kumparan
22 November 2018 11:07

5 Destinasi Wisata yang Bisa Jadi Alternatif Pilihan saat Musim Hujan

Museum Macan
Lee Mingwei. (Foto: Ratmia Dewi/kumparan)
Musim hujan di penghujung tahun kerap kali menjadi penghalang bagi beberapa orang untuk traveling. Sebab, curah hujan yang tinggi bukan hanya membuat orang-orang malas beraktivitas di luar ruangan, tapi juga bisa menyebabkan macet yang berkepanjangan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, kamu bisa, lho, menyiasati keinginan liburan kala musim hujan agar tetap berjalan dengan lancar. Salah satu caranya adalah dengan memilih destinasi wisata yang tepat.
Untuk itu, kali ini kumparanTRAVEL hadirkan lima destinasi wisata yang bisa kamu sambangi saat musim hujan. Simak ulasannya berikut, ya.
1. Museum
Museum Macan
The Dining Project - Lee Mingwei. (Foto: Ratmia Dewi/kumparan)
Bagi kamu yang suka dengan sejarah atau seni, museum bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan ketika musim hujan. Sebab kamu tak mesti takut kehujanan ketika sedang asyik mengamati berbagai benda yang dipamerkan.
Kamu bisa memilih museum yang tepat sesuai dengan hobi atau kebutuhanmu. Misalnya saja Museum Gajah, Museum of Jakarta (MOJA), Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara).
ADVERTISEMENT
Apabila kamu berada di luar Jakarta, kamu bisa mencoba berbagai museum menarik yang ada di kotamu. Bagi kamu yang berada di Bali, kamu bisa berkunjung ke Museum PASIFIKA, sedangkan kamu yang berada di Surabaya, kamu bisa menyambangi Museum Sampoerna.
2. Pemandian Air Panas
 Pemandian Air Panas Sipoholon
Pemandian Air Panas Sipoholon (Foto: Instagram @awanikhwan)
Pernah membayangkan bagaimana rasanya berendam di dalam air panas saat musim hujan tiba?
Menikmati hangatnya air kolam pemandian bersama teman atau keluarga sambil ditemani rintik hujan yang gerimis, langit mendung, dan hawa yang dingin pastinya akan memberikan sensasi yang berbeda.
Karena perpaduan cuaca dan pemandian yang pas, kamu tak perlu takut kepanasan atau 'gosong' saat asyik berenang di pemandian air panas. Puas berenang, kamu bisa melipir untuk menyantap camilan hangat seperti teh hangat, pisang goreng, hingga mie rebus. Wah, menyenangkan sekali, ya?
ADVERTISEMENT
3. Perpustakaan
Perpustakaan Nasional RI
Perpustakaan Nasional RI (Foto: Fanny Kusumawardhani / kumparan)
Meski terkesan kuno dan membosankan, perpustakaan sebenarnya bisa menjadi rekomendasi yang menarik untuk mengisi akhir pekan atau liburanmu ketika musim hujan tiba.
Di dalam perpustakaan kamu bisa menghabiskan waktu dengan menikmati berbagai bacaan favorit dan berkenalan dengan sesama pecinta buku lainnya. Jika kamu menginginkan suasana yang lebih santai, kamu bisa mencari kafe yang memiliki perpustakaan sendiri, seperti Reading Room, Kemang.
4. Taman Bermain Indoor
Ikan Buntal di Seaworld Ancol
Ikan Buntal di Seaworld Ancol. (Foto: Shika Arimasen Michi/kumparan)
Selain ketiga rekomendasi di atas, kamu bisa juga memasukkan taman bermain indoor ke dalam daftar destinasi liburanmu di musim hujan kali ini. Pasalnya, taman bermain indoor umumnya lebih sepi ketika musim hujan, padahal mereka kerap kali memberikan tema atau konsep yang unik dan menarik untuk meningkatkan jumlah wisatawan.
ADVERTISEMENT
Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menghabiskan waktu menikmati wahana yang tersedia sepuasnya tanpa perlu lama mengantri. Karena lokasinya yang berada di dalam ruangan, kamu juga tak perlu takut terkena hujan.
Berbagai taman bermain indoor yang bisa kamu kunjungi antara lain, Trans Studio Bandung, SeaWorld Ancol, Jakarta Aquarium, wahana trampolin Bounce Street di Kelapa Gading, atau Museum Satwa di Batu.
5. Menginap di Vila yang Ada di Kawasan Sekitar Kebun Teh
Villa di Tuk Tuk Samosir.
Villa di Tuk Tuk Samosir. (Foto: Flickr/Steel Wool )
Berniat mencari pengalaman yang berbeda tapi tetap menyatu dengan alam saat liburan? Mengingap di vila yang berada di kawasan sekitar kebun teh bisa menjadi pilihannya.
Selain dapat menikmati kedekatan dan kehangatan liburan bersama anggota keluarga, kamu juga dapat menikmati suasana kebun teh yang asri dan lebih hijau dibanding biasanya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, kala musim hujan tiba kamu akan melihat kabut tebal menghiasi perkebunan teh, sehingga menghasilkan aura yang magis dan tentunya sensasi liburan yang berbeda.
Sudah tahu apa destinasi wisata yang akan kamu kunjungi?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan