Suluban Beach, Bali

5 Pantai Menawan di Uluwatu, Bali, Destinasi Wajib Para Pencinta Sunset

19 Oktober 2021 18:05
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pantai Pandawa, Bali. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Pandawa, Bali. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Keindahan pantai di Bali sudah tidak diragukan lagi. Beragam pantainya menghadirkan hamparan lautan lepas yang menawan, ditambah dengan suara deburan ombak yang menenangkan hati, hingga panorama matahari tenggelam yang memesona. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang datang menikmati pantai di Pulau Dewata.
ADVERTISEMENT
Jika membahas tentang pantai di Bali juga tidak akan pernah ada habisnya. Sebab, keindahan pantai-pantai ini sudah terkenal hampir di penjuru dunia. Bahkan menghipnotis para wisatawan untuk datang lagi.
Nah, jika biasanya pantai di kawasan Kuta, Seminyak, dan Canggu yang banyak dikunjungi wisatawan, tak ada salahnya untuk melipir sedikit ke kawasan Uluwatu. Di sana terdapat deretan pantai yang tak kalah cantik dari pantai lainnya di Bali.
Selain itu, saat ini juga banyak wisatawan yang lebih memilih tempat wisata alam terbuka agar lebih sehat dan nyaman, sehingga deretan pantai di Uluwatu ini bisa menjadi pilihan destinasi liburan saat ke Bali. Hal ini juga yang membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memperkirakan bahwa pandemi telah membuat tren wisatawan berganti.
ADVERTISEMENT
"Tren pariwisata yang dipicu oleh pandemi ini menuju ke arah personalized yang berkaitan dengan pengalaman dan kenangan, localized atau memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal. Lalu customized atau wisata minat khusus, dan smaller in size yang mengedepankan kualitas (wisatawan) bukan kuantitas," ujar Sandiaga dalam siaran pers, “Pandemi Jadi Momentum Optimalisasi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia".
Penasaran di mana saja deretan pantai cantik di Uluwatu? Namun tunggu dulu, sebelum menyimak informasi aneka pantai indah di kawasan tersebut, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel agar kamu selalu mendapatkan informasi ter-update seputar pariwisata hingga beragam produk kreatif lokal yang ada #DiIndonesiaAja!

1. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland, Bali Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Dreamland, Bali Foto: Shutter stock
Salah satu pantai di Bali yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Dreamland. Pantai ini berlokasi di area Bukit Ungasan Pecatu, tepatnya pada kompleks Bali Pecatu Graha (Kawasan New Kuta Golf).
ADVERTISEMENT
Daya tarik yang dihadirkan pantai ini adalah berupa tebing-tebing dan batu karang yang besar mengelilingi area pantai. Keeksotisan pantai membuat wisatawan lokal hingga mancanegara datang untuk menikmatinya.
Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari surfing, piknik di pinggir pantai, melakukan swafoto, menikmati pijatan tradisional khas Bali, yoga, melihat sunset, hingga snorkeling. Semua hal tersebut bisa kamu nikmati bersama teman maupun keluarga.
Menikmati pantai di sini pastinya tak akan bosan, karena di sekitar Pantai Dreamland sendiri hadir fasilitas yang lengkap dan memadai, mulai dari lapangan golf, restoran, bar, kolam renang, hingga gazebo. Seru, kan?
Untuk memasukinya, kamu tidak perlu membayar biaya tiket masuk objek wisata, hanya biaya parkir mobil sebesar Rp 20 ribu dan parkir motor sebesar Rp 5 ribu saja.
ADVERTISEMENT

2. Pantai Melasti

Adegan di film A Perfect Fit di Pantai Melasti. Foto: Dok. Netflix
zoom-in-whitePerbesar
Adegan di film A Perfect Fit di Pantai Melasti. Foto: Dok. Netflix
Kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Melasti yang berlokasi di Desa Ungasan, Kabupaten Badung. Tepatnya berada di semenanjung Bukit Ungasan. Pantai ini memiliki pesona keindahan laut berwarna biru dengan pasir putih bersih.
Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berenang, menikmati pantai, berfoto, hingga snorkeling. Tenang saja, pihak pantai sudah menyediakan peralatan snorkeling yang bisa kamu sewa. Jika kamu tertarik, jangan lupa untuk perhatikan kebersihan peralatannya, ya!
Mengenai fasilitas, objek wisata ini menyediakan toilet dan ruang ganti yang berada di pinggir pantai. Selain itu, tersedia juga beberapa tempat makan dan minum.
Untuk memasuki pantai ini, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 3 ribu per orang untuk anak-anak, Rp 8 ribu per orang untuk dewasa, dan biaya parkir mulai dari Rp 2 ribu untuk motor, serta Rp 5 ribu untuk mobil.
ADVERTISEMENT

3. Pantai Nyang-Nyang

Pantai Nyang-Nyang, Bali. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Nyang-Nyang, Bali. Foto: Shutter Stock
Rekomendasi pantai selanjutnya adalah Pantai Nyang-Nyang yang berlokasi di Desa Pecatu, Kabupaten Badung. Pantai ini merupakan sebuah pantai tersembunyi di Bali.
Daya tarik yang ditawarkan pantai tersebut berupa hamparan laut yang luas dengan pasir berwarna putih. Airnya pun jernih, di sekitarnya terdapat bebatuan karang yang semakin mempercantik pantai tersebut.
Namun, akses menuju ke pantai ini cukup sulit, sehingga masih banyak wisatawan yang belum datang ke Pantai Nyang-Nyang. Selain itu, ombak yang ada di pantai ini juga cocok untuk berselancar, tak heran jika banyak orang yang berselancar di sini.
Selain berselancar, kamu pun bisa menikmati keindahan pantainya dengan duduk di pinggir pantai atau menyaksikan matahari terbenam yang terlihat cantik saat sore hari. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, toilet, rumah makan, penjual oleh-oleh, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Untuk memasuki area Pantai Nyang-Nyang, kamu tidak akan dikenakan biaya, hanya saja, harus membayar tiket parkir mulai dari Rp 2 ribu untuk motor hingga Rp 5 ribu untuk mobil.

4. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, Bali. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Pandawa, Bali. Foto: Shutter Stock
Pantai selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Pandawa yang berlokasi di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Bali, karena banyak orang yang sudah mengenal dan menjadikannya sebagai tujuan wisata saat ke Bali.
Daya tarik yang ditawarkan adalah berupa keindahan pantai dengan pasir berwarna putih. Di sekelilingnya dihiasi pepohonan dan tebing yang cukup tinggi. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan menjadikan Pantai Pandawa sebagai tujuan untuk berlibur.
Untuk memasuki pantai ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 8 ribu (wisatawan domestik) dan Rp 15 ribu (wisatawan mancanegara), serta membayar parkir mulai dari Rp 5 ribu untuk mobil dan Rp 2 ribu untuk motor.
ADVERTISEMENT

5. Pantai Suluban

Suluban Beach, Bali Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Suluban Beach, Bali Foto: Shutter Stock
Kemudian, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Suluban yang berlokasi di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Lokasinya tak jauh dari Pantai Padang Padang. Sama seperti pantai lainnya, Pantai Suluban juga dikelilingi bebatuan karang yang sangat indah dan eksotis.
Nama pantai ini sendiri berasal dari bahasa Bali, ‘Mesulub’ yang artinya berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia. Maksudnya, ketika kamu berada di sana, akan melihat dua tebing karang yang tinggi mengapit jalan menuju laut lepas.
Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini, mulai dari berselancar, berfoto, hingga menikmati matahari tenggelam. Meski tersembunyi, pantai ini sudah menyediakan beragam fasilitas lengkap, mulai dari restoran, kafe, toilet, toko-toko suvenir, penyewaan papan selancar, serta penginapan atau hotel.
ADVERTISEMENT
Jika ingin berkunjung ke Pantai Suluban tidak dikenakan biaya tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5 ribu untuk motor hingga Rp 15 ribu untuk mobil.
Perlu kamu ingat, untuk beragam referensi biaya di atas, tentu dapat berubah sewaktu-waktu, ya! Jadi, sudah siap berburu sunset di deretan pantai di Uluwatu? Kini, saatnya kembali ke Bali dan nikmati liburanmu yang tak terlupakan, karena #ItstimeforBali.
Namun sebelum itu, jangan lupa untuk segera mengikuti vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi jika kamu berlibur nanti, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib dalam bepergian yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan perolehan data Kementerian Kesehatan hingga 14 Oktober 2021, capaian vaksinasi di Bali untuk dosis pertama berjumlah 3.379.975 jiwa atau 99,26 persen, dan vaksinasi kedua kedua berjumlah 2.851.709 jiwa atau 83,75 persen, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 3.405.130 jiwa.
Tak hanya itu saja, sangat penting untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
Prokes ini juga yang harus kamu perhatikan ketika nantinya ingin berlibur ke Bali. Apalagi, hampir seluruh sektor pariwisata di Bali kini sudah tersertifikasi CHSE, baik itu hotel bintang 2 hingga 5, tempat wisata, maupun restoran atau tempat makan.
ADVERTISEMENT
Selama masih #DiRumahAja, isi waktu luangmu dengan beragam keseruan, ya! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Akan ada beragam hadiah menarik untuk para pemenangnya, lho!
editor-avatar-0
editor-avatar-1
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten