Food & Travel
·
4 Juli 2018 8:57

5 Taman Bunga yang 'Tak Sengaja' Jadi Wisata Instagramable

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Taman Bunga yang 'Tak Sengaja' Jadi Wisata Instagramable (24880)
Taman Bunga Amaryllis, Yogya. (Foto: Instagram/_meizda)
Instagramable. Kata ini menjadi salah satu 'persyaratan' bagi milenial saat ingin jalan-jalan.
ADVERTISEMENT
Mencari spot foto Instagramable menjadi satu keharusan saat sedang berlibur. Mendapatkan foto-foto yang terlihat apik dan indah saat dipajang di feed Instagram merupakan satu dari sekian alasan mengapa banyak bermunculan tempat wisata Instagramable. Salah satunya adalah taman bunga.
Taman yang berhias bunga berwarna-warni ini mampu memberikan kamu feed Instagram yang indah, terutama bagi pecinta bunga. Mulai dari taman bunga Amarylis hingga eceng gondok.
Tapi tahukah kamu bahwa tidak semua taman bunga ini sengaja didesain sebagai kawasan wisata Instagramable. Berikut kumparanTRAVEL hadirkan lima taman bunga yang 'tidak sengaja' menjelma jadi sudut yang Instagramable:
1. Taman Bunga Amaryllis Ngasemayu, Yogyakarta
Awalnya taman bunga ini merupakan kebun bunga pribadi milik Sukadi dan Wartini. Tadinya bunga Amarylis hanya tumbuh sebagai tanaman liar di kebun seluas dua hektare tersebut.
ADVERTISEMENT
Bermodal uang dari kantong pribadi, pasangan ini pun membudidayakan bibit bunga Amarylis yang ternyata laku di pasaran. Bahkan, kadang rumahnya disambangi oleh pembeli yang berasal dari luar kota.
Karena itu, akhirnya Sukadi memutuskan untuk memperkenalkan bunga berjenis Amaryllis Hipeastrum tersebut ke kalangan umum lewat pembukaan taman pada November 2015 lalu.
Bernama Puspa Patuk, kini taman bunga yang didominasi warna jingga tersebut menjadi salah satu wisata Instagramable. Berlokasi di Salam, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Taman Bunga Amarylis Puspa Patuk menjadi salah satu tempat berburu foto kalangan milenial.
2. Ladang Gandum Tosari, Bromo
Bagi yang pernah traveling ke Gunung Bromo, kamu pasti pernah menemukan ladang gandum di kawasan Tosari. Ladang gandum seluas empat hektare ini berada di Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Berawal dari keinginan coba-coba untuk menanam gandum selepas pelatihan di Australia, lahan kosong milik Pusat Pengembangan dan Pembenihan Kentang tersebut menjadi salah satu spot Instagramable.
Hamparan bunga berwarna cokelat memberi sensasi keindahan tersendiri bagi para pengunjung. Wajar saja, jika ladang gandum ini dijadikan sebagai lokasi pre-wedding bagi penduduk sekitar.
Yang menarik lagi, tak hanya sekedar indah, hasil dari ladang gandum juga ternyata disuplai pada salah satu pabrik tepung ternama di Indonesia.
3. Taman Bunga Wortel, Batu
Awalnya Taman Bunga Wortel hanyalah sebuah perkebunan wortel biasa. Hingga akhirnya sang pemilik memilih untuk membiarkan tanaman wortelnya tumbuh meninggi, karena kelak akan dimanfaatkan sebagai bibit wortel untuk musim tanam berikutnya.
Tanaman wortel yang tumbuh meninggi akhirnya memperlihatkan keindahannya lewat bunga-bunga berwarna putih yang menarik.
ADVERTISEMENT
Berlokasi di Kebun Wortel Sumber Barantas, Kecamatan Bumiaji, Batu, kamu bisa berburu foto apik di tengah hembusan angin sejuk Kota Batu.
Karena keindahannya, tak jarang kebun wortel ini dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Kamu pasti bisa membayangkan bagaimana keindahan fotomu di tengah hamparan bunga berwarna putih tersebut, bukan?
4. Taman Bunga Marigold, Bali
Taman Bunga Marigold ini berada di sepanjang jalan Bedugul dan Kintamani. Tepatnya di daerah bukit Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali. Bernama Latin Tagetes Erecta, bunga Marigold kerap digunakan sebagai pelengkap sesajen untuk pemujaan penduduk Bali.
Bunga-bunga berwarna jingga keemasan tadinya tumbuh sendiri di antara ladang perkebunan penduduk yang ditanami sayur, hingga akhirnya dibudidayakan oleh petani setempat.
Berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, Marigold memiliki arti 'sepanjang bulan', sehingga selalu tumbuh di tiap awal bulan. Kemudian, bunga ini akan semakin banyak yang tumbuh dan mekar saat musim panas.
ADVERTISEMENT
Karena berada di pinggir jalan, maka kamu tidak akan dipungut bayaran alias gratis jika ingin berkunjung. Kamu juga dapat berfoto dengan bebas di tempat ini. Namun, jangan mencoba untuk memetik atau menginjak, karena akan mengganggu keindahan taman.
5. Taman Bunga Eceng Gondok
Berawal dari tanaman liar yang mendiami lahan bekas sawah yang tidak ditanami, Taman Bunga Eceng Gondok di Bantul menjadi salah satu spot Instagramable di Yogyakarta.
Jika Taman Bunga Amarylis sempat mengalami kerusakan karena terinjak pengunjung, taman bunga ini rasanya tidak bisa dirusak, karena berada di permukaan air.
Walau ada yang layu dan mati saat musim panas, tanaman eceng gondok tersebut akan tumbuh kembali saat musim hujan. Perpaduan warna ungu dengan hijaunya daun dari tanaman gulma ternyata mampu menarik perhatian pengunjung sekitar untuk berburu stok foto Instagram.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya di Bantul, ternyata taman bunga eceng gondok juga berada di berbagai kota seperti Kupang, Semarang, Kalimantan hingga Pekanbaru.