kumparan
30 Oktober 2018 17:24

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Road Trip ke Australia

Ilustrasi Road Trip di Australia Barat
Ilustrasi Road Trip di Australia Barat (Foto: Tourism Western Australia)
Road trip ke luar negeri mungkin terasa susah-susah gampang. Pasalnya, mengemudikan kendaraan dalam jarak jauh dengan kondisi jalan dan peraturan yang berbeda pastinya memberikan sensasi tersendiri.
ADVERTISEMENT
Di Australia misalnya, terkenal sebagai tujuan road trip karena rute perjalanan di garis tepi pantainya yang menawan. Benua yang sering dijuluki sebagai Negeri Kanguru tersebut sering dijadikan sebagai area road trip.
Bagi kamu yang ingin memulai road trip ke Australia, kali ini kumparanTRAVEL hadirkan lima hal yang perlu kamu tahu sebelum memulai perjalanan panjangmu. Apa saja? Yuk, simak!
1. Surat Izin Mengemudi (SIM)
International Driving Permit
International Driving Permit (Foto: Flickr/Tony Webster)
Untuk mengemudi di Australia, kamu mesti memiliki driving license internasional atau International Driving Permit (IDP). IDP merupakan dokumen terjemahan dari surat izin mengemudi yang kamu miliki. Di dalam IDP akan tercantum nama lengkap, foto, serta informasi yang relevan terkait pengemudi.
Dengan adanya IDP, kamu dapat mengendarai kendaraan bermotor secara legal di luar negeri, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga truk sekalipun. Tata cara penggunaannya adalah dengan membawa IDP beserta SIM asli milikmu saat hendak berkendara.
ADVERTISEMENT
2. Pelajari Aturan Mengemudi di Wilayah Setempat
Posisi mengemudi Nissan Terra
Posisi mengemudi Nissan Terra (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Setiap negara memiliki aturan mengemudi masing-masing. Karenanya sebelum melakukan road trip kamu perlu memahami aturan berkendara yang dianut oleh negara tempat kamu berkunjung.
Karena bukan hanya akan membantu kamu saat mengemudi dan meminimalkan kecelakaan, memahami aturan berkendara juga akan menghindarkan kamu dari denda akibat pelanggaran lalu lintas.
Aturan lalu lintas di Australia
Aturan lalu lintas di Australia (Foto: Flickr/Michael Theis)
Misalnya saja kamu perlu tahu bahwa Amerika menggunakan setir kiri, sedangkan Australia dan Inggris sama dengan Indonesia menggunakan setir kanan dan harus berkendara di bahu jalan sebelah kiri. Selain itu, sebelum mengemudikan kendaraan di Australia, pastikan kamu benar-benar memahami aturan mengemudi.
Penduduk setempat biasanya sangat mematuhi aturan lalu lintas, tak heran lalu lintas Australia terlihat rapi. Pengguna sepeda motor di Australia juga tidak sebanyak di Indonesia, sementara pengguna sepeda biasanya diberikan jalur khusus.
ADVERTISEMENT
3. Persiapkan Mesin dan Kebutuhannya dengan Baik
Ilustrasi mobil road trip
Ilustrasi mobil road trip (Foto: Flickr/Michael Theis)
Road trip bukan hanya sekadar membawa kendaraan untuk mengemudi jauh untuk mengeksplorasi keindahan tempat yang dituju, tapi juga tentang pengalaman dan proses. Sebelum memulai perjalanan panjang dengan kendaraan milikmu, pastikan kamu sudah memiliki mesin dengan kemampuan yang memadai dan mumpuni.
Membawa batere ganda, ban cadangan, dongkrak, bisa menjadi langkah mudah untuk mengantisipasi keadaan-keadaan yang tidak diinginkan saat berkendara.
Untuk memastikan perjalananmu semakin aman, sebelum memulai road trip, jangan lupa menyimpan daftar nomor penting lokal untuk dihubungi apabila berada dalam keadaan darurat dan menginformasikan rute perjalananmu pada teman dan keluarga.
4. Hati-hati dengan Satwa Liar
Ilustrasi kanguru.
Ilustrasi kanguru. (Foto: Pixabay/artyangel)
Australia dikenal sebagai benua yang kaya satwa liar. Di Australia melihat berbagai jenis satwa beraktivitas seperti biasa di sekitar daerah pemukiman bahkan menjadi hal yang 'biasa'. Untuk itu, saat berkendara kamu harus lebih hati-hati.
ADVERTISEMENT
Sebab di beberapa wilayah negara, kamu akan menemui beragam binatang yang beraktivitas dan melalui rutemu berkendara. Misalnya saja kanguru, sapi, unta, elang, kelelawar, atau ular. Binatang-binatang liar ini biasanya sering muncul ketika matahari terbit dan terbenam
5. Pilih Akomodasi yang Sesuai dengan Kebutuhan
Ilustrasi berkemah
Ilustrasi berkemah (Foto: Dok. Thinkstock)
Setelah melalui perjalanan panjang selama road trip, kamu pastinya butuh tempat untuk beristirahat. Di Australia kamu bisa menemukan berbagai pilihan akomodasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Bagi kamu yang senang dengan alam, kamu bisa berkemah, melakukan retret di alam, atau menginap di station stays yang menyuguhkan pemandangan malam lengkap dengan rangkaian bintang. Seru bukan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan