kumparan

5 Seragam Pramugari Terindah di Dunia, Salah Satunya Garuda Indonesia

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia. (Foto: Dok. garuda-indonesia.com)
Bagi beberapa profesi, seragam menjadi hal penting karena merupakan ciri dan pendukung dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Salah satunya bagi pramugari.
ADVERTISEMENT
Seragam tak hanya membuat penggunanya terlihat anggun, tetapi juga didesain secara khusus agar memberikan fleksibilitas pada penggunanya. Terutama saat membantu penumpang mengangkat barang, melakukan pendaratan darurat dan evakuasi penumpang.
Selain itu, seragam pramugari juga biasanya disesuaikan dengan ciri khas negara maskapai penerbangan tersebut berasal, agar menjadi trademark. Kali ini, kumparanTRAVEL merangkum lima seragam pramugari terindah di dunia. Apa saja?
1. Hainan Airlines
Didesain oleh Laurence Xu, seragam pramugari maskapai Hainan Airlines bermode Haute Couture. Diluncurkan pada 4 Juli 2017 lalu di InterContinental Paris Le Grand Ballroom, seragam baru ini terinspirasi dari model pakaian tradisional China, Cheongsam.
Dikutip dari The Independent, Xu Fei, Brand Director of Hainan Airlines menuturkan bahwa ia ingin lewat perubahan ini, penumpang rute internasional mengenal China sebagai negara modern dan trendi. "Perubahan ini dimaksudkan bukan hanya untuk mengganti model seragam, tetapi juga me-rebranding image dari maskapai ini sendiri," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Video
2. Emirates
Siapa yang tidak kenal dengan pramugari berseragam khas berwarna cokelat dengan topi baret merah ini?
Loading Instagram...
Untaian scarf di samping kepala yang merupakan tradisi nasional dibawakan secara berbeda oleh maskapai Emirates, sehingga menjadi ciri khas dari pramugarinya. Didesain oleh Simon Jersey, seragam Emirates belum pernah berubah sejak 1997, hanya beberapa perubahan kecil saja yang dilakukan pada 2008 untuk menyesuaikan kebutuhan pramugari dengan seragamnya.
Loading Instagram...
3. Garuda Indonesia
Membawa aksen dan ciri budaya Indonesia, seragam maskapai legendaris Nusantara ini didesain dengan menggunakan motif Batik Lereng. Terinspirasi dari batik Parang Gondosuli, seragam pramugari Garuda Indonesia didesain khusus dengan gaya kebaya dan kain panjang.
Loading Instagram...
Menggunakan warna biru, hijau toska, jingga, dan ungu, seragam Garuda Indonesia didesain fleksibel, sehingga memudahkan pramugari untuk bergerak. Misalnya saat melakukan pendaratan darurat atau evakuasi penumpang.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
4. Air France
Air France
Air France (Foto: Air France)
Predikat seragam terbaik dan paling gaya di dunia penerbangan jatuh pada maskapai asal Prancis, Air France. Maskapai dari negara mode ini memiliki ciri khas ikat pinggang dan sarung tangan berwarna merah. Didesain oleh desainer ternama asal Prancis, Christian Lacroix, Air France sempat bekerjasama dengan Dior dan Balenciaga pada tahun 1960-an.
5. Singapore Airlines
Singapore Airlines
Singapore Airlines (Foto: Mary Hop)
Didesain oleh Pierre Balmain, seragam pramugari Singapore Airlines merupakan seragam terlama di dunia penerbangan. Pasalnya, sejak 1968, mode seragam pramugari maskapai ini belum pernah mengalami perubahan.
Dibuat dengan sarong kebaya Melayu, batik Asia itu menjadi trademark dari Singapore Airlines.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan