kumparan
30 Agustus 2018 14:21

5 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi saat Berada di Padang

Pantai Padang Melang, Kabupaten Anambas. (Foto: Elmalisa Bancin/kumparan)
Apa yang kamu pikirkan jika menyebut nama Padang? Makanannya yang enak? Atau rendangnya yang mendunia?
ADVERTISEMENT
Ya, Padang selama ini dikenal sebagai daerah asal rendang yang menjadi makanan nomor satu paling enak di dunia. Padahal, jika berkunjung ke Padang, tak hanya makanannya saja yang menggugah selera, tapi juga tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di sana.
Berikut kumparanTRAVEL rangkum lima tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Padang. Mulai dari wisata alam hingga sejarah:
1. Pantai Padang
Loading Instagram...
Terletak tak jauh dari Kota Pariaman, Pantai Padang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Memiliki pasir putih dan ombak yang tak terlalu besar, membuat pantai ini cocok dijadikan tempat berenang, serta bermain.
Pantai Padang biasanya selalu ramai dikunjungi saat perayaan Tabuik dan libur nasional. Saat berada di sana, kamu juga wajib melihat matahari terbenam, karena panoramanya yang sangat indah.
ADVERTISEMENT
2. Batu Malin Kundang
Loading Instagram...
Jika kamu akan menghabiskan liburan di Padang jangan lupa untuk mengunjungi Batu Malin Kundang. Kamu tentu mengetahui kisah legenda Malin Kundang, seorang anak yang durhaka terhadap ibunya sehingga ia dikutuk menjadi batu, kan?
Batu Malin Kundang tersebut dapat kamu lihat di Pantai Air Manis. Selain dapat melihat batu Malin Kundang, Pantai Air Manis juga menjadi salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Padang.
3. Sitinjau Lauik
Loading Instagram...
Sitinjau Lauik merupakan tempat wisata di Padang yang cocok bagi kamu yang ingin menikmati udara sejuk. Kamu dapat melihat pemandangan Kota Padang dari atas ketinggian.
Memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, kamu juga bisa menikmati udara segar di sana.
ADVERTISEMENT
4. Museum Adityawarman
Loading Instagram...
Museum Adityawarman merupakan salah satu museum budaya yang ada di Sumatera Barat. Museum yang menyimpan benda-benda bersejarah kebudayaan Minangkabau, Mentawai, dan Nusantara ini wajib kamu kunjungi.
Kamu dapat mempelajari sejarah dan budaya Minang lebih dalam di museum tersebut. Nama Adityawarman sendiri diambil dari nama seorang raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau.
5. Gunung Padang
Loading Instagram...
Berada di seberang selatan muara Sungai Batang dan termasuk dalam wilayah Kecamatan padang Selatan, Gunung Padang merupakan sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian puncak sekitar 80 meter di atas permukaan laut. Masyarakat Kota Padang menamainya Gunung Padang karena bukit ini bisa dikatakan menjadi tempat tertinggi di sekitar pusat kota yang terkenal dengan rendangnya ini.
ADVERTISEMENT
Gunung Padang menyimpan kombnasi antara panorama indah, legenda cinta, dan sepenggal sejarah masa pendudukan Jepang. Jika berminat ke sini, kamu bisa menyeberang melewati Jembatan Siti Nurbaya, kemudian mengambil jalan ke kiri. Jalan ini akan membawa kamu ke pintu gerbang kawasan wisata Gunung Padang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan