamu bisa menyambangi Chinatown yang berada di kawasan Pecinan, Bandung.
5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek (110281)
Kawasan Chinatown Kota Bandung Foto: Stephanie Elia/kumparan
Tempat wisata yang baru diresmikan pada 20 Agustus 2017 lalu itu akan membuat pengunjung merasakan sensasi seperti berada di negara China. Untuk mengelilingi kawasan pecinan Bandung ini, kamu hanya membayar tiket Rp 10 ribu per orang khusus di hari Senin sampai Kamis, dan Rp 20 ribu per orang antara Jumat hingga Minggu.
ADVERTISEMENT
Selain kawasan Chinatown, kamu juga bisa mengunjungi beragam destinasi wisata di Bandung yang tak kalah seru. Yakni, Trans Studio Bandung, The Lodge Maribaya Lembang, Kala Kini Nanti, Centrum Million Balls, This Is Me, Rabbit Town, Fairy Garden Lembang, Dusun Bambu, dan Bubba Land.

3. Medan, Sumatera Utara

5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek (110282)
Tjong A Fie Mansion di Medan Foto: Shutter Stock
Medan, Sumatera Utara, juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin liburan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Medan dikenal sebagai kota yang penuh dengan keragaman etnis, budaya, dan agama. Selain itu, Medan juga dikenal sebagai tempat berkembangnya Komunitas Tionghoa di Indonesia.
Bahkan untuk memeriahkan perayaan Imlek, Medan menggelar Gebyar Imlek Fair yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Festival ini menyuguhkan beragam atraksi wisata, pernak-pernik, kuliner, dan pertunjukkan khas Imlek.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi beragam tempat wisata yang mengulas kilas balik sejarah etnis Tionghoa di Medan. Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah Museum Tjong A Fie Mansion.
Memadukan gaya Melayu, Art Deco, dan China, Tjong A Fie Mansion atau yang lebih dikenal sebagai rumah Tjong A Fie telah sejak lama menjadi destinasi wisata, museum, serta cagar budaya di Medan.
Bangunan ini menyimpan beragam cerita, tak hanya tentang Tjong A Fie saja, tetapi juga perkembangan Kota Medan. Rumah Tjong A Fie memiliki dua lantai dengan jumlah kamar mencapai 35 ruangan. Dibangun pada tahun 1895, Rumah Tjong A Fie selesai pada tahun 1900.
Selain Tjong A Fie Mansion, kamu juga dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata lainnya di Medan. Berdasarkan rekomendasi tiket TO DO, kamu bisa menyambangi Rahmat International Wildlife Museum and Gallery dan Pemantang Siantar Zoo.
ADVERTISEMENT

4. Semarang, Jawa Tengah

5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek (110283)
Sejumlah warga memainkan ular naga di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (4/8). Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Kota Semarang juga bisa menjadi pilihan tempat wisata di Indonesia untuk menghabiskan liburan Imlek. Biasanya, perayaan Imlek digelar di beberapa titik, salah satunya adalah Kelenteng Sam Poo Kong.
Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng kebanggaan dari masyarakat Kota Bandeng. Klenteng ini sangat menarik dikunjungi, karena arsitektur khas Tionghoa yang dimilikinya.
Saat memasuki kawasan klenteng ini, maka kamu akan disuguhi dengan sejarah Laksamana Cheng Ho, yang konon berlayar sampai Semarang.
Selain menawarkan sejarah, Klenteng Sam Poo Kong juga menghadirkan beberapa spot foto layaknya khas Negeri Tirai Bambu, karena di tempat ini disediakan pakaian ala prajurit China. Jika ingin mengunjungi tempat wisata Instagramable, Saloka Theme Park, Tentrem on Ice, dan Dusun Semilir Eco Park juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata Imlek di Semarang.
ADVERTISEMENT

5. Surabaya, Jawa Timur

Sama seperti Semarang, Surabaya juga terdapat berbagai pilihan tempat untuk kamu datangi saat libur Imlek. Kota terbesar di Jawa Timur ini memiliki banyak pesona dan panorama keren yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Salah satunya dengan mengunjungi Kelenteng Hong Tiek Hian. Berwisata sambil melihat kebudayaan China di Klenteng Hong Tiek Hian bisa jadi pilihan menarik saat liburan di Surabaya. Sebagai klenteng tertua di Surabaya, setiap tahunnya warga Surabaya selalu menggelar perayaan Imlek dengan beragam aktivitas yang meriah.
5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek (110284)
Ilustrasi kelnteng Hong Tiek Hian Foto: Wikimedia Commons
Setiap sore hari kamu dapat melihat penampilan Wayang Potehi di Kompleks Klenteng Hong Tiek Hian.Wayang Potehi adalah wayang lain khas China Selatan, menceritakan tentang kisah-kisah sejarah Tionghoa.
ADVERTISEMENT
Layaknya klenteng pada umumnya, bangunan ini berwarna merah dengan arsitektur Tiongkok dan lukisan naga hijau pada tiang gapuranya. Klenteng ini berlokasi di Jalan Dukuh, Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya.
Bagaimana, sudah menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi saat libur Tahun Baru Imlek?
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).